Apakah domain authority (DA) memiliki peran penting dalam performa blog yang menggunakan teknik SEO yang biasa ditawarkan oleh para pelaku jasa SEO? Pertanