Ciblek sebagai tipe burung yang cukup favorite di kelompok beberapa kicau mania. Salah satunya tipe burung ciblek yang mempunyai kicauan yang unikadalah ciblek sawah. Burung ini lumayan banyak disukai dan sering dijadikan burung masteran.

Seharusnya tentukan tipe kelamin yang jantan karena mempunyai kicauan yang lebih bervariatif. Burung yang kerap dikenali dengan ciblek pari ini harus diberi perawatan yang pas supaya cepat gacor.

Panduan Memiara Burung Ciblek Pari Supaya Rajin Mengeluarkan bunyi


Mengembunkan Tiap Pagi

Untuk anda yang ingin menjaga burung ini, perlu lakukan pengembunan secara rutin. Pengembunan ini mempunyai tujuan supaya burung itu dapat mengisap udara yang fresh dan keadaan burung seolah ada di alam bebas.

perawatan-ciblek-rumahan

Saat burung dalam keadaan yang suka https://suhukicau.com, karena itu ia semakin lebih gampang berkicau. Kerjakan pengembunan sekitaran jam 05.00 pagi dengan menggantang sangkar pada tempat terbuka sampai matahari terbit.

Memandikan Burung Dengan teratur

Sekitaran jam 07.00 pagi, anda perlu memandikan burung untuk jaga kebersihannya. Bila biasanya burung dimandikan dengan disemprotkan, karena itu burung yang ini seharusnya dimandikan dengan melatih mandi sendiri di cepuk khusus.

Sesudah usai mandi, selanjutnya angin anginkan badannya di lokasi yang lebih teduh. Ketika yang serupa, anda dapat memberinya makanan tambahan ke burung ciblek sawah seperti ulat hongkong atau jangkrik.

Bersihkan Kandang Dari Kotoran

Selainnya jaga keversihan badannya, anda pun perlu bersihkan rumahnya secara rutin. Ini mempunyai tujuan ara burung semakin nyaman saat ada di sangakar dan tidak gampang stres. Disamping itu, supaya burung masih tetap sehat dan tidakmudah diserang penyakit.

Membersihkan kandang dari tersisa pakan dan kotoran, lalu menggantikan dengan voer yang baru. Anda pun perlu menukar minumannya tiap hari sama air yang bersih.

Menggantang Bersama Burung yang Lain

Supaya burung lebih terpicu untuk gacor, karena itu anda perlu menggantangnya bersama burung lain di lokasi yang teduh. Dengan dengarkan burung lain yang berkicauan, karena itu burung ini akan kepancing untuk menyahutinya.

Anda bisa juga lakukan pemasteran dengan memberinya suara rekaman dari burung lain. Kerjakan dengan teratur supaya burung ciblek sawah bisa lebih cepat gacor hingga anda dapat menyertakan ke kontes burung.

perawatan-harian-ciblek-muda

Mamberikan Makanan yang Pas

Selainnya dari perawatannya, anda harus juga memberinya tipe pakan yang pas supaya burung ini terbangun kesehatanya. Disamping itu, gizi yang tercukupi akan membuat burung makin semangat untuk gacor.

Ada banyak tipe extra fooding yang dapat dikasih ke ciblek pari, salah satunya jangkrik, ulat hongkong, ulat kroto dan kandang. Untuk pemberian jangkrik seharusnya dilaksanakan pada sore dan pagi hari dengan jatah 3 ekor.

Tetapi, saat sebelum memberinya pakan itu anda sebaiknya buang kaki jangkrik ditambah dulu. Disamping itu, anda pun perlu memberinya ulat hingkong pada sore dan pagi hari dengan jatah 5 ekor.

Sedang untuk ulat kandang cuma untuk penyeling dari ulat hongkok. Untuk pemberian kroto fresh, anda dapat memberinya burung ciblek sawah2 kali satu minggu dengan jatah yang diberi sekitar 1 sendok teh.

Sebetulnya langkah menjaga burung ini lumayan gampang, hampir serupa dengan perawatan burung ciblek yang lain. Namun memandikan burung ini dilaksanakan dengan memberinya cepuk khusus supaya mandi sendiri.

Disamping itu, perlu memerhatikan tipe makanan yang pas, supaya gizinya tercukupi. Keadaan badan yang sehat dan sempurna akan membuat burung ini makin rajin berkicau, apa lagi bila ada burung yang lain jadi masteran.