Dengan adanya aplikasi SDGS desa sangat membantu ketika sedang melakukan SDGS. Selain itu, aplikasi SDGS desa juga dijadikan sebagai alat untuk melakukan kegiatan pemulihan ekonomis nasional. Untuk melakukan peningkatan ekonomi desa tentunya tidak semudah seperti yang anda bayangkan dan harus di lakukan secara bertahap. Maka dari itu gunakan aplikasi SDGS desa agar dapat membantu anda dalam meningkatkan ekonomi.

Definisi Aplikasi SDGS Desa

Pasti dari kalian belum banyak mengetahui mengenai apa itu aplikasi SDGS desa. Dikutip dari halaman Javasiana.com SDGS adalah singkatan dari Suistainable Development Golas. Tujuan adanya aplikasi SDGS desa sendiri adalah untuk membantu dalam meningkatkan desa dengan sistem keberlanjutan.

Aplikasi SDGS desa adalah aplikasi yang dibuat oleh Kementrian Desa. Maka dari itu, ketika anda ingin menggunakan aplikasi tersebut akan mempermudah ketika akan melakukan perbaikan data di tingkat RT maupun RW.

Fitur Aplikasi SDGS Desa

Pada aplikasi SDGS desa terdapat beberapa fitur yang dapat membantu para perangkat desa dalam mendapatkan data. Simak penjelasan di bawah ini mengenai beberapa fitur tersebut.

l  Desa tanpa kemiskinan.

l  Desa sehat sejahtera.

l  Desa tanpa kelaparan.

l  Desa terbarukan dan bersinergi bersih.

l  Desa damai dan berkeadilan.

l  Melibatkan perempuan desa.

l  Lambang desa dinamis dan budaya desa yang adaftif.

l  Melakukan kemitraan tujuan membangun desa.

l  melakukan produksi desa sadar lingkungan dan konsumsi.

Download Aplikasi SDGS Desa

Upaya dukungan dari Kementrian Desan untuk aplikasi SDGS desa bisa di lakukan pendataan secara daring. Melakukan pendataan ini bertujuan untuk melakukan sensus patisipatoris dari desa, oleh desa da untuk desa. Selain itu, untuk anda yang ingin menggunakan aplikasi tersebut bisa di download dan install pada google play store. Masukkan beberapa data diri di dalam aplikasi tersebut supaya tetap bisa mengakses semua data yang sedang dibutuhkan.

Cara Penggunaan Aplikasi SDGS Desa

Setelah melakukan download tentunya untuk anda yang belum paham sama sekali akan merasa kebingungan. Akan tetapi anda tidak perlu khawatir pada kesempatan kali ini akan di jelaskan mengenai langkah-langkah penggunaan aplikasi SDGS desa.

l  Download aplikasi pada google play store dan lakukan install aplikasi tersebut.

l  Setelah selesai download anda harus menunggu beberapa saat sampai dengan aplikasinya terbuka.

l  Untuk pendamping desa tentunya mempunyai akses yang lebih mudah karena data induk nya sudah tersimpan pada server Kementrian Desa.

l  Sedangkan untuk pendata desa yang belum mempunyai username dan password maka harus menunggu pihak Kepala Desa.

l  Kepala desa akan memberikan beberapa daftar POKJA dengan format excel.

l  Anda harus menunggu lagu sampai dengan username dan password sudah terkonfirmasi oleh kepala desa.

l  Pada saat sudah tekonfirmasi anda bisa langsung membuka ulang aplikasi SDGS desa.

l  Di halaman tersebut anda tidak perlu memasukkan user id dan passowrd karena sudah terisi secara otomatis.

l  Sedangkan untuk anda yang belum terisi secara otomatis maka bisa memasukkan user id menggunakan NIK dan untuk password nomor telepon.

l  Sesudah semua proses selesai anda bisa langsung masuk pada aplikasi SDGS desa.

Hal yang perlu anda ingat bahwa aplikasi SDGS desa hanya bisa di akses oleh beberapa orang saja atau perangkat desa. Sedangkan untuk masyarakat biasa yang ingin membuka aplikasi tersebut harus meminta user id dan passowrd pada pihak perangkat desa. Sekian penjelasan mengenai aplikasi SDGS desa dan semoga dapat membantu anda yang sedang membutuhkan informasi tersebut.