Sahabat gogomall – Jenis penyakit kelamin wanita dapat terdiri dari berbagai jenis dan bentuknya, namun tahukah Anda jika setiap kondisinya mungkin akan memiliki kondisi dan tingkat keparahan yang berbeda. Ada beberapa alasan yang menjadikan penyakit kelamin pada wanita mungkin dirasa lebih berisiko dan juga sulit untuk dipahami saat kondisinya sedang berlangsung yang akhirnya memberikan dampak besar pada kesehatan organ genital dan juga organ lainnya.

Berikut adalah sejumlah alasan dan dampak infeksi penyakit kelamin wanita:

Anatomi Tubuh

Anatomi tubuh seorang wanita memang pada dasarnya akan membuatnya lebih rentan terhadap berbagai infeksi baik menular ataupun tidak menular. Tidak seperti kulit penis yang relatif tebal, vagina wanita ditutupi oleh selaput lendir tipis dan lebih halus yang akan lebih mudah memungkinkan virus, bakteri, ataupun organisme mikroskopik lain bisa menjangkau dan melewati areanya hingga menyebabkan sebuah infeksi atau penyakit kelamin wanita. Vagina juga merupakan lingkungan yang hangat dan lembab, dimana jenis lingkungan ini adalah tempat yang ideal serta mendorong berbagai jenis organisme untuk tumbuh.

Kurangnya Gejala

Wanita lebih kecil kemungkinannya untuk memiliki gejala ketika sebuah infeksi terjadi (asimtomatik) pada organ reproduksinya. Bahkan ketika wanita memiliki gejala, mereka mungkin tidak mengenali ini sebagai gejala IMS. Ketika penyakit kelamin wanita tidak diatasi dengan segera, Anda mungkin akan memiliki potensi masalah kesehatan serius dan dan bisa bersifat permanen. 

Dalam kondisi yang paling umum ketika seorang wanita terinfeksi penyakit kelamin, gejala keputihan abnormal dapat menjadi salah satu tandanya. Meski tidak selalu gejala keputihan menjadi cara yang dapat diandalkan untuk mengetahui apakah seseorang memiliki infeksi penyakit kelamin, karena wanita akan lebih umum dengan keluhan keputuhannya. Dan salah satu cara terbaiknya mungkin dapat dilakukan dengan pengujian atau tes klinis guna memastikan kondisinya. 

Komplikasi Kesehatan Jangka Panjang

Kondisi penyakit seperti peradangan ginekologi menjadi salah satu masalah kesehatan jangka panjang yang dapat terjadi pada seorang wanita. Untuk kondisi terberat yang dapat dialami oleh seorang wanita diantaranya seperti erosi serviks, kanker, atau penyakit radang panggul (PID). Ini adalah beberapa bentuk komplikasi atau bahaya jangka panjang bagi kesehatan organ reproduksi seorang wanita yang disebabkan oleh infeksi penyakit kelamin. Setiap infeksi penyakit kelamin wanita baik yang disebabkan oleh bakteri maupun virus jika tidak terdeteksi sejak awal dan sesegera mungkin ditangani tentu dapat menghasilkan komplikasi atau bahaya kesehatan serius.

Gangguan Kehamilan

Bentuk gangguan kehamilan atau persalinan juga bisa termasuk dalam maksalah jangka panjang yang disebabkan oleh infeksi penyakit kelamin wanita. Dan hal ini dapat menjadi salah satu kondisi sulit bagi seorang wanita, dimana risiko tidak hanya dirasakan oleh dirinya melainkan juga pada bayinya. Sejumlah risiko serius pada bayi yang lahir dari seorang wanita hamil dan memiliki diagnosa positif penyakit kelamin mungkin dapat mengalami kondisi seperti:

• Berat lahir rendah

• Kerusakan otak

• Masalah penglihatan dan pendengaran

• Kelahiran mati

• Cacat fisik

Penyebab infeksi dapat ditransmisikan dari ibu ke bayi selama kehamilan dan saat melahirkan (melalui jalan lahir). Untuk alasan kesehatan saat ini wanita hamil akan disarankan untuk melakukan skrining PMS serta melakukan kunjungan pranatal secara berkala selama kehamilannya. Jangan anggap remeh sebuah keluhan atau gejala pada area genital Anda, segera cari tahu untuk antisipasi adanya kemungkinan penyakit menular seksual (PMS) yang berbahaya.

Simak artikel kesehatan lainnya di gogomall dan dokter laser. Serta jangan lupa miliki produk gogomall dan harga dr laser di gogomall yang sedang ada promo. Klik disini.