Secara medis, orang yang sudah berusia lanjut memiliki kondisi kesehatan fisik dan mental yang berbeda dengan anak muda dan dewasa. Makanya cara merawat orang tua yang sudah lanjut usia akan berbeda, butuh kesabaran ekstra dan ketulusan di dalamnya. Berikut ini beberapa cara yang bisa diterapkan.

7 Cara Merawat Orang Tua Agar Tetap Sehat

Anda bisa coba lima cara berikut ini, saat merawat orang tua. Tidak sulit, asalkan Anda bisa melakukannya dengan sungguh-sungguh dan ikhlas.

  • Nyaman

Pastikan untuk menciptakan suasana nyaman dimanapun orang tua berada. Ketika mereka nyaman tentu akan berdampak positif bagi kesehatan rohani dan jasmani. Mulai dari kenyamanan kamarnya, yang bisa dihiasi dengan bunga dan dilengkapi berbagai fasilitas yang dibutuhkan.

  • Buat Jadwal Kegiatan

Buatlah jadwal kegiatan yang jelas setiap hari untuk orang tua Anda. Mulai dari bangun tidur hingga tidur lagi. Pastikan merawat sesuai jadwal, sehingga tidak ada satupun yang terlupakan. Baik itu jadwal makan, minum obat dan vitamin, hingga jadwal istirahat dan nonton televisi.

  • Pastikan Kondisi Kesehatannya

Secara rutin Anda perlu membawanya ke dokter, untuk memeriksakan kesehatan orang tua. Apalagi ketika dia memiliki riwayat penyakit tertentu yang perlu konsumsi obat. Jika tidak memungkinkan dibawa, Anda perlu memastikan dokter bisa memeriksa orang tua di rumah Anda sesuai jadwal.

  • Ajak Olahraga

Untuk tetap membuatnya bugar, Anda bisa mengajaknya olahraga tapi cukup olahraga ringan saja. Misalnya jalan pagi, senam untuk kalangan lanjut usia, atau yoga yang bisa membuat sirkulasi darahnya lancar dan kemampuan otot tetap maksimal.

  • Komunikasi Intensif

Orang tua bukan hanya perlu dirawat, tapi juga diajak berkomunikasi agar dia tidak merasa kesepian. Anda bisa mengajaknya bercerita apa saja, tidak perlu 24 jam tapi pada saat-saat tertentu. Sehingga mereka tidak merasa diabaikan dan dikucilkan.

  • Pastikan Kebersihannya

Ketika orang tua sudah tidak mampu merawat dirinya sendiri, maka sudah saatnya Anda turun tangan untuk memastikan kebersihan dirinya. Jangan malas untuk memandikan dengan telaten, juga membersihkan kamar dan tempat-tempat yang biasa dikunjungi orang tua Anda. Sehingga dia akan merasa selalu nyaman berada di mana saja.

  • Sabar

Butuh kesabaran ekstra untuk merawat orang tua, ingat mereka pernah merawat Anda sejak baru lahir. Sudah sewajarnya Anda membalas kebaikan orang tua dengan merawatnya saat sudah lanjut usia.

Kesabaran juga harus dimaksimalkan, karena percaya atau tidak psikologis mereka tidak lagi sama dengan Anda. Bahkan cenderung kembali seperti anak-anak, yang lebih manja dan selalu ingin diperhatikan.

Selain cara di atas, update pengetahuan tentang perawatan terbaik untuk orang tua tetap harus dilakukan. Sehingga cara merawat orang tua yang sudah lanjut usia yang Anda terapkan bisa benar-benar berdampak baik bagi kesehatan dan kenyamanan hidup mereka.