Ajang New York Indonesia Mode Week (NYIFW) 2022 sukses diselenggarakan di 48th Wall Street Moments, New York, NY 10005, pada 11 Februari 2022. Di bawah lindungan International Mode and Art Week, acara yang diprakarsai oleh Vanny Tousignant ini sukses membuat dunia takjub. Sebagai produser, wanita kelahiran Ambon ini sudah mengorbitkan nama sembilan pendesain Indonesia yang tampil dengan bawa kreasi autentik ciri khas Indonesia di New York.

 

Sembilan pendesain itu diantaranya, Septi Dwi Okana (Seinaa Jilbab), Dian Narulita Hapsari (Kameela Jilbabku), Dinda Damayanti (Azfoel by Dinda), Anita Gathmir (Puta Dino Kayangan), Kerjasama ibu dan anak, Popong Sopia (Epoy Production by Nazla Aisy Uhlaq), Tari Made (Sukamade Boutique), Meri Salmeri (Mary Indo), Dr Rosaline Rumaseuw (Dr R R Brand), dan kreasi Vanny Tousignant sendiri (kerjasama Cinderella Indonesia). Beberapa pendesain yang tampilkan kreasinya di NYIFW 2022, tiba dari beragam wilayah di Indonesia, baik Jabodetabek, Bali, Maluku, sampai Papua. Ada juga dari pendesain Indonesia yang tinggal di Amerika Serikat.

 

Selainnya tampilkan kreasi dari pendesain Indonesia, pendesain dari India dan Amerika, ikut mewarnai di runway New York Indonesia Mode Week 2022. “Kami barusan melangsungkan show yang super fantastis dan benar-benar hebat. Show-nya ini bukanlah bermain-main, diselenggarakan di Wall Street, yang mana ini tempat sebagai pusat usaha dunia.

 

Tanggapan beberapa orang di New York takjub, mereka mengakui ini istimewa,” ungkapkan Vanny Tousignant, Producer and Founder New York Indonesia Mode Week. NYIFW 2022 mengangkat topik International Mode and Art. Rerata pendesain yang tampil, sukses memperlihatkan 12-18 look dari tiap perancangan mereka. Ada Septi Dwi Okana yang tampilkan baju mode jilbab yang glamor. Selanjutnya Popong Sopia pendesain dari Bandung membawa topik Burung Merak.

 

“Gong yang paling hebat ialah kreasi dari pendesain Bandung, dengan topik Batik Merak Ngibing Jawa Barat. Beberapa orang takjub sampai ngomong tidak pernah menyaksikan yang semacam itu, seperti parade baju penyeleksian Miss World,” papar ia. “Disamping itu ada pula kreasi dari Papua dengan topik Burung Mambruk, Batik Tidore, pendesain India yang tampilkan Sari, dan aku sendiri membawa Batik Pamekasan, bekerjasama dengan Cinderella Indonesia,” tutur wanita yang sempat menyikat The Best Pendesain New York Mode Week 2016 itu. Pada acara New York Indonesia Mode Week 2022,

 

Vanny tidak menduga banyak tamu penting yang datang. Tempatnya penuh, sayang cuma dapat diisikan oleh setengah tamu saja karena argumen limitasi karena COVID-19. “Ada dari Konsulat Jenderal RI di New York, Konsulat Jenderal Singapura, Malaysia, India, Thailand, influencer mode dunia, sampai mode magazine dari Milan, Amsterdam, dan New York sendiri. Itu ramai sekali acaranya,” kata Vanny.

 

Vanny Tousignant berbicara masalah promo terus-menerus. Di mana koleksi-koleksi beberapa pendesain yang tampil akan ditampilkan dalam suatu galeri Rumah Berkunjung di teritori New Jersey. “Aku sediakan dan mensponsori acara break out untuk perancang baju usaha kecil dan komune Indonesia. Nama galerinya Indonesia Boutique dan Arts tetapi dikenali bernama Rumah Berkunjung, di mana beberapa pendesain dapat mempromokan design mereka di etalase kita tanpa diambil ongkos,” ucapnya.

 

“Nach, di Rumah Berkunjung ini unik. Selainnya ada ruang untuk jual baju-baju, ada dapurnya juga. Di sini kita jual oleh-olehan ciri khas Indonesia. Ada keripik, kopi, dan beberapa macam,” tutur ia. Karena ada acara ini, Vanny mengaku sekarang beberapa orang di penjuru dunia makin terbuka dengan beberapa karya terkubur ciri khas dari pendesain Indonesia.

Baca Juga: cara membuka blokir wa tanpa diketahui pemiliknya

teknokrad