7 Rekor di Liga Indonesia yang Bakal Sulit Dipecahkan

Walaupun Liga Indonesia lebih banyak menyuguhkan drama yang yang cukup miris, namun tetap saja kompetisi tertinggi di Indonesia ini tetap menghadirkan hal-hal menarik, khususnya saat kita berbicara rekor. Sejak digelar pada Tahun 1994 atau sampai PSSI memasukan kompetisi Perserikatan dan Galatama, cukup banyak rekor tercipta yang bahkan mungkin sulit dipecahkan saat ini.

Beberapa rekor Liga Indonesia yang sulit dipecahkan adalah sebagai berikut.

  1. Pencetak Gol Terbanyak di Indonesia

Untuk rekor yang satu ini pegang oleh striker naturalisasi asal Uruguay, Cristian Gonzales. Dia menjadi pencetak gol terbanyak atau top skor sepanjang masa selama bermain di Liga Indonesia dengan torehan mencapai 249 gol.

Jumlah tersebut bahkan mengungguli dua pemain Indonesia, yakni Budi Sudarsono (185 gol) serta Bambang Pamungkas (178 Gol).

  1. Top Skor beruntun

Nama Cristian Gonzales kembali membuat rekor dengan menjadi pencetak gol terbanyak secara beruntun sekitar tahun 2005 hingga musim 2008/2009. Dengan kata lain, striker yang dijuluki El Loco ini sudah menjadi Top Skor sebanyak 4 musim berturut-turut.

Akan tetapi, untuk musim 2008/2009, Gonzales harus berbagi gelar dengan Boaz Solossa karena menempati posisi yang sama saat itu.

  1. Pencetak gol terbanyak untuk satu musim di Liga indonesia

Untuk rekor top skor dengan jumlah terbanyak di Indonesia saat ini dipegang oleh nama baru, yakni Sylvano Comvalius dan dia menciptakan 37 gol sekitar tahun 2017 yang saat itu sedang bermain untuk Bali United.

Perlu Anda ketahui bahwa rekor sebelumnya sempat bertahan lama sekitar 22 tahun. Rekor saat itu dipegang oleh Peri Sandria yang berhasil mencetak 34 gol pada musim 1994/1995 sampai akhirnya pecah pada tahun 2017 lalu.

  1. Pencetak Gol terbanyak dalam satu pertandingan

Rekor yang satu ini masih dipegang Ilham Jaya Kesuma dan itu terjadi pada Liga Indonesia pada divisi utama. Saat itu, Ilham bermain untuk Persita Tangerang dan berhasil melesakkan enam gol.

Klubnya sendiri berhasil menang atas Persikab dengan skor sangat telak, yakni 10-1 pada tahun 2002.

  1. Pencetak gol terbanyak untuk satu tim

Legenda pemain Timnas Indonesia dan Persija Jakarta, Bambang Pamungkas menjadi top skor dengan jumlah terbanyak hanya untuk satu klub. Telah Membela Persija selama 20 tahun, Bambang Pamungkas berhasil mencetak 168 gol untuk semua kompetisi resmi.

Namun, jika turnamen lainnya juga ditambah, maka Bambang Pamungkas bisa mencapai 200 gol secara total.

  1. Pemain Terbaik Dengan Jumlah Terbanyak

Boaz Solossa berhasil memecahkan rekor dengan menjadi pemain terbaik Liga Indonesia sebanyak tiga kali. Boaz melakukannya pada musim 2008/2009, 2010/2011, dan terakhir 2013 dan semuanya hanya untuk satu tim saja, Persipura Jayapura.

  1. Clean Sheet Terbanyak dalam satu musim

Rekor Clean Sheet atau tidak kemasukan gol terbanyak dalam satu musim dipegang oleh Kurnia Meiga. Pada Liga Indonesia tahun 2016, dia menorehkan prestasi gemilang tersebut dan mungkin akan sulit dipecahkan hingga sekarang.

  1. Tim terbanyak yang menyumbang pemain terbaik

Terakhir ada rekor unik yang juga sulit dipecahkan tim lain, yakni penyumbang pemain terbaik dalam Liga Indonesia dan tim tersebut dipegang oleh Persipura Jayapura. Bahkan Persipura Jayapura sudah menorehkan lima kali penghargaan untuk kategori pemain terbaik Liga Indonesia.

Pertama pada tahun 1995/96 ditorehkan Ronny Wabia, lalu di tahun 2005 ada Christian Warobay. Selanjutnya Boaz Solossa yang sudah dibahas pada poin sebelumnya karena berhasil mendapatkan tiga penghargaan pemain terbaik di Liga Indonesia.

Dari Informasi tersebut, kita bisa melihat bahwa rekor-rekor tersebut tercipta karena kerja keras pemain serta dukungan dari tim. Semoga di masa depan akan muncul lagi rekor terbaru yang sangat menarik di Liga Indonesia.