Memberikan isi seserahan pernikahan ialah acara tradisi Jawa yang harus dilaksanakan tiap pasangan yang ingin menikah. Bila kamu terhitung salah satunya orang yang ingin mengadakan pernikahan, seharusnya ketahui dahulu makna memberikan seserahan.

Apakah Isi Seserahan Lamaran dan Pernikahan Berbeda ?

Pada umumnya, makna seserahan pernikahan ialah lambang kesiapan seorang lelaki untuk penuhi tuntutan hidup pasangannya. Umumnya, seserahan yang diberi ini tidak lepas dari beberapa barang yang diperlukan seorang wanita.

Apa Saja Isi Seserahan Saat Lamaran dan Pernikahan

Menurut tradisi istiadat, calon mempelai pria harus memberikan seserahan ke calon mempelai wanita sekitar 2x. Seserahan pertama ialah saat acara lamaran. Lantas seserahan yang ke-2 ialah saat acara pernikahan. Lalu, apakah bedanya?

Ketidaksamaan seserahan lamaran dan pernikahan ini rupanya dapat kamu saksikan dari didalamnya. Untuk ketahui informasi secara lengkap, kamu dapat check daftar bedanya berikut ini.

  1. Mas Kawin

Bila kamu dan pasanganmu ingin meneruskan jalinan ke tingkatan yang lebih serius, karena itu siapkan mas kawin mulai sekarang ini. Isi pada mas kawin yang diberi dapat bermacam. Dimulai dari perhiasan, emas batangan, sampai uang kontan.

Untuk harga seserahan pernikahan tipe ini bergantung dari isi mas kawin yang kamu berikan. Jika kamu punya niat memberikan perhiasan atau emas sudah pasti harga tambah mahal dibandingkan uang kontan.

  1. Makanan dan Kue-kuean

Isi seserahan yang ini lebih pas diberi saat acara lamaran berjalan. Tipe makanannya dapat beragam jenis, tetapi umumnya yang digunakan ialah kue atau roti seperti roti buaya. Disamping itu, kamu bisa juga memberikan jenang saat acara lamaran menggunakan tradisi Jawa.

Arti pemberian seserahan berbentuk makanan ini rupanya punyai arti yang dalam. Sebagai seorang calon kepala keluarga, memberikan seserahan berisi makanan ini mengisyaratkan jika kamu mampu memenuhi keperluan pangan pasanganmu.

  1. Beberapa barang Peralatan Wanita

Setelah itu seserahan berbentuk set peralatan wanita. Seserahan lamaran untuk wanita ini diberi saat acara pernikahan berjalan. Umumnya didalamnya terbagi dalam beberapa barang kosmetik, tas, sepatu, atau perlengkapan mandi.

  1. Daun Suruh Ayu

Seserahan yang ini sebagai seserahan ciri khas untuk acara pernikahan. Pemberian seserahan ini menyimbolkan doa meminta pelindungan pada Si Pembuat. Maknanya, daun suruh ayu ini bermakna filosofis untuk menepis masalah rumah tangga.

  1. Buah-buahan

Memberikan seserahan tidak harus eksklusif. Kamu bisa juga memberikan seserahan pernikahan simpel berisi buah-buahan. Seserahan semacam ini pas diberi saat melangsungkan acara lamaran.

Buah-buahan yang digunakan untuk seserahan pun tidak bisa asal-asalan. Walau tipe buah yang digunakan tidak ada ketentuannya, tetapi upayakan untuk pilih buah-buahan yang manis dan fresh.

Itu sedikit ulasan mengenai ketidaksamaan isi seserahan pernikahan dan lamaran. Mudah-mudahan info ini berguna untuk kamu yang ingin mengadakan pernikahan.