Sistem manajemen gudang biasanya setara dengan SCM, meskipun keduanya berbeda. WMS mengacu pada pergerakan dan penyimpanan material di gudang. Ini adalah bagian dari SCM dan bertanggung jawab untuk menangani penerimaan, pengangkutan, dan ekstraksi material. Agar dapat memantau produk secara efektif, WMS akan dilengkapi dengan peralatan teknis seperti pemindai kode batang, biometrik, dan teknologi lainnya.

Sistem manajemen gudang tidak terbatas pada gudang, tetapi juga menjadi bagian dari SCM, yang secara efektif akan memberikan banyak manfaat bagi bisnis atau perusahaan Anda.

Jenis WMS

WMS sendiri adalah bagian dari perangkat lunak dan menjadi proses yang memungkinkan perusahaan untuk mengontrol dan mengelola operasi gudang mulai dari pembelian hingga pengiriman. Jenis sistem manajemen gudang yang paling terkenal dan banyak digunakan adalah ERP Saat memilih jenis WMS ini, itu tergantung pada ukuran dan sifat organisasi. Untuk jenis ERP ini akan ada modul tersendiri, yang kemudian dapat diintegrasikan dengan modul lainnya.

WMS tidak hanya digunakan oleh perusahaan besar, tetapi juga oleh perusahaan kecil dan menengah, karena WMS sangat fleksibel dan dapat beradaptasi dengan skala bisnis. WMS juga dapat disesuaikan dan biasanya digunakan untuk skala bisnis yang berbeda.

Manfaat

Sistem manajemen gudang akan memberikan banyak manfaat bagi perusahaan yang menerapkannya. Menurut ulasan dari website Majapahit Teknologi, Fakta telah membuktikan bahwa WMS dapat membantu perusahaan mengurangi biaya tenaga kerja, meningkatkan akurasi persediaan, meningkatkan fleksibilitas, membuat perusahaan merespon lebih cepat, mengurangi kesalahan manusia atau kesalahan manual, mengurangi kesalahan dalam memilih dan mengirim barang, dan meningkatkan layanan pelanggan, dll. Tunggu.

Cara Menggunakan atau Menerapkan WMS

Saat menggunakan WMS ini, Anda dapat menggunakan beberapa fungsi sehingga Anda dapat mengontrol dan mengelola gudang perusahaan Anda dengan baik, seperti gambar di bawah ini:

  1. Desain

Fungsi ini akan dapat mengatur dan mengubah alur kerja secara logis untuk mengoptimalkan alokasi ruang dan inventaris. Bahkan WMS ini dapat memberikan saran untuk memaksimalkan ruang penyimpanan.

  1. Pelacakan inventory

Dengan fitur ini, perusahaan akan dapat menggunakan teknologi pemindai kode batang untuk mencatat barang masuk dan keluar sehingga lebih mudah ditemukan. Fitur ini akan membantu perusahaan Anda meningkatkan kapasitas gudang sehingga dapat menampung lebih banyak barang karena tercatat oleh sistem.

  1. Picking dan packing

Perusahaan akan dapat menentukan zona pengambilan, pengambilan gelombang dan pengambilan batch. Penataan ini akan membuat gudang lebih terkonsentrasi, sehingga tidak akan terasa terlalu penuh. Dengan menggunakan fitur ini, perusahaan juga dapat mengatur karyawan untuk mengambil dan mengemas secara efisien.

  1. Manajemen SDM

Fitur ini akan membantu perusahaan memantau kinerja karyawannya. Perusahaan dapat menyederhanakan kinerja karyawan sehingga dapat beradaptasi dengan kebutuhan perusahaan melalui sistem yang lebih efisien.

  1. Receiving dan put away

Perusahaan dapat secara efektif membatalkan dan mengembalikan persediaan. Para pekerja gudang ini menemukan bahwa penggunaan teknologi terkini seperti pemetikan dengan cahaya memudahkan pencarian inventaris, sehingga meningkatkan efisiensi aktivitas di gudang.

Agar tidak salah dalam memilih WMS, sebaiknya pahami kebutuhan perusahaan Anda. Anda bisa mencocokkan fungsi sistem manajemen gudang dengan sistem yang ada di perusahaan, menanyakan berapa total pengeluaran yang akan Anda keluarkan, dan jangan lupa untuk memilih software dari supplier yang handal dan berpengalaman agar Anda bisa memanfaatkan software tersebut secara maksimal.