Ada beberapa hal dasar yang perlu Anda lakukan untuk memastikan mobil Anda terus berjalan. Ini sangat penting jika Anda mengendarai mobil yang lebih tua. Bahkan mobil yang lebih tua dapat bertahan lebih lama di jalan dan berjalan lebih baik jika Anda merawatnya.

Beberapa orang tidak peduli untuk memeriksa hal-hal dasar dan bertanya-tanya mengapa kendaraan mereka tidak mau jalan lagi. Beberapa orang lain tidak benar-benar ingin tahu dan selalu mengalami kesulitan yang terkadang dapat dihindari. Mereka hanya ingin mengendarai mobil mereka dan berharap yang terbaik, yaitu terus berjalan.

Jadi apa saja hal-hal dasar yang perlu diperiksa? Memeriksa oli sangat penting agar mobil Anda tetap berjalan sebagaimana mestinya. Pastikan itu bersih dan pada tingkat yang seharusnya. Mesin tumbuh subur dengan oli yang terawat baik dan bersih. Oli yang kotor dapat membuat mesin bekerja lebih panas yang menyebabkan masalah lain seperti membuat pendingin lebih panas atau selang air pecah. Jangan pernah menggunakan oli yang lebih rendah atau murah, ini benar-benar dapat menyebabkan masalah.

Kursus Mengemudi Pekanbaru – Memeriksa oli paling baik dilakukan saat mobil telah didiamkan beberapa saat, sehingga semua oli terkuras kembali ke dalam bak, dan Anda mendapatkan pembacaan yang lebih benar. Beberapa orang benar-benar tidak tahu cara memeriksa oli. Jadi bagi orang-orang itu, di sisi mesin, atau untuk mesin v seperti V6 ATAU V8, cari dipstick di tengah mesin. Itu harus diwarnai di bagian atas, milik saya kuning.

Saat Anda menemukannya, tarik ke atas dan tahan secara horizontal sehingga Anda dapat melihat di mana level oli. Bersihkan oli dan ganti dipstick di tempatnya. Tunggu sepuluh detik dan tarik tongkat lagi, karena ini adalah level yang benar-benar perlu Anda lihat. Sambil memegang dipstick horizontal lagi, periksa apakah level oli berada di antara tanda penuh dan tambahkan. Jika sudah dekat dengan tanda tambah dan Anda tidak punya minyak, ambillah minyak sesegera mungkin, dan isi sampai tanda penuh dengan memeriksa dipstick saat Anda mengisinya.

Hal mendasar lainnya adalah ketinggian air pendingin yang berada dalam wadah plastik di samping radiator. Jika Anda memiliki mobil yang sangat tua, itu akan berada di radiator itu sendiri. Jika Anda memiliki mobil baru dengan wadah plastik, cairan pendingin harus berwarna hijau dan berada di antara tanda level minimum dan maksimum pada wadah.

Bila perlu menambahkan lebih banyak cairan pendingin, jangan pernah melepas tutup wadah plastik atau radiator langsung setelah mesin dimatikan. Pendingin air akan menyembur dan membakar Anda karena masih di bawah tekanan dan panas. Semua pendingin juga akan keluar dan harus diganti.

Hal dasar ketiga yang harus diperiksa adalah ban Anda secara teratur. Mungkin setiap minggu. Ban yang berjalan pada tekanan yang tepat memberi Anda pengendaraan yang lebih baik, penghematan bahan bakar yang lebih baik, dan rasa stabil yang lebih baik pada kemudi. Lihat di manual pemilik Anda untuk tekanan yang benar untuk ban Anda.

Pemeriksaan dasar keempat hanya untuk mereka yang memiliki power steering. Ada wadah logam kecil biasanya berwarna hitam dengan bagian atas logam atau plastik di atasnya. Ini adalah cadangan oli power steering. Untuk memeriksa oli power steering, putar bagian atas plastik atau logam berlawanan arah jarum jam untuk melepaskannya.

Bagian atas yang dilepas harus memiliki panjang plastik berukuran pendek di bawahnya, yang masuk ke oli power steering. Periksa untuk melihat minyak pada panjang plastik atau logam ini antara tambah dan penuh. Isi ulang jika perlu dengan oli power steering yang tepat untuk mobil Anda.

Jika tidak ada minyak pada panjang plastik atau logam maka perlu minyak cepat. Terkadang ini tidak pernah diperiksa. Salah satu cara untuk mengetahui oli power steering rendah adalah akan ada suara mendengung, saat setir diputar ke segala arah.

