“Masalah kesehatan yang dapat dirasakan karena konsumsi takjil kurang sehat ialah diabetes, hipertensi, kegemukan, sampai naiknya kandungan gula pada darah. Beberapa referensi takjil sehat untuk berbuka puasa ialah kurma, sop buah, atau bubur kacang hijau tanpa santan.” Takjil ialah makanan pembuka yang dimakan saat buka puasa. Bukannya pilih makanan yang bergizi serta sehat, sebagian orang malah cenderung pilih untuk konsumsi makanan yang memberikan kepuasan “gairah” saat buka. Misalkan, makanan yang manis, asin, dan renyah.

4 Referensi Takjil Sehat untuk Membuka Puasa

Sama seperti dengan makanan lain, pilih takjil tidak bisa asal-asalan. Karena, bila kamu terlatih konsumsi takjil yang kurang sehat, kualitas puasamu dapat terusik. Yok, baca di sini referensi takjil sehat untuk berbuka puasa!

Takjil Sehat untuk Membuka Puasa
Awalnya telah disentil jika konsumsi takjil yang kurang sehat, misalkan kebanyakan gula, garam, lemak, dan sebagainya, bisa beresiko untuk alami masalah kesehatan. Gangguan-gangguan kesehatan yang dapat dirasakan karena konsumsi takjil kurang sehat ialah diabetes, hipertensi, kegemukan, sampai naiknya kandungan gula pada darah.

Agar terbebas dari masalah kesehatan dan puasa masih tetap lancar, berikut beberapa opsi takjil sehat yang dapat kamu konsumsi saat buka puasa!

1. Buah Kurma
Kurma sebagai buah yang memiliki kandungan gula natural serta kaya gizi, seperti kalori, karbohidrat, serat, protein, zat besi, vitamin, mineral, dan anti-oksidan. Selainnya sehatkan, kurma bisa juga menahan kamu dari makan terlalu berlebih saat buka.

2. Sop atau Es Buah
Selainnya kurma, kamu dapat konsumsi buah-buahan fresh yang lain untuk buka. Karena, buah memiliki kandungan gula natural serta serat yang dapat kembalikan kandungan gula pada darah.

Kamu dapat pilih buah apa saja yang kamu sukai lalu mengkonsumsinya, baik secara atau dibuat jadi juice, sop, atau es buah. Sedapat mungkin, jauhi tambahan gula atau susu kental manis dalam hidangan buah yang kamu bikin.

3. Bubur Kacang Hijau
Banyak study yang sudah menunjukkan faedah bubur kacang untuk kesehatan. Salah satunya ialah study yang dipublikasi dalam Journal of Human and Experimental Toxicology.

Study itu memberikan laporan jika kacang hijau benar-benar efisien untuk menghalangi oksidasi cholesterol jahat pada tubuh (Low Densitas Lipid/ LDL). Kacang hijau memiliki kandungan anti-oksidan yang berperan untuk kurangi infeksi pada tubuh.

4. Kolak Pisang Tanpa Santan
Isi kolak pisang dapat berbagai macam, dimulai dari ubi, pisang, biji salak, singkong, labu, dan sebagainya. Makanan itu memiliki kandungan mineral dan vitamin yang berguna untuk kesehatan badan. Gula merah pada kolak pisang sebagai pemanis alami yang rendah nilai index glikemiknya. Tetapi supaya lebih sehat, kamu dapat menukar santan dalam kolak dengan susu rendah lemak atau skim milk.

Sesudah buka dengan takjil, janganlah lupa untuk minum air putih. Sesuai skema 2-4-2, kamu disarankan untuk minum dua gelas air putih saat buka dan 4 gelas air putih saat makan malam. Minumlah secara periodik sekalian kamu melahap takjil dan makanan khusus yang lain. Ingat untuk makan secara perlahan-lahan saat buka supaya perut tidak “terkejut” dan memacu kenaikan gula darah, ya.

 

baca juga mesin es kristal