main image

source gambar : blibli.com

Kamera vlog menjadi komponen penting bagi Anda yang berprofesi sebagai vlogger atau content creator untuk membuat konten video yang menarik. Dengan komponen tersebut Anda bisa mengabadikan setiap moment yang Anda lewati bersama dengan keluarga atau orang terdekat.

Tidak hanya itu, terkadang para vlogger juga membuat konten video yang berhubungan dengan sebuah profesi atau kegiatan masyarakat dan menyebarluaskannya melalui media sosial sehingga dapat diakses oleh khalayak umum. Namun, apa sajakah fitur dari kamera tersebut yang perlu Anda perhatikan untuk proses pembuatan video? Berikut penjelasannya untuk Anda.

Fitur pada Kamera Vlog yang Anda Perhatikan

Beberapa fitur kamera yang Anda butuhkan dan perlu perhatian khusus, antara lain :

  1. Konektivitas Wi-Fi bawaan

Dalam memindahkan file video yang telah direkam maka Anda perlu memperhatikan fitur koneksi internet yang tersedia. Dengan adanya fitur penyambungan ke koneksi internet atau Wi-Fi maka Anda tidak memerlukan kabel data dalam pemindahan file ke laptop atau smartphone.

Hal ini juga akan memudahkan Anda ketika sedang berada di perjalanan dan ingin segera mengunggah video ke media sosial. Dengan begitu, Anda bisa mengunggah konten yang telah dijadwalkan dengan tepat waktu dan mudah.

  1. Input mikrofon

Salah satu kekurangan dari sebuah video terkadang adalah suara yang tidak jelas bahkan ada yang berdengung hingga memekakkan telinga. Hal inilah yang perlu Anda hindari ketika membuat sebuah konten dengan tujuan audience tidak merasa kecewa dengan kualitas konten yang Anda buat.

Oleh karena itu, Anda perlu memperhatikan input mikrofon yang terdapat pada kamera vlog yang Anda miliki. Sehingga adanya suara yang tidak jelas dan berdengung dapat dihindari serta mampu memberikan kepuasaan pada audience.

  1. Kualitas video

Hal selanjutnya yang perlu Anda perhatikan adalah kualitas video yang dihasilkan oleh sebuah kamera. Anda bisa melihat spesifikasi kamera secara rinci pada bagian deskripsi produk atau Anda bisa menanyakannya kepada penjual.

Sehingga tidak terdapat kesalahan pada pemilihan kamera yang akan Anda gunakan untuk membuat suatu konten yang asyik dan menarik. Anda juga perlu menyesuaikan antara format hasil akhir video sebagai output  dari kamera dengan laptop yang dimiliki.

Usahakan laptop Anda dapat menerima file akhir video dari kamera yang Anda miliki sehingga dapat memudahkan Anda dalam melakukan pengeditan video.

  1. Stabilisasi

Stabilisasi ini penting untuk kestabilan video yang Anda ambil dalam berbagai posisi seperti berjalan, berlari, terjun, atau bahkan berada di dalam air. Tentunya hasil video harus stabil dan memberikan hasil yang sama dalam berbagai keadaan baik itu dalam kondisi banyak cahaya atau minim cahaya sekalipun.

Uraian tersebut merupakan penjelasan mengenai beberapa fitur dari kamera vlog yang perlu Anda perhatikan. Selamat mencoba dan bersenang-senang!