Pemeriksaan dasar kelima yang bisa dilakukan adalah oli pada transmisi. Banyak orang tidak pernah memeriksa ini sendiri dan itu dapat menyebabkan tagihan perbaikan yang mahal terutama pada kendaraan yang lebih tua. Ini paling baik diperiksa saat mesin hidup. Jadi Anda bisa memeriksanya ketika Anda telah kembali dari suatu tempat dan mesin masih hangat.

Pastikan mobil dalam keadaan parkir dengan rem tangan menyala untuk memeriksanya. Buka kap mesin dan lihat di dekat bagian belakang mesin untuk dipstick lain yang lebih besar. Saat mesin hidup, jauhkan tangan Anda dari kipas di depan mesin, yang berputar cepat. Temukan dipstick dan tarik keluar dengan memegangnya secara horizontal untuk mendapatkan pembacaan. Kemudian, seperti sebelumnya lakukan untuk kedua kalinya setelah Anda mengeringkannya dengan lap atau kertas. Oli harus kembali berada di antara tanda tambah dan penuh seperti pada oli motor.

Sayangnya kita hidup di dunia orang-orang yang tidak bermoral yang mengerjakan mobil Anda, dan sesuatu yang sederhana seperti tidak ada oli di transmisi, dapat menghabiskan biaya lebih dari yang seharusnya. Yang mungkin perlu dilakukan hanyalah mengisi minyak. Contoh yang saya alami adalah gigi kedua di mobil tua saya berubah secara kasar. Ketika memeriksa oli transmisi saya menemukan itu rendah dan mengisinya. Saat mengemudikan mobil lagi masalahnya sudah hilang dan gigi kedua berubah dengan lancar lagi.

Banyak orang tidak tahu bagaimana melakukan pemeriksaan dasar ini, jadi saya harap ini membantu orang-orang itu. Tidak melakukan pemeriksaan ini secara teratur dapat menambah tagihan kendaraan Anda.

diluncurkan di Chicago Auto Show bersama dengan Dodge Dart “Carbon Fiber”. Opsi pembangkit listrik: SOHC 16-katup 1.4L inline-4 turbocharged dan intercooler dengan 160 hp & 184 lb-ft; sebuah DOHC 16-katup 2.0L inline-4 dengan 160 hp & 145 lb-ft; dan DOHC 16-katup 2.4L inline-4 dengan 184 hp & 171 lb-ft.

 

2013 Dodge Dart

Dari sedan yang lebih kecil tapi masih berukuran penuh pada tahun 1960 hingga seperempat miler mobil otot habis-habisan hingga sekadar papan nama pada LeBaron yang diberi lencana ulang, Dodge Dart telah mengalami evolusi dan, dalam beberapa kasus, devolusi. Jadi, apakah Dodge Dart 2013 memiliki jiwa kompetitif dari Super Stock 426 Hemi Darts dan Dart GTS atau persona melankolis dari 1976 Dart Lite?

Nah, untungnya bagi orang-orang di Dodge, yang membutuhkan mobil spanduk untuk mengantar mereka ke era Chrysler-FIAT, Dodge Dart 2013 (sebagai Darts terbaru dan anak pertama dari pernikahan Detroit-Turin) benar-benar cukup bagus.

 

Ringkasan

Berkat kemitraan dengan FIAT, Chrysler mampu merancang Dodge Dart 2013 hanya dalam delapan belas bulan dengan mendasarkannya pada Alfa Romeo Giulietta, salah satu platform terbaik di jalan saat ini. Jarak sumbu roda depan Dart adalah 2,7 inci lebih panjang dari Giulietta di 106,4, panjang keseluruhan naik lebih dari satu kaki pada 183,9 inci dan lebar ditambah 1,2 pada 72 inci. Dengan kabin dan volume bagasi 110,3 kaki kubik, Dodge Dart mengalahkan rival utamanya, Ford Focus, Honda Civic, dan Toyota Corolla.

 

Model

Dengan luas dan dalamnya beragam kebutuhan dan keinginan pasar sedan sport kompak saat ini, Dodge menawarkan Dart dengan iring-iringan model (Tujuh), warna (Empat Belas) dan powertains (Enam) belum lagi daftar pilihan yang panjang. .

