Cara Memperbaiki Keyboard Laptop Yang Rusak – Keyboard salah satu komponen laptop yang cukup rawan mengalami kerusakan. Misalnya, kunci yang memasukkan karakter yang salah, tidak berfungsi sebagian, hingga tidak berfungsi sepenuhnya.

Untuk mengatasi masalah ini, tidak perlu terburu-buru untuk membeli keyboard baru seperti keyboard USB. Kita harus mencoba untuk memperbaikinya terlebih dahulu. Biasanya untuk memperbaiki Keyboard yang rusak kita harus mengetahui terlebih dahulu penyebabnya yaitu terkena air, terkena debu, atau lainnya.

Namun sayangnya, terkadang keyboard laptop sering crash secara tiba-tiba tanpa mengetahui penyebab pastinya. Jika demikian, otomatis kita harus mencoba beberapa langkah perbaikan darurat sambil memperkirakan penyebab kerusakan. Nah, berikut ini beberapa langkah perbaikan darurat yang bisa kita lakukan di rumah sebelum memutuskan untuk membawanya ke service center.

Cara Memperbaiki Keyboard Laptop Rusak

Mulai Ulang Laptop

Restart laptop adalah langkah pertama yang harus dilakukan sebelum melakukan tindakan lain. Restart laptop dapat memperbaiki ratusan masalah dengan sistem operasi segera. Jika tidak bisa di restart, kita bisa menekan tombol power selama beberapa detik sampai laptop mati. Jika setelah restart masalah masih ada, silakan coba langkah selanjutnya.

Periksa Num Lock

Keyboard yang tidak berfungsi dengan baik terkadang tidak sengaja disebabkan oleh kita. Salah satu yang paling umum adalah aktivasi Num Lock karena menekan kombinasi tombol tertentu. Saat Num Lock aktif, karakter yang keluar biasanya berbeda dengan tombol yang ditekan. Untuk mematikan Num Lock, silahkan tekan tombol Fn dan NumLk pada keyboard secara bersamaan.

Untuk beberapa laptop, menekan Caps Lock dan NumLk juga dapat mematikannya. Silakan hubungi customer support dari produsen laptop untuk mengetahui cara mematikan Num Lock jika kedua kombinasi di atas tidak berhasil.

Masalah Driver

Masalah dengan driver juga dapat menyebabkan keyboard tidak berfungsi dengan baik. Menurut PCMag, hal ini biasanya terjadi saat kita menginstall software pihak ketiga, terkena virus, dan lain-lain. Untuk mengeceknya silahkan buka Device Manager lalu lihat pada keyboard.

Jika ada tanda segitiga berwarna kuning, sudah dipastikan driver keyboardnya bermasalah. Silakan unduh driver terbaru di situs web produsen laptop. Cara ini juga bisa kita lakukan jika keyboard tidak terdeteksi oleh laptop. Demikianlah ulasan tentang cara memperbaiki keyboard laptop yang rusak semoga bermanfaat.

Sumber : wartaoce.com

Baca juga : berita terbaru hari ini