Ultrasonografi (USG) merupakan sebuah teknik diagnostik pencitraan menggunakan suara ultra yang digunakan untuk mencitrakan organ internal dan otot, ukuran mereka, struktur, dan luka patologi, membuat teknik ini berguna untuk memeriksa organ. Ketika memutuskan untuk konsultasi dokter kandungan, USG menjadi salah satu proses yang penting dan sangat dianjurkan. Umumnya dokter kandungan biasa menggunakan sonografi obstetrik untuk memeriksa janin di dalam kandungan.

Selain bertujuan untuk mengetahui jenis kelamin dan jumlah janin, USG juga bisa mendeteksi masalah perkembangan janin selama di dalam kandungan. Saat Anda konsultasi dokter kandungan, biasanya disarankan untuk melakukan USG pertama kali di usia kehamilan 7 minggu, agar pemeriksaan dapat memberikan hasil yang jelas mengenai kesehatan, ukuran, dan perkiraan lahir janin.

USG dianjurkan hanya dilakukan tiga kali dalam satu masa kehamilan. Yaitu pada trimester pertama, kedua dan mendekati waktu persalinan. USG menjadi momen pertemuan pertama Ibu dengan buah hati. Ada beberapa hal yang perlu anda persiapkan, sebelum melakukan usg pertama, diantaranya

  1. Pilih dokter yang berpengalaman

Metode USG telah berkembang, citra yang ditampilkan tidak hanya dua dimensi, tetapi bisa dilakukan dengan USG 3D atau 4D. Tetapi jika ingin melakukan pemeriksaan 3D dan 4D sebaiknya anda memilih dokter kandungan yang berpengalaman dan sudah bersertifikat. Sebab, pemeriksaan USG 3D dan 4D, harus ditangani oleh dokter yang memiliki keterampilan khusus untuk keakuratan pembacaan hasil diagnosanya. Konsultasi dokter kandungan yang kompeten sangatlah penting sebelum Anda memutuskan melakukan USG.

  1. Pilih waktu yang tepat

6-8 minggu

USG tahap awal ini sangat penting untuk mengetahui posisi janin ada di dalam kandungan atau luar kandungan. Selain itu, hasil USG tahap awal ini bisa membantu menentukan usia kehamilan dengan akurat.

8-13 minggu

Tahap selanjutnya dilakukan untuk mengetahui kemungkinan adanya gejala kehamilan ektopik, jumlah janin yang tumbuh dalam rahim ibu, kondisi organ kelamin janin, bentuk rahim dan kesehatan indung telur.

11-14 minggu

Jika ibu melewatkan USG sampai 13 minggu kehamilan maka sebaiknya lakukan pada usia kehamilan 14 minggu. Pada saat ini dokter bisa menemukan beberapa tanda kelainan janin seperti ciri-ciri bayi down syndrome dalam kandungan. Selain itu dokter juga bisa menilai kemungkinan masalah lain pada janin seperti hidrosefalus, anencephalus, kelainan pada perut janin dan masalah kelainan kromosom. Nah, jadi sangat penting untuk tidak melewatkan pemeriksaan kehamilan dengan USG di tahap awal kehamilan ini.

  1. Minum Air putih

Hal ini penting untuk dilakukan sebelum melakukan tes USG, karena dengan minum air putih yang cukup hasil USG akan terlihat jelas karena air ketuban yang menutupi hasil USG telah dibersihkan oleh air yang anda konsumsi

  1. Ciptakan rasa nyaman

Untuk wanita yang mengandung anak pertama dan hendak melakukan USG pertama, mungkin sering terbesit kekhawatiran tentang apa yang akan ia lihat nanti. Hilangkan rasa khawatir ini, tetaplah tenang dan ciptakan perasaan senyaman mungkin, karena bagaimanapun kondisi mental ibu akan mempengaruhi perkembangan anak juga.

Jangan lupa untuk menggunakan pakaian yang nyaman, gunakan pakaian yang tidak terlalu ribet hingga berkemungkinan mempersulit kinerja dokter saat akan melakukan USG nanti.

  1. Siapkan daftar pertanyaan

Terlepas dari jenis kelamin, hal yang bisa ditanyakan adalah posisi janin, kondisi atau kelainan yang mungkin terjadi pada janin. Ceritakan juga gejala apa saja yang anda rasakan dalam masa kehamilan ini, dan gejala apa yang seharusnya dirasakan oleh usia kehamilan anda tetapi anda tidak merasakannya. Yang terakhir, jangan lupa bertanya tentang jadwal USG selanjutnya saat melakukan konsultasi dokter kandungan