Amerika adalah gudangnya teknologi super luar biasa. Negara Paman Sam memiliki Google, Apple, sampai Microsoft sebagai raksasa industri teknologi saat ini. Di sisi lain, Amerika mempunyai industri teknologi yang ditakuti banyak negara, yakni teknologi militer.

Tidak cuma paling depan dalam kenaikan nuklir, negara ini betul-betul aktif tingkatkan teknologi persenjataan yang mematikan dan paling depan dalam teknologi. Diawali pada pesawat, laser, dan senjata, dan robot tidak terlepas dari kenaikan pemerintah Amerika.

Hasilnya, Amerika dari sekian waktu kembali ungkapkan kehadiran teknologi militer baru yang membuat negara mana saja keder. Misalkan ialah 5 tehnologi militer ini.

  1. Meriam laser

Sejak tahun akhir lalu, Marinir Amerika mulai kerjakan uji coba meriam laser di atas kapal USS Ponce yang saat ini berada di kawasan teluk Arab. Oleh marinir atau US Navy, meriam laser namanya LaWS (Laser Weapon Mekanisme) akan dipakai untuk jatuhkan beberapa objek berefek dengan kecepatan tinggi, misalnya drone.

Permasalahan kekuatannya tidak perlu ditanya kembali, meriam laser LaWS itu dikasih dengan laser berkekuatan 30.000 Watt. Banding, sekitar 100 Watt laser saja dapat dipakai untuk senjata pemotong. Kemungkinan LaWS dapat memotong satu pesawat terbang.

  1. Pesawat siluman pertama di abad-21

B-2 Spirit Stealth Bomber atau pesawat tempur siluman B-2 Spirit adalah pesawat siluman tercanggih Amerika saat ini. Sayang, pesawat yang hanya ada 21 di bumi ini dibikin beberapa puluh tahun kemarin di zaman ke-20.

Nah, untuk memperbaruhi baris pesawat silumannya itu, Â Angkatan Udara Amerika (AirForce) telah tanda-tangani kontrak baru dengan Northrop Grumman untuk bikin penerus B-2 Spirit, yakni B-21 Stealth Bomber di awal tahun 2016 ini.

www.kompiwin.com

Jika sudah selesai di tahun 2020 nantinya, B-21 menjadi pesawat pengebom siluman pertama buatan abad-21 yang disebut membawa kedahsyatan teknologi terkini.

  1. Blitzer

Senjata sejenis ‘railgun’ ini di-claim sukses mencatat kecepatan peluru sampai Mach 6 sejauh proses uji coba. Harus dimengerti, Mach 1 dipakai sebagai wakil kecepatan suara, jadi peluru Blitzer ini 6 kali dapat bisa lebih cepat dari suara! Tepatnya, peluru Blitzer bisa melaju sampai 2 km hanya di dalam 1 detik.

Railgun sendiri disebutkan sebagai senjata hari besok. Karena, railgun gunakan tenaga laser dan gerakan elektromagnetik untuk lemparkan peluru dibanding bubuk peledak seperti yang selama ini dipakai.

Menurut GA-EMS, perusahaan pengembang Blitzer, dengan kecepatan super tingginya ini, peluru Blitzer memiliki kemampuan penghancur target yang maksimal. Idenya, senjata ini selalu akan dinaikkan sekaligus mencari kapal ‘destroyer’ Angkatan Laut Amerika yang bisa terpasang proses persenjataan Blitzer.

  1. Pesawat jet militer tercepat dalam sejarah

Masih ingatkah Anda dengan pesawat supersonik Concorde yang beberapa tahun lalu pensiun? Harus dimengerti, Concorde mampu terbang di melalui kecepatan suara alias pesawat supersonik. Nah, pesawat SR-72 yang kembali dinaikkan Lockheed Martin ini mempunyai kecepatan 3x lipat dari Concorde!

Detailnya, pesawat jet SR-72 di-claim akan mampu terbang sampai kecepatan Mach 6 atau sama dengan 2 km per detiknya. Rahasia dari 6 kali kecepatan suara itu ada pada mesin jet khusus namanya ‘scramjet’. Mesin ini bekerja dengan membakar bahan bakar dalam aliran udara terkompresi yang dibikin oleh kecepatan pesawat itu. Di mesin jet biasa, aliran udara dikompresi oleh baling-baling.

  1. Bom atom B61-12

Selama 30 tahun di depan, Amerika akan tingkatkan bom atom B61 Model 12 dan empat bom modern lainnya biayanya disebut raih USD 1 triliun (sebesar Rp 13,8 ribu triliun)! Bom B61-12 sendiri disebutkan sebagai satu dari 5 bom atom modern yang akan dinaikkan Amerika.

Bom B61-12 dibikin dari kombinasi empat versi dari bom B61 yang sudah ada awalannya. Bom ini memiliki bentuk seperti roket yang dilengkapi dengan teknologi radar dan dapat dikemudikan dengan 4 ‘sirip’ luar biasa.

Karena sentuhan teknologi modern, bom B61-12 yang bisa kerjakan manuver dalam udara ini memiliki tingkat keakuratan tinggi sampai 5 mtr.. Kekuatan ledakan dapat dipersamakan seperti target dan tingkat kerusakan yang diharapkan. Gagasannya, bom atom B61-12 akan ditingkatkan bersama oleh Lockheed Martin, Raytheon, dan Boeing.