Aspek Legal Jasa Pembuatan Studi Kelayakan Pelabuhan/Feasibility Study (FS)

Aspek legal dalam pembuatan FS secara umum melakukan review atas dokumen legalitas perusahaan, dokumen legalitas perizinan usaha dan dokumen legalitas pembangunan proyek. Tujuan dilakukannya review atas aspek legal agar memudahkan kreditur atau investor dalam memperoleh data atau informasi mengenai objek bisnis. Dokumen legalitas perusahaan mencakup akta pendirian perusahaan, akta perubahan perusahaan, surat pengesahan dan Kemenkumham atas akta pendirian atau akta perubahan. Dokumen legalitas perizinan usaha mencakup NPWP, surat terdaftar pajak, SKDP/SKDU, SIUP atau dokumen setara SIUP, TDP dan dokumen perizinan lainnya yang menyangkut operasional usaha. Dokumen legalitas pembangunan proyek mencakup Izin Prinsip, Site Plan, Izin Mendirikan Bangunan, Izin HO, Izin Amdal dan dokumen perizinan lainnya terkait proses pembangunan proyek.

Aspek Teknis

Aspek teknis atau operasi dalam jasa studi kelayakan juga dikenal sebagai aspek produksi adalah hal-hal yang berkaitan dengan teknis/operasi sebuah prospek usaha. Adapun aspek-aspek teknis yang dipaparkan adalah sebagai berikut:

– Penentuan lokasi, luas dan tata letak.

– Spesifikasi peralatan, mesin dan bangunan yang akan diinvestasikan.

– Proses produksiHal-hal yang lainnya yang menyangkut operasional suatu rencana bisnis.

Aspek Pemasaran

Aspek pemasaran dalam studi kelayakan mengkaji potensi pasar disesuaikan dengan daerah rencana bisnis akan beroperasi, adapun kajian yang dilakukan adalah sebagai berikut:

– Potensi pasar berdasarkan lokasi rencana bisnis akan beroperasi.

– Tingkat persaingan

– Kondisi market, segmentasi pasar berdasarkan lokasi rencana bisnis

– Kondisi makro ekonomi Indonesia dan ekonomi Global

– Hal-hal lainnya yang menyangkut dengan pemasaran

Aspek Organisasi dan Manajemen

Aspek organisasi dan manajemen menyangkut dengan rencana susunan tenaga kerja, rencana jumlah tenaga kerja, rencana struktur organisasi dan profil perusahaan.

Aspek Finansial

Aspek finansial sebagai muara dari seluruh aspek yang telah dilakukan, dimana semua faktor yang telah dipertimbangkan akan dikuantifikasi dalam mata uang rupiah yang diproyeksikan selama kurun waktu tertentu. Dalam aspek finansial parameter prospek usaha akan dihitung dan akan diketahui layak atau tidaknya prospek usaha dijalankan.