Basis Dart SE mulai dari $15.995. SE ini didukung oleh 160 kuda 2.0L DOHC I-4, yang disebut Tigershark. Mesin langkah pendek 16 katup dengan blok aluminium dan kepala memiliki timing katup variabel dan injeksi port. Tenaga dikirim melalui gearbox manual 6-percepatan.

Selanjutnya adalah $17.995 Dodge Dart SXT. Dengan tambahan $2.000, SXT hadir standar dengan roda aluminium 17 inci, spion dan kunci, sistem hiburan enam speaker, entri tanpa kunci jarak jauh, dan kursi belakang lipat (agak mengingatkan Anda pada Dart Hang Ten). Daftar opsi bertambah untuk menyertakan layar sentuh 8,4 inci di tumpukan tengah, sistem navigasi, kamera spion (jarang pada sedan kompak) dan sistem suara 506 watt 10 speaker (termasuk subwoofer).

Dart Rallye jatuh di tengah garis pada $18.995. Anda dapat memberi tahu Rallye dari tampilan depannya yang agresif, lampu kabut proyektor, ujung knalpot ganda, roda kemudi berbalut kulit dengan kontrol audio. Dart Rallye juga memiliki opsi mesin SOHC empat silinder 1.4L turbocharged yang dicuri dari Fiat 500 Abarth yang menghasilkan tenaga 160 kuda dan torsi 184 lb-ft.

Yang paling hemat bahan bakar dari 2013 Dodge Darts adalah AERO di $19.295. Dart AERO akan menghasilkan hingga 41 mpg di jalan raya menggunakan 1.4L MultiAir Turbo I4 intercooler. Penutup kisi-kisi aktif (sangat keren) dan aero kit bagian bawah bodi mobil memberi AERO peningkatan efisiensi bahan bakar.

Geser ke kursi Dodge Dart Limited, yang dimulai dari $ 19.995, dan Anda mendapatkan kursi pengemudi yang dapat disetel daya sepuluh arah, kluster instrumen yang dapat disesuaikan, trim krom sebagai standar. Pada pilihan depan, jok kulit nappa, jok dan setir berpemanas, sistem nav, deteksi jalur silang belakang dan velg aluminium mengkilap juga bisa menjadi milik Anda jika harganya pas.

Dodge Dart produksi reguler top-of-the-line adalah $ 23.290 Dart R/T yang hanya didukung oleh mesin Tigershark kedua, mesin 2.4L empat-banger dengan 184 hp dan torsi 171 lb-ft. Tigershark ini mengambil lubang 88 mm mesin dasar menambahkan stroke 97mm dan sistem MultiAir FIAT dengan pengaturan waktu dan daya angkat yang bervariasi. Kursi kulit Nappa berpemanas, kontrol iklim zona ganda, roda kemudi berpemanas, suspensi sport, dan roda 18 inci menjadi standar.

Akhirnya, di atas dan karena keluar akhir tahun ini adalah Dart Mopar ’13. Kami belum tahu harganya, tetapi yakinlah itu akan berada di utara label harga $ 23.290 Dart R/T. Edisi terbatas Dart yang luar biasa ini memulai debutnya awal bulan ini di Chicago Auto Show. Produksi, yang dimulai musim semi ini, akan dibatasi hingga 500 mobil. Velg hitam mengkilap Mopar 18 inci, garis-garis balap biru Mopar pada cat hitam, spoiler dagu hitam, diffuser dan spoiler belakang, dan emblem Mopar melengkapi tampilan eksterior. Untuk memberikan sedikit keuletan pada mobil, Mopar ’13 Dart mendapatkan knalpot yang disetel performa, rotor rem, suspensi yang lebih rendah, kemudi yang dikalibrasi ulang, dan empat silinder segaris 1.4L MultiAir dari FIAT. Di dalamnya Anda mendapatkan segala macam barang Mopar seperti kursi pengemudi biru cerah, interior berlapis kulit Katzkin, plat nomor seri, pedal sport, bantalan pengisi daya telepon nirkabel yang sangat keren, dan jahitan kontras biru Mopar.

Di seluruh papan, manual enam kecepatan yang bersumber dari FIAT adalah standar. Powertech otomatis enam kecepatan adalah opsional untuk semua Dart kecuali model yang dilengkapi 1.4L yang mendapat dual-sumber FIAT -kopling.

