Bagi beberapa pria, tentunya pernah (atau justru kerap) rasakan buah zakarnya gatal. Hal tersebut mengisyaratkan ada suatu hal yang keliru di kulit kelamin Anda. Bisa saja bakteri, jamur atau bahkan juga penyakit menyebar seksual. Ingin tahu kenapa hal itu terjadi? Baca beberapa pemicunya berikut ini.

 

Pemicu kenapa buah zakar gatal

  1. Infeksi jamur

Jamur akan tumbuh berkembang secara baik pada suhu yang lembab dan hangat. Di mana jika tidak di lipatan-lipatan kulit, dibalik celana dalam, dan di kulit yang kotor? Saat buah zakar gatal, hal tersebut dapat menjadi satu diantara pemicu jika testis Anda diserang jamur. Jamur yang umum hinggap di testis sejenis Trichophyton rubrum, umumnya serang selangkangan, testis, paha sisi dalam, dan anus.

 

Beberapa ciri anggota badan yang terserang jamur ialah munculnya iritasi, ruam kemerahan, cedera lecet (karena digaruk berlebihan), dan gatal-gatal. Berikut penyebabnya kenapa kulit lipatan belakang skrotum jadi komunitas yang bagus untuk jamur untuk tumbuh. Infeksi jamur yang tumbuh akan mengakibatkan iritasi dan gatal-gatal.

 

  1. Infeksi ragi

Bila buah zakar gatal, terkadang disebabkan karena infeksi ragi candida albicans. Umumnya jamur ini menetap di vagina wanita. Tetapi, sering testis pria dapat diserang. Mengapa pria dapat diserang? Nach, ini disebabkan karena contact seksual yang mengalihkan jamur dari vagina ke alat kelamin pria.

 

  1. Infeksi di kulit kelamin

Buah zakar dan wilayah selangkangan yang gatal dibarengi ruam-ruam merah disekelilingnya menjadi pertanda Anda terserang infeksi kulit di bagian testis kelamin. Infeksi di kulit ini bisa juga disebabkan karena alergi. Alergi yang kemungkinan terjadi diantaranya, alergi berbahan kimia yang melekat ke kulit dan disebabkan karena bahan kimia, aroma, perwarna baju, tanaman, bahkan juga beberapa barang yang lain yang dapat memacu munculnya infeksi di kulit.

 

  1. Terkena kutu rambut kemaluan

Kutu kenyataannya bukan hanya tumbuh di rambut kepala, di rambut kemaluan bisa juga hinggap. Sang kutu ini sampai di rambut kemaluan dan makan dengan menghisap darah disekelilingnya.

 

Jika buah zakar gatal, bisa jadi Anda mempunyai kutu pada rambut kemaluan. Umumnya, kutu rambut kemaluan ini akan menyebar lewat selimut, handuk, dan baju.

 

Tidak boleh digaruk! Ini langkah menangani buah zakar gatal

Menggaruk buah zakar cuma akan mengakibatkan infeksi menebar serta akan memunculkan infeksi baru yang lain. Lebih bagus, Anda konsultasi ke dokter kulit paling dipercaya, hingga Anda akan memperoleh. Banyak hal berikut ini dapat Anda kerjakan untuk menahan gatal pada buah zakar:

  • Bersihkan tempat kelamin dan selangkangan, setiap hari. Pakai sabun dengan bahan antiseptik buat menahan munculnya kutu dan jamur.
  • Jangan diamkan tempat kelamin Anda jadi lembab, selalu keringkan setelah berkontak dengan alat kelamin dengan kain atau tisue bersih.
  • Gunakan baju dalam yang bersih, tukar minimal 2 sampai 3x satu hari.
  • Gunakan baju dengan bahan katun supaya mempernyerap keringat dan menghindar iritasi disekitaran.
  • Hindari contact seksual dengan musuh tipe jika diserang gatal-gatal (menahan lebih gatal karena bakteri baru yang hinggap).
  • Gunakan produk pencuci baju berbahan kimia yang aman, supaya iritasi tidak semakin jadi.
  • Jika masih gatal, lebih bagus pergi ke dokter atau beli obat khusus gatal kelamin di apotek paling dekat.

Baca Juga: Solusi Sehat

bubuk untuk diet