Cara menata ruang tamu perlu diperhatikan sebab ruang tamu adalah ruang indoor pertama dalam sebuah rumah. Ruang tamu merupakan cerminan keluarga yang tinggal di dalamnya.

Oleh karenanya, cara menata ruang tamu harus dipikirkan secara terperinci, terlebih bagi keluarga yang sering menerima tamu dalam kaitan usaha atau sekadar bersosialisasi.

Namun bagaimana terkecuali ukuran ruang tamunya kecil?

Nahh… berikut ini kami berikan 5 tips singkat untuk menata ruang tamu minimalis anda.

1. Manfaatkan kolong bawah sofa

Ruang keluarga berantakan akibat banyak barang? Berarti kamu perlu ruang penyimpanan yang lebih banyak. Salah satu yang bisa dijadikan ruang penyimpanan adalah kaki sofa yang biasanya hanya dibiarkan untuk menopang kursi sofa saja. tidak perlu menggunakan Sofa tamu mewah, cukup yang biasa saja atau minimalis.

Biasanya, laci di bawah sofa berukuran sama dengan satu sofa yakni selebar 85cm. Namun, sementara ini belum sangat banyak toko furnitur yang menjual sofa dengan laci di anggota kaki layaknya ini. Untuk itu, kamu bisa memesannya di pengrajin furnitur. selain itu anda bisa menambah beberapa furniture minimalis atau furniture lainnya seperti bangku kayu  bisa anda gunakan untuk bersantai di dekat jendela untuk menadapatkan suasana yang lebih nyaman.

2. Pouffe Serbaguna

Jika ruang tamu tak memadai menampung sebuah sofa, kamu bisa menggantinya dengan pouffe atau kursi untuk satu orang dengan busa tanpa kaki dan sandaran. Pouffe biasanya berwujud balok dengan ukuran 60cm x 60m dan sering digunakan sebagai kursi untuk meja rias.

Tak hanya sebagai tempat duduk, pouffe ternyata juga bisa difungsikan untuk tempat penyimpanan, dengan menjadikan tubuhnya yang tidak berkaki. Di ruang kecil ini kamu bisa menyimpan mainan anak atau bantal sofa.

3. Furnitur Beroda Lebih Fleksibel

Untuk lebih mengakali sempitnya ruangan, anda bisa mencoba untuk menggunakan barang furniture yang lebih efisien, seperti dengan menggunakan kursi stool dengan roda. Roda memudahkan kamu untuk memindahkan furnitur sehingga mendapat ruang yang lebih untuk beraktivitas.

Misalnya, dikala anak-anak perlu ruang di karpet untuk bermain, kamu bisa dengan gampang menggeser meja yang beroda ke pinggir ruang keluarga.

4. Ganti Dengan Meja Sudut

Menggunakan karpet bisa memberi ruang lebih untuk bersantai di ruang keluarga. Untuk itu, bagi ruang keluarga mungil, menghindari pemakaian coffee table besar atau meja di sedang yang bisa menghalangi gerak di ruang keluarga.

Sebagai penggantinya, kamu bisa manfaatkan meja sudut dengan ukuran yang lebih kecil untuk tempatkan barang-barang keperluan.Namun, jangan tempatkan sangat banyak pernik di atasnya. Anda bisa memanfaatkan Meja Tamu unik karena desain meja ini akan sekaligus memberikan kesan lebih mewah pada ruang tamu yang meskipun itu minimalis.

5. Lesehan tanpa Sofa

Ruangan tak muat untuk Kedatangan sebuah sofa? Cobalah dengan menciptakan ruang keluarga lesehan.

Dengan sebuah karpet atau tikar yang dilengkapi dengan bantal-bantal yang nyaman, ruang tamu bakal muncul lebih simpel, lapang, dan “bikin” betah. Agar ruang tamu selamanya sehat, jangan lupa untuk selamanya membersihkan karpet minimal satu bulan sekali.

Karpet ini juga bisa diganti dengan placemat berbahan karet yang safe dan tidak gampang kotor sementara si kecil sedang bermain.

Tentu saja akan sangat mudah jika anda mau menerapkannya untuk menata ruang tamu anda, dan untuk itulah anda bisa terus membuat ruang tamu anda terlihat lebih nyaman setiap saat meskipun minimalis.