Aktivitas mengetik di Microsoft Word pasti telah sangat kerap dilakukan pada masa digital seperti saat ini ini. Mengetik kebanyakan dilakukan untuk menyebabkan tugas, skripsi, surat, catatan penting, dan lainnya.

Semua kesibukan tersebut yang tentang dengan dokumen diketik di Word manfaatkan Keyboard Komputer / Laptop. Padahal sebetulnya ada langkah yang lebih praktis, yaitu mengetik di Word manfaatkan suara.

Umumnya, pengguna Komputer yang tengah mengerjakan sebuah ketikan akan mengetik di Keyboard manfaatkan jari. Kecepatan mengetik seseorang bisa diukur berdasarkan kemahiran di dalam mengetik, atau mengetik sepuluh jari.

Jika belum sangat mahir mengetik manfaatkan Keyboard, maka proses mengetik akan lambat. Faktor lain yang memengaruhi kecepatan mengetik adalah kalau telah capek dan jari menjadi keram dengan jasa ketik freelance.

Mengetik manfaatkan jari juga punyai efek kekeliruan ketik / typo yang sangat besar. Artinya kamu mesti memeriksa dan membaca ulang semua kata dan kata-kata yang telah diketik.

Oleh sebab itu, pada artikel ini akan dibahas langkah yang lebih efisien untuk mengetik dokumen di Word, yaitu dengan manfaatkan suara.

Jadi, tidak mesti ulang mengetik kata demi kata di Keyboard Komputer, namun memadai mengucapkan setiap kata yang hendak dituliskan pada dokumen Word tersebut.

Bagaimana Cara Mengetik di Word dengan Menggunakan Suara?
Mengetik dokumen di Word manfaatkan suara merupakan langkah yang punyai banyak keunggulan dibanding manfaatkan jari.

Misalnya saja dari aspek kecepatan, di mana mengetik manfaatkan suara bisa lebih cepat dari mengetik sepuluh jari. Jadi, pasti sangat sesuai kalau kamu belum bisa mengetik sepuluh jari namun ingin mengetik dengan cepat kerja online mengetik.

Keunggulan lain dari mengetik manfaatkan suara adalah sebab tidak akan terdapat kekeliruan pengetikan atau typo.

Hal ini disebabkan setiap kata yang kamu ucapkan dikonversi jadi tulisan, jadi tidak akan terjadi kekeliruan seperti huruf atau kata terbalik. Kalau bila terjadi kekeliruan konversi suara ke teks, maka kamu bisa langsung membacanya saat itu juga dan laksanakan koreksi.

4 Cara Menyimpan Foto dari Dokumen Word ke File JPG / PNG
Tidak cuma itu saja, kalau kamu mengetik manfaatkan suara dan bukan dengan jari, maka pasti jari kamu tidak akan keram. Anda tidak akan cepat kelelahan dan selamanya fokus untuk mengetik semua dokumen.

Untuk mengetik dokumen Word manfaatkan suara, maka langkah yang bisa dilakukan adalah dengan manfaatkan salah satu product Google, yaitu Google Docs. Google Docs sendiri punyai banyak fitur keren, bila saja kamu bisa translate dokumen Word.

Fitur keren lainnya adalah seperti yang dibahas pada artikel ini, yaitu bisa laksanakan pengetikan dengan perintah suara. Agar bisa manfaatkan Google Docs, maka Laptop atau PC Desktop yang digunakan mesti terkoneksi ke internet.

Jadi, kalau kamu ingin manfaatkan langkah ini, maka Laptop atau PC Dekstop yang digunakan mesti terkoneksi ke internet. Jika telah terkoneksi ke internet, maka silakan mengikuti langkah-langkah tersebut ini.

Silahkan buka browser di Laptop atau PC Desktop yang digunakan, disarankan untuk manfaatkan browser Google Chrome. Kemudian, pada halaman utama Google Chrome, silakan buka web site Google Docs.

Selanjutnya, kalau belum login, maka silakan login khususnya dahulu manfaatkan akun Google yang kamu miliki. Setelah itu, pada halaman Google Docs yang telah terbuka, silakan bikin dokumen baru dengan langkah klik Blank.

Anda juga bisa mengupload file Word yang telah ada untuk diteruskan pengetikannya di Google Docs. Caranya adalah silakan klik ikon Folder, kemudian pada jendela yang nampak klik tab Upload, kemudian klik Select a file from your device dan memadai tambahkan file Word yang ingin diedit.

Jika dokumen Word yang ingin kamu edit telah terbuka di halaman Google Docs, maka silakan klik Tools, selanjutnya klik Voice typing. Langkah ini dilakukan untuk mengaktifkan alat pengetikan manfaatkan suara yang merupakan fitur bawaan Google Docs.

Atau, kamu juga bisa manfaatkan shortcut Keyboard dengan menghimpit paduan tombol Ctrl + Shift + S.
Setelah alat Voice typing aktif, maka akan nampak ikon mikrofon di sebelah kiri jendela dokumen. Sebelum menggunakannya, khususnya dahulu kamu mesti merubah bhs dokumen yang ingin diketik.

Jika kamu ingin mengetik dokumen berbahasa Indonesia, maka silakan tukar jadi Bahasa Indonesia. Caranya adalah silakan klik tombol bhs yang terdapat di atas ikon mikrofon. Setelah itu, silakan cari dan pilih Bahasa Indonesia atau bhs apapun yang ingin kamu ketik.

Setelah kamu mengganti bahasa, maka silakan klik pada daerah dokumen di mana kamu akan melanjutkan ketikan, kemudian klik ikon mikrofon tersebut untuk menjadi mengetik dokumen Word manfaatkan suara.

Jika nampak pop-up Use your microphone, maka silakan klik Allow untuk mengizinkan Google Chrome manfaatkan dan menerima suara dari mikrofon Laptop.
Jika ikon mikrofon telah berwarna merah, maka kamu telah bisa memulai mengetik manfaatkan suara. Setiap kata yang kamu ucapkan dan diterima oleh mikrofon akan diketikkan pada halaman dokumen tersebut.

Pastikan kamu mengucapkan setiap kata dengan mengetahui agar tidak terjadi kekeliruan pengetikan. Anda juga bisa mengucapkan sinyal baca seperti koma, titik, dan lain sebagainya. Sementara untuk perintah seperti enter, heading, etc mesti dilakukan secara manual manfaatkan Keyboard maupun Mouse/Touchpad.

Jika kamu telah selesai dan ingin berhenti mengetik manfaatkan suara, maka silakan klik ulang ikon mikrofon yang tengah berwarna merah tersebut.

Setelah itu, setiap kata yang kamu ucapkan tidak akan ulang diketikkan pada dokumen tersebut.Untuk menyimpan semua ketikan tersebut di dokumen Microsoft Word, maka kamu bisa copy semua mengisi dokumen ke Microsoft Word.

Atau, kamu juga bisa mendownload file dokumen tersebut dengan format Microsoft Word.

Jika ingin download file dokumen tersebut dengan format Microsoft Word, maka silakan klik File, kemudian arahkan kursor ke Download, selanjutnya klik Microsoft Word (.docx). Setelah itu, maka file dokumen yang telah kamu ketik manfaatkan suara akan terdownload dengan format Microsoft Word.