Anda yang mempunyai anak usia balita pasti tidak asing dengan istilah Pendidikan Anak usia Dini (PAUD). Apalagi sekarang PAUD pun sudah semakin banyak dan begitu mudah ditemui di mana saja. Seiring dengan hal tersebut, tidak sedikit orang tua yang bertanya apakah sekolah PAUD memang perlu bagi anak sebelum mereka masuk SD. Untuk menjawabnya, silahkan simak ulasan berikut.

Alasan Anak Masuk PAUD

1. Bisa Membuat Anak Mencapai Akademis Lebih Baik

Studi membuktikan bahwa anak yang mengikuti PAUD terlebih dahulu sebelum masuk Sekolah Dasar, memang mendapatkan nilai akademis yang lebih baik. Meski tidak menutup kemungkinan bahwa anak yang langsung masuk SD pun ada juga yang memiliki nilai akademis mumpuni.

Salah satu faktor yang membuat nilai akademis anak menjadi lebih baik adalah lantaran rasa tahu anak bisa terpenuhi dengan mengikuti PAUD. Karena seperti yang diketahui, anak usia pra sekolah umumnya memang mempunyai rasa ingin tahu yang tinggi. Terkadang, di lingkungan rumah pun tidak selalu bisa menjawab semua rasa ingin tahu tersebut.

Sehingga berbagai kegiatan di PAUD dapat membantu anak untuk mencari jawaban atas rasa ingin tahu yang mereka miliki. Dimana terjawabnya rasa ingin tahu di sekolah PAUD tersebut mampu menciptakan motivasi belajar, dan terus mendorong anak untuk semangat belajar sejak dini.

2. Mendorong Perkembangan Emosi Sosial

Selain membuat anak mampu mencapai akademis yang lebih baik, mengikuti PAUD sebelum SD bisa membantu mendorong perkembangan emosi sosialnya. Karena selama belajar di sekolah, anak mau tidak mau akan belajar berinteraksi dengan teman temannya. Bukan hanya itu, anak juga akan belajar bagaimana mengikuti aturan aturan tertentu.

Hal tersebut tentu sangat berguna sebelum masuk Sekolah Dasar. Pasalnya aturan di SD yang notabene merupakan jenjang lebih tinggi dari PAUD, sudah pasti cenderung lebih kompleks ketimbang di PAUD. Sehingga anak sudah memiliki bekal dalam memahami aturan yang lebih sederhana selama mereka berada di sekolah Pendidikan Anak Usia Dini.

3. Mendorong Anak untuk Berani Belajar Calistung

Meski belum sepenuhnya diberi pelajaran calistung, namun di PAUD keterampilan dasar akan materi tersebut sudah mulai diperkenalkan. Bahkan cara mengenalkannya dilakukannya dengan menyenangkan, meskipun itu hasilnya masih belum sesuai yang diharapkan. Sehingga anak pun terdorong untuk mempersiapkan diri masuk ke jenjang sekolah yang lebih tinggi.

4. Mendorong Minat Baca Anak

Sekolah PAUD bisa mendorong minat baca anak, yang mana aspek ini sangat bagus sebagai bekal masuk SD. Karena masalah membaca sendiri memang termasuk salah satu konsen utama pada orang tua. Sebab tanpa kemampuan tersebut, anak akan mengalami kesulitan untuk mempelajari berbagai materi lainnya. Di PAUD, anak akan dibantu untuk menumbuhkan minat membaca dengan cara seru.

Dengan berdasarkan berbagai alasan di atas, tentu bisa dibilang bahwa PAUD penting untuk tumbuh kembang anak. Mengikuti sekolah Pendidikan Anak Usia Dini akan menjadi bekal yang bagus bagi si kecil sebelum mereka masuk SD. Bagaimana, sudah siap mendaftarkan buah hati di PAUD ? Jika terkendala biaya, anda bisa mencoba program PAUD gratis di Sekolah Murid Merdeka.