 

Pedalaman

Sejak kematian Dodge Dart di Amerika Serikat pada tahun 1976 dan akhir yang lambat dan menyakitkan di Meksiko pada tahun 1989, Dodge telah menawarkan dua sedan sport kompak dengan kesuksesan yang bervariasi, Dodge Neon (1995 hingga 2005) dan Dodge Calibre (2007 hingga 2012) . Sementara Neon SRT-4 dan Kaliber SRT-4 kelas atas adalah mobil yang cukup bagus di dalam dan luar, interior Neon dan Kaliber sehari-hari adalah tempat yang plastik dan suram. Tidak demikian halnya dengan Dodge Dart 2013.

Pada tampilan pertama, tampaknya para desainer yang dibebani dengan interior Dart mengambil satu halaman dari buku pedoman Eropa saat mendesain kabin. Aksen interior berwarna cerah dan jahitan kontras mengikuti sepupu Dart yang lebih marah, SRT Viper dan menghidupkan interior mobil. Pencahayaan latar belakang melengkapi semuanya dengan cukup baik.

Kursi di depan adalah perpaduan yang tepat antara nyaman dan suportif dengan penyangga lateral dan longitudinal yang membuat Anda merasa aman dengan tangan kanan yang cepat tetapi tidak terlalu ketat sehingga Anda merasa seperti mendapatkan pelukan beruang dari Bibi Helga Anda. Di belakang, bagaimanapun, mungkin ada tiga sabuk pengaman, tetapi lebih dari dua orang dewasa terjepit. Di bawah bagian belakang penumpang adalah kompartemen penyimpanan rahasia (baca: kompartemen gaya Fast and Furious untuk beberapa tembakan NOS 50) dan kotak sarung tangan cukup besar untuk menampung iPad.

Kursi pengemudi adalah tempatnya. Lihat ke depan dan pada trim level atas Anda melihat kluster instrumen tujuh inci dengan tampilan instrumen sekunder dan pengukur perjalanan pilihan Anda sendiri. Layar sentuh 8,4 inci di tumpukan tengah menangani kebutuhan elektronik dalam mobil Anda. Roda kemudi sangat tebal dengan balutan kulit untuk menyenangkan penggemar otomotif yang paling pemilih sekalipun. Pedal mati adalah ketinggian yang tepat, nyaman saat touring tetapi penyangga yang baik di belokan.

 

Keamanan

Dodge Dart 2013 dilengkapi dengan pemantauan tekanan ban dan bantal keselamatan 10-airbag, yang, omong-omong, mengungguli rekan-rekan Jermannya. Pemantauan blind spot opsional (jarang di sedan kompak) dan wiper penginderaan hujan datang sebagai opsi.

 

Dakwaan

Mengemudi Dart adalah kesenangan. Saya dapat menguji Dodge Dart Rallye yang dilengkapi dengan gearbox manual 1.4L dan enam kecepatan. Transmisi sangat halus saat berpindah gigi; jauh lebih halus, pada kenyataannya, dari yang saya harapkan. Meski, pedal kopling agak lembek, mirip dengan VW Jetta SE. 1,4 menarik dengan baik di seluruh kisaran. Pada low end, sekitar 1.400 rpm, saya sangat terkesan dengan gerutuan Dart. Mencapai garis merah 6.200 rpm Anda benar-benar melihat mengapa mesin kecil yang bersumber dari FIAT ini sangat disukai.

Di jalan, rem Dodge Dart 2013 dengan baik, berbelok tajam, mulus dan tanpa rewel dan menahan jalan dengan sedikit body roll. Pengaturan penggerak roda depan bebas drama dengan sedikit torsi yang dapat ditemukan berkat power steering berbantuan elektronik rak-dan-pinion ZF, penyangga suspensi depan, dan peredam monotube. Rasa jalanannya detail dan sangat bagus, jauh lebih baik daripada sedan kompak lain yang pernah saya kendarai. Secara keseluruhan, mobil terasa stabil dan senang di jalan. Ini adalah mobil yang menyenangkan, dan saya cukup bersemangat untuk mengendarai Dart R/T saat dirilis akhir tahun ini.

Dengan Dodge Dart 2013, Dart telah menyelesaikan evolusi dari mobil entry level ukuran penuh menjadi sedan kompak yang mampu membawa anak-anak besar dari AS, Eropa dan Asia. Lumayan untuk mobil yang seharusnya disebut Dodge Zipp.

 

Sumber Artikel: https://kursusmengemudipekanbaru.com/