Perseroan Terbatas adalah suatu jenis usaha yang menggunakan badan hukum dengan bermodalkan saham. Saham PT biasanya dapat diperjualbelikan, sehingga sangat mungkin terjadi perubahan kepemilikan.

Untuk mendirikan Perseroan Terbatas, sekurang-kurangnya dua orang harus memiliki perjanjian usaha bersama (PT), yang harus ditandatangani di depan notaris untuk membuat akta perseroan. Anda bisa memanfaatkan jasa pendirian PT agar proses pendirian bisa dilakukan secara cepat. Sebelum PT dapat resmi berdiri, Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia harus menyetujui dokumen pendirian usaha.

Syarat Mendirikan PT

Ada beberapa prosedur yang harus dipenuhi saat mendirikan sebuah PT, berikut syarat-syaratnya:

1.   Ajukan Nama PT

Pengajuan nama untuk PT atau perusahaan bisa didaftarkan oleh notaris lewat Sistem Administrasi Badan Hukum (Sisminbakum) Kemenkumham dengan melampirkan formulir pendirian surat kuasa, fotokopi KK (Kartu Keluarga) pendiri PT, serta foto kopi KTP pendiri dan para pengurus perusahaan.

2.   Membuat Akta PT

Prosedur pembuatan akta pendirian PT dapat dibantu oleh notaris berwenang untuk mendapatkan persetujuan dari Menteri Kemenkumham.

3.   Membuat SKDP

Sesuai alamat kantor PT, permohonan SKDP (Surat Keterangan Domisili Perusahaan) diantarkan ke kantor kecamatan setempat. Sebagai bukti data atau keberadaan alamat usaha (domisili gedung, jika dalam gedung).

4.   Membuat NPWP

Kepala Kantor Pelayanan Pajak menerima permohonan pendaftaran NPWP sesuai dengan lokasi domisili PT.

5.   Membuat Anggaran Dasar PT

Untuk mendapatkan pengesahan Anggaran Dasar Perseroan (akta pendirian) sebagai badan hukum PT sesuai dengan UUPT. Permohonan ini diajukan kepada Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia.

6.   Mengajukan SIUP

Surat Izin Usaha Perdagangan sangat membantu PT untuk menjalankan operasi komersialnya. Namun perlu diingat bahwa setiap usaha wajib mengajukan SIUP apabila kegiatan niaga yang dilakukannya termasuk dalam lingkup Klasifikasi Baku Lapangan Usaha Indonesia (KBLUI).

7.   Mengajukan TDP

Sesuai dengan domisili perusahaan, TDP diajukan kepada Kepala Sudin Perindustrian dan Perdagangan

8.   BNRI

PT wajib mendaftarkan usahanya, mendapat izin dari Kementerian Hukum dan HAM, dan menerbitkan pernyataan di BNRI.

Mendirikan PT memang tidak mudah dan agak merepotkan, namun ada cara untuk mempermudah prosedur di atas. Melalui Legalyn, Anda tidak perlu repot mengurus berbagai persyaratan yang merepotkan, karena Legalyn adalah jasa pembuatan PT ternama yang harus Anda pilih. Untuk informasi lebih lanjut, silahkan kunjungi website kami di https://legalyn.id/.