Apakah kamu tidak tahu mengenai peer to peer lending Indonesia? Di tahun 2020 ini banyak sekali mengenai artikel tentang yang aku sebutkan sebelumnya. Kenapa? Sistemnya tergantung apa yang kamu lakukan selama pemakaian di dalamnya. Gimana? Tertarik menggunakan peer to peer nya? Kalau begitu, simak baik-baik artikel yang aku tulis agar kamu lebih memahaminya. Let’s go!

Peer to peer atau p2p adalah sebuah platform dengan menghubungkan si pendana dan peminjam secara online tanpa ribet. Tidak ada jaminan dalam pinjaman yang diberikan. P2p ini menggunakan tersedianya website masing-masing dan keuntungan yang berbeda setiap p2p secara online bagi pendana dan peminjam.

Si peminjam akan disetujui pinjaman dari salah satu pendana apabila sudah dianalisis lalu disetujui juga oleh tim analisis yang bekerja di sebuah perusahaan fintech tersebut. Proses ini membuat masyarakat yang menggunakan beralih kesini daripada koperasi, bank dan sejenisnya yang memiliki proses ribet sekaligus memusingkan.

Persyaratan peer to peer atau p2p bagi si peminjam yaitu:

  1. Mempunyai lampiran fotokopi rekening selama enam bulan terakhir
  2. Mempunyai lampiran laporan keuangan
  3. Mempunyai lampiran nomor pokok wajib pajak dan kartu keluarga
  4. Mempunyai lampiran kartu tanda penduduk khususnya seorang WNI
  5. Mempunyai lampiran bukti penghasilan

Kemudian, ada kekurangan dan kelebihan dari p2p lending Indonesia online ini loh! Yup, kepo? Lanjutkan pembahasannya! Kelebihannya adalah p2p yang resmi plus sudah diawasi OJK melalui peraturan OJK, nilai suku bunga yang bagus, keuntungan besar dan berguna sebagai platform investasi.

Kekurangannya kemungkinan debitur mengalami kredit macet dan tidak dapat menarik uang yang sudah diinvestasikan seperti mengambil uang di bank dikarenakan si peminjam menggunakan dananya.

Cara kerja peer to peer lending di Amartha terbagi dua yaitu:

  1. Peminjam
  2. Mengajukan pinjaman
  3. Melakukan analisis lalu persetujuan
  4. Pembayaran pinjaman
  5. Pendana
  6. Penelusuran marketplace
  7. Ada pendanaan dalam tawaran pinjaman
  8. Penerimaan pengembalian pinjaman dari si peminjam

Amartha mempunyai keuntungan kepada peminjam dan pendana adalah nilai minimum si pendana mulai satu juta rupiah, risiko yang terukur dan pengembalian tanpa biaya tambahan (khusus pendana) serta bunga yang kompetitif dari 14 persen, biaya akan muncul saat pinjaman berhasil di danai dan proses sangat cepat 100 persen online (khusus peminjam).

Salah satu website p2p atau peer to peer lending secara online setelah Amartha adalah Amartha loh! Yup, website ini sudah sejak tahun 2010 menjadikan fintech peer to peer lending online di Indonesia. Di sini sudah memiliki investasi alternatif bagi kamu dengan menghubungkan pengusaha mikro pedesaan dalam prosesnya peminjaman modal, dampak sosial setelah memakai website ini dan keuntunganya yang terjamin.

Selain itu, kamu bisa melihat kalkulator keuntungan kamu di dalam website Amartha. Ada pilihan mitra terpercaya, alamatnya di Jln. Ampera Raya No.16, Jakarta Selatan, Indonesia 12560 dengan nomor yang bisa dihubungi ada tiga yaitu kantor: 082122715353, CS: 082139509966 dan email: [email protected]

Amartha ini sudah terdaftar di OJK atau otoritas jasa keuangan dalam meningkatkan kesejahteraan di Indonesia. Bagi kamu yang ikut di Amartha, gabung sebagai pendana atau peminjam lalu tingkatkan aset kamu bersama Amartha!

Demikian artikel mengenai p2p atau peer to peer lending di tahun 2020, semoga bermanfaat bagi para pembaca atau calon peminjam, artikel yang terupdate dari kami! Terima kasih.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here