Cara Menjaga Kesehatan Mata

 

Fungsi mata sangat penting bagi kehidupan manusia. Oleh karenanya, kesehatan mata harus selalu dijaga. Terdapat beberapa cara dalam menjaga kesehatan mata yang dapat dilakukan. Dengan memiliki mata yang sehat, maka dapat melihat semua hal dengan jelas dan dapat melakukan rutinitas sehari-hari dengan lebih nyaman.

Semua aktivitas yang dilakukan sehari-hari, tidak pernah terlepas dari peran mata sebagai indra penglihatan. Walau fungsinya bisa saja menurun seiring pertambahan usia, tetapi Anda tetap bisa melakukan berbagai cara untuk menjaga kesehatan mata dan mencegahnya dari berbagai macam penyakit mata.

Cara Menjaga Kesehatan Mata

Terdapat beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan mata, yaitu:

Melakukan Pemeriksaan Mata Secara Rutin

Setiap orang baik itu anak-anak hingga lansia, sangat dianjurkan untuk memeriksakan matanya secara rutin setidaknya 2 tahun sekali. Orang dewasa yang berusia lebih dari 40 tahun, disarankan untuk memeriksakan matanya setahun sekali.

Hal tersebut bertujuan untuk mencegah penyakit mata yang berkaitan dengan pertambahan usia, seperti katarak, degenerasi makula, dan glaukoma. Melalui pemeriksaan mata secara rutin, dokter bisa memantau kondisi mata serta mendeteksi sejak dini masalah yang ada pada mata akibat penyakit tertentu, seperti tekanan darah tinggi dan diabetes.

Mengonsumsi Makanan Bergizi

Cara menjaga kesehatan mata yang pertama, Dianjurkan untuk selalu rutin mengonsumsi makanan bernutrisi yang mengandung selenium, lutein, vitamin A, vitamin C, E, dan asam lemak Omega-3.

Beberapa nutrisi di atas juga mampu menangkal masalah mata terkait usia, seperti katarak dan degenerasi makula. Anda bisa memperoleh beragam nutrisi tersebut dengan rutin mengonsumsi sayuran hijau, kacang-kacangan, salmon, tuna, telur, dan jeruk.

Hindari Penggunaan Smartphone Terlalu Lama

Menatap layar smartphone dan layar komputer terlalu lama bisa menyebabkan mata lelah. Gejalanya seperti nyeri leher, sakit kepala, sakit pada bahu dan punggung, mata kering, dan pandangan menjadi kabur.

Jika bekerja di depan komputer sepanjang hari, ambil jeda untuk mengistirahatkan mata dengan mengalihkan pandangan selama 20 detik, di setiap 20 menit sekali. Atau bisa juga mengistirahatkan mata selama 15 menit di setiap 2 jam sekali. Bila mata mulai terasa kering, kedipkanlah mata atau gunakan obat tetes mata.

Hati-Hati Ketika Menggunakan Make Up

Make up yang berbentuk cairan atau krim umumnya mudah ditumbuhi bakteri jika terlalu lama tidak digunakan. Oleh sebab itu, buang dan ganti make up tersebut jika sudah 3 bulan pemakaian. Hindari saling berbagi pakai alat rias.

Pastikan juga untuk mencuci wajah sampai bersih sebelum dan setelah menggunakan make up. Kalau mengalami iritasi atau infeksi mata ketika menggunakan make up, hapus riasan tersebut dan segera periksakan diri ke dokter.