Energi fosil merupakan energi yang didapat dari tambang yang berada di alam. Delapan puluh persen energi yang digunakan sehari hari, mulai dari transportasi hingga industri berasal dari energi fosil. Ada 3 energi fosil utama yang biasanya digunakan batu bara, minyak bumi, dan gas alam. Untuk menghasilkan energi, ketiganya melalui proses pembakaran yang akan melepaskan karbon ke atmosfer. Keberadaan karbon inilah yang mencemari lingkungan dan menyebabkan efek rumah kaca. 

 

Keuntungan Menggunakan Energi Terbarukan

Berbanding terbalik dengan energi fosil, energi baru terbarukan berasal dari sumber daya alam yang akan terus ada. Selain itu energi terbarukan tidak menghasilkan karbon yang dapat mencemari lingkungan. Oleh karenanya, penggunaan energi baru terbarukan dapat menjadi pilihan bagus untuk mengurangi dampak pencemaran global kedepannya.   

Penggunaan energi baru terbarukan dapat mengurangi pencemaran udara, selain itu sumber daya yang terus ada dan tidak akan habis sehingga Indonesia tidak perlu takut kedepannya akan kehabisan energi. Investasi yang dilakukan hanya untuk pemasangan dan perakitan alat, untuk selanjutnya tidak perlu lagi membayar untuk batu bara, minyak bumi, atau gas alam misalnya. 

Beberapa negara telah berhasil menerapkan energi baru terbarukan sebagai sumber energi utama di negara mereka. Norwegia, merupakan negara dengan penggunaan energi terbarukan tertinggi di dunia. Total 56% energi yang digunakan di Norwegia berasal dari sumber energi terbarukan. Air menjadi sumber daya alam yang menyumbang pasokan energi tertinggi di Norwegia. Selanjutnya ada Brazil, yang memanfaatkan energi biomassa limbah, yang mengisi pasokan energi sebesar 32% dari total kebutuhan.  

Untuk sekarang ini, penggunaan energi baru terbarukan belum bisa memenuhi semua kebutuhan energi harian, namun dengan melakukan substitusi pada sebagian energi fosil menjadi energi terbarukan, anda dapat mengurangi pelepasan karbon di atmosfer hingga setengahnya. 

 

Satu hal yang dapat dilakukan di rumah sebagai kontribusi mengurangi pencemaran udara adalah memasang panel surya. Menginvestasikan rumah dengan panel surya dapat memenuhi sebagian kebutuhan listrik rumah dan mengurangi penggunaan energi fosil. PT Pembangkitan Jawa Bali  menyediakan panel surya dengan berbagai tipe yang dapat dipertimbangkan untuk rumah anda. Kunjungi website resmi PTPJB hanya di https://www.ptpjb.com/.