Tidore dikenal dengan nama Kie Duko, yang berarti pulau yang bergunung api. Penamaan ini sesuai dengan kondisi topografi Tidore yang memiliki gunung api, yaitu Gunung Marijang.

Nama Tidore berasal dari gabungan dua rangkaian kata bahasa Tidore dan Arab dialek Irak, yaitu To ado re, artinya, ‘aku telah sampai’ dan bahasa Arab dialek Irak anta thadore yang berarti ‘kamu datang’.

Penggabungan dua rangkaian kata ini untuk menghormati jasa Syekh Yakub, utusan dari kerajaan Abbasiyah, Irak yang berhasil mendamaikan perseteruan dua suku di daerah tersebut.

kali ini andarabus akan mengulas tentang 3 fakta menarik kota Tidore . Andara Bus sebagai salah satu penyedia jasa transportasi sewa hiace premio mewah  dan juga Sewa Hiace Premio professional, terpercaya, dan berpengalaman. Andara Bus sangat mengutamakan keamanan dan kenyamanan pelanggan menjadi hal yang sangat oleh, sebab kami akan memberikan pelayanan terbaik demi menjamin Anda mendapatkan hal yang sesuai ekspektasi tanpa biaya tambahan.

1, Suku Tidore

Suku Tidore merupakan salah satu suku bangsa di Provinsi Maluku Utara. Ras asli dari suku Tidore adalah Melanesia.

 Agama yang dianut oleh suku Tidore adalah Islam, sehingga di Tidore banyak terdapat masjid dan surau. Hal ini membuktikan kalau peradaban Islam sangat pesat di Tidore.

Mereka juga punya rumah adat bernama Fola Sowohi. Kata Fola Sowohi, berasal dari kata Fola dan Sowohi.

Kata Fola berasal dari bahasa Tidore, yang berarti rumah, sedangkan Sowohi berarti tuan rumah. Atap rumah adat ini terbuat dari rumbia yang konstruksi bangunannya melambangkan kekayaan budaya suku Tidore.

2, Wisata Museum Kesultanan Tidore Sonyine Malige

Tidore punya beragam destinasi wisata, salah satunya adalah museum Kesultanan Tidore Sonyine Malige.

Museum Kesultanan Tidore dikenal dengan nama Sonyine Malige, berisikan berbagai macam benda bersejarah peninggalan dari Kesultanan Tidore.

Yang unik dan fenomenal dari museum itu adalah Mahkota Berambut. Ada kepercayaan bahwa rambut yang menempel di bagian atas mahkota tersebut setiap tahunnya bisa tumbuh.

Sehubungan dengan rambut di mahkota tadi, dilakukanlah pemotongan dengan upacara khusus di malam Idul Adha.

Oleh para tetua di sana, calon putera mahkota Kesultanan Tidore ditentukan dari pas tidaknya makhota tadi diletakkan di atas kepalanya. Kalau bisa melekat dengan pas, dia berhak menjadi Sultan Tidore.

3, Tela Gule

Makanan satu ini hanya bisa dijumpai di Tidore Kepulauan, menggunakan jagung sebagai bahan dasarnya.

Proses pembuatan tela gule sendiri, pertama jagung digiling hingga halus kemudian dikukus menjadi nasi atau di bentuk sesuai selera.

Tela gule juga biasanya dikenal dengan nama nasi jagung Tidore, makanan ini biasanya dihidangkan dengan ditemani makanan lain seperti ikan goreng, dalo waho, wabil dan foki pele.

 

Itulah tadi diatas merupakan sedikit rekomendasi dari andarabus pusat informasi mercy sprinter tentang 3 fakta kota Tidore yang nyaman dan menenangkan yang bisa Anda kunjungi. Semoga sedikit artikel ini bisa menambah wawasan Anda. Jika ada salah dalam penulisan, kami mohon maaf sebesar – besanya. Sekian dari kami, terimakasih dan sampai jumpa di lain artikel!