Cara Membuat Ayam Goreng Korea yang Nikmat | Popmama.com
source gambar : popmama.com

Drama dan film Korea Selatan memang sedang mendunia. Bukan hanya kalangan remaja, kalangan ibu rumah tangga juga menikmatinya. Tidak heran banyak ibu rumah tangga yang mulai penasaran dengan makanan yang ada di drama atau film tersebut. Makanan yang ada di drama terkenal dengan saus gochujangnya. Saus gochujang ini biasanya digunakan untuk memasak segala jenis bahan makanan. Ada beberapa perbedaan di setiap pembuatan saus gochujang pada beberapa makanan. Maka anda bisa memperhatikan cara membuat gochujang di resep berikut ini.

  1. Ayam Goreng Gochujang

Bahan yang kita siapkan pertama adalah bahan untuk saus gochujangnya yaitu saus gochujang kemasan 4 sendok makan, cabe bubuk 1 sendok makan, saus tiram 1 sendok makan, kecap ikan 1 sendok teh, gula pasir 1 sendok makandan madu 2 sendok makan. Bahan untuk membuat ayam gorengnya siapkan daging ayam fillet dada 300 gram, garam 1 sendok teh, lada bubuk 1 sendok teh, tepung bumbu krispi 2 sachet, tepung terigu 100 gram, garam untuk adonan tepung basah sekitar ¼ sendok teh, air es, dan wijen.

Malam sebelumnya anda marinasi dahulu ayamnya dengan garam dan lada halus. Masukkan ke dalam kulkas tentunya. Jika sudah siapkan adonan tepungnya dan campur dengan tepung terigu. Tambahkan garam dan lada halus. Aduk dan kemudian siapkan air es dalam wadah. Ambil ayam dan masukkan ke tepung kemudian celupkan ke dalam air es. Celupkan lagi ke adonan tepung keringnya. Setelah itu anda pijit ayamnya agar terdapat krispi. Goreng ayamnya dengan api sedangn saja. Bahan untuk campuran saus gochujang dimasukkan semuanya dan aduk. Ambil ayam gorengnya dan balurkan dengan saus gochujang dan beri taburan wijen.

  1. Beef Shortplate Saus Gochujang

Saus gochujang yang akan kita buat kali ini juga ditambahkan bahan lain agar lebih enak. Bahan yang perlu anda siapkan adalah saus gochu jang 1 sendok makan, madu ½ sendok makan, minyak wijen ½ sendok makan, cabe bubuk 1 sendok teh, kecap ikan 1 sendok teh, bawang putih bubuk secukupnya, jahe diparut sekitar 1 ruas jari. Siapkan beef shortplate sekitar 300 gram, bawang Bombay ½ suing, dan cabe besar 3 buah.

Campurkan semua bahan saus gochujangnya dan balurkan ke semua beef shortplatenya. Dimarinasi dengan campuran saus gochujang itu. Diamkan selama 24 jam agar hasilnya memuaskan. Setelah itu keesokan harinya siapkan Teflon dan tumis beef shorplatenya. Setelah itu anda tambahkan irisan bawang Bombay dan cabe hijaunya jika beef shortplatenya hampir matang.

  1. Ceker Saus Gochujang

Pasti jika anda menonton drama korea pasti pernah melihat cemilan yang satu ini. Ceker ayam memang enak dicampur saus gochujang. Siapkan bahan untuk saus gochujangnya yaitu saus gochujang kemasan 2 sendok makan, kecap ikat ½ sendok teh, madu 1 sendok makan, kaldu bubuk ayam, dan cabe bubuk 2 sendok makan. Siapkan ceker ayamnya sekitar 250 gram, wijen, daun bawang 2 batang, bawang Bombay ½ buah, dan jeruk nipis.

Anda marinasi ceker ayamnya dahulu dengan perasan jeruk nipis dan garam. setelah itu anda siapkan bahan untuk saus gochujangnya. Rebus ceker ayan hingga matang. Tumis bawang Bombay dan masukkan saus gochujang dan ceker ayamnya. Jika sudah taburkan dengan wijen dan potongan daun bawang.