Merawat tanaman tentunya membutuhkan teknik dan ilmu pengetahuan tentang cara merawat tanaman yang baik dan benar. Kegiatan merawat tanaman ini juga bisa kamu lakukan untuk ngabuburit atau menunggu waktu hingga buka puasa tiba.

Tentunya merawat tanaman tidak boleh sembarangan dan banyak aspek yang harus kamu perhatikan agar tumbuhan tetap segar dan sehat.

Bagi kamu yang masih pemula dalam merawat tanaman, kamu bisa memperhatikan beberapa hal berikut ini untuk menjaga tumbuhan agar tetap subur.

merawat tanaman

Cara Merawat Tanaman

Menjaga kesehatan sebuah tanaman adalah kegiatan yang bisa dilakukan oleh semua orang, dan sangat cocok dilakukan untuk mengisi waktu luang fortuna808.

Tentunya dalam merawat sebuah tanaman ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan seperti cahaya, kadar air hingga penggunaan pupuk. Agar kamu tidak bingung simak penjelasan berikut ini.

1. Cara Merawat dengan Menggunakan Media Tanam yang Tepat

Dalam merawat sebuah tanaman tentunya membutuhkan media tanam yang bagus dan juga sehat. Selain tanah kamu juga bisa menggunakan humus, sabut kelapa, hingga serbuk kayu sebagai media tanam pengganti.

2. Posisikan Tanaman di Tempat yang Cukup Terkena Sinar Matahari

Setelah memilih media tanam yang paling sesuai, asupan sinar matahari juga menjadi salah satu cara merawat tanaman. Kamu harus memastikan posisi dan tempat dari tanaman tersebut agar memiliki asupan sinar matahari yang cukup.

3. Penuhi Kebutuhan Air

Kegiatan perawatan selanjutnya adalah dengan melakukan penyiraman secara rutin dan dengan teknik yang tepat. Ketika melakukan penyiraman sebaiknya jangan biarkan air menggenang, karena dapat menutup jalur oksigen ke tanaman.

4. Cara Merawat Dengan Memotong Bagian yang Kering

Memotong bagian tanaman yang kering bisa mencegah terjadinya kerusakan yang lebih parah dari sebuah tanaman. Oleh karena itu jika kamu melihat ada bagian yang kering atau mati, sebaiknya langsung segera dipotong.

5. Gunakan Pupuk Alami

Penggunaan pupuk alami adalah cara merawat tanaman yang baik, pupuk alami yang bisa kamu gunakan antara lain adalah pupuk kandang, pupuk kompos, atau pupuk organik.

6. Menjaga Kebersihan di Sekitar Tanaman

Menjaga kebersihan di sekitar tanaman menjadi salah satu cara untuk menjaga kesuburan tanaman. Karena jika kondisi sekitar tanaman kotor akan menyebabkan kerusakan kesuburan sebuah tanaman.