Universitas_Teknokrat_Indonesia

Saat ini banyak beredar berita menggeparkan yaitu Internet of Things (atau IoT) dan dampak Internet of Things untuk segala hal mulai dari cara kita bepergian dan melakukan belanja hingga cara produsen melacak inventaris. Apa yang dimasud Internet of Things?, Apakah Internet Of Thing Benar – benar dibutuhkan? Dan Bagaimana cara kerja Internet of Things?.

Apa yang Dimasud Internet Of Things?

Singkatnya, Internet of Things adalah konsep menghubungkan perangkat apa pun (asalkan memiliki sakelar on / off) ke Internet dan ke perangkat lain yang terhubung. IoT adalah jaringan raksasa dari hal-hal atau orang-orang yang terhubung sehingga terkumpul data tentang cara yang digunakan untuk lingkungan di sekitar mereka. Itu termasuk sejumlah besar objek dari segala bentuk dan ukuran – dari gelombang mikro pintar, yang secara otomatis memasak makanan Anda untuk jangka waktu yang tepat, hingga mobil self-driving, yang sensor kompleksnya mendeteksi objek di jalur mereka, hingga perangkat kebugaran yang dapat dikenakan yang mengukur detak jantung Anda dan jumlah langkah yang Telah Anda ambil hari itu, kemudian gunakan informasi itu untuk menyarankan rencana latihan yang disesuaikan dengan Anda. Bahkan dibuat bola yang terkoneksi yang bisa digunakan untuk melacak dengan cepat untuk seberapa jauh dalam hal merekam statistik tersebut melalui aplikasi untuk tujuan pelatihan di masa depan.

Baca Juga : Cara Sederhana dalam Membuat Sistem Keamanan Pintu Rumah kita

jasa pembuatan website murah

Dan Bagaimana cara kerja Internet of Things

Internet of Things akan terhubung dengan Perangkat dan objek dengan sensor yang telah di built-in, data tersebut terintegrasi dari perangkat yang berbeda dan menerapkan analitik untuk berbagi informasi paling berharga dengan aplikasi yang dibangun untuk memenuhi kebutuhan spesifik. Platform IoT yang kuat ini dapat menentukan dengan tepat informasi apa yang berguna dan apa yang dapat diabaikan dengan aman. Platform IoT dapat digunakan untuk merencang rekomendasi, mendeteksi atau memprediksi tentang kejadian sebelum terjadi, dan dapat mendeteksi pola – pola. Misalnya, jika saya memiliki bisnis manufaktur mobil, saya mungkin ingin tahu komponen opsional mana (kursi kulit atau velg, misalnya) yang paling populer. Dengan menggunakan teknologi Internet of Things. Gunakan sensor untuk mendeteksi area mana di ruang pamer yang paling populer, dan di mana pelanggan berlama-lama.

Menelusuri data penjualan yang tersedia untuk mengidentifikasi komponen mana yang paling cepat terjual. Secara otomatis menyelaraskan data penjualan dengan pasokan, sehingga barang-barang populer tidak kehabisan stok. Dari Informasi yang diambil memungkinkan saya untuk membuat keputusan pintar bagaimana komponen yang harus ditebar oleh perangkat yang terhubung, berdasarkan informasi real-time, yang membantu saya menghemat waktu dan uang. Analisis canggih memberikan wawasan untuk datangnya kekuatan untuk membuat proses yang jauh lebih efisien. Objek dan sistem cerdas berarti Anda dapat mengotomatisasi tugas-tugas tertentu, terutama ketika ini berulang, biasa, memakan waktu atau bahkan berbahaya. Mari kita lihat beberapa contoh untuk melihat seperti apa ini dalam kehidupan nyata.

IoT di Rumah Anda

Bayangkan Anda bangun jam 7 pagi setiap hari untuk pergi bekerja. Jam alarm Anda melakukan pekerjaan membangunkan Anda dengan baik. Artinya, sampai ada yang tidak beres. Kereta Anda dibatalkan dan Anda harus mengemudi untuk bekerja sebagai gantinya. Satu-satunya masalah adalah bahwa dibutuhkan waktu lebih lama untuk mengemudi, dan Anda harus bangun jam 6.45 pagi untuk menghindari terlambat. Oh, dan itu menuangkan dengan hujan, jadi Anda harus mengemudi lebih lambat dari biasanya. Jam alarm merupakan hasil produk IOT untuk memastikan Anda harus bekerja tepat waktu yang terhubung atau berkemampuan IoT akan yang mengatur ulang dirinya sendiri berdasarkan semua faktor yang ada dengan kecerdasan yang ditanamkan. Ini bisa mengenali bahwa kereta biasa Anda dibatalkan, menghitung jarak mengemudi dan waktu perjalanan untuk rute alternatif Anda untuk bekerja, memeriksa cuaca dan faktor dalam kecepatan perjalanan yang lebih lambat karena hujan lebat, dan menghitung kapan perlu membangunkan Anda sehingga Anda tidak terlambat. Internet Jika itu super-pintar, jika mungkin bahkan disinkronkan dengan pembuat kopi berkemampuan IoT Anda, untuk memastikan kafein pagi Anda siap untuk pergi ketika Anda bangun.

Baca Juga : TIPS MEMBUAT CV YANG BAIK UNTUK FRESH GRADUATIONS

jasa pembuatan website murah

IoT Dalam Transportasi

Setelah dibangunkan oleh alarm pintar Anda, Anda sekarang mengemudi untuk bekerja. Pada datang lampu mesin. Anda lebih suka tidak langsung menuju ke garasi, tetapi bagaimana jika itu adalah sesuatu yang mendesak? Di mobil yang terkoneksi oleh sensor akan memicu lampu mesin cek akan berkomunikasi dengan orang lain didalam mobil. Komponen yang disebut bus diagnostik mengumpulkan data dari sensor ini dan meneruskannya ke gateway di dalam mobil, yang mengirimkan informasi paling relevan ke platform pabrikan. Pabrikan dapat menggunakan data dari mobil untuk memberi Anda janji untuk memperbaiki bagian, mengirimi Anda petunjuk arah ke dealer terdekat, dan memastikan bagian pengganti yang benar dipesan sehingga siap untuk Anda ketika Anda muncul. Cari tahu lebih lanjut. Kami punya banyak contoh yang menunjukkan Internet of Things beraksi. Periksa Olli, mobil self-driving, atau Candy, dispenser manis kognitif yang hanya akan mengeluarkan gula ketika Anda bertanya dengan baik. Punya pertanyaan? Kami ingin mendengar mereka! Beri tahu kami di komentar di bawah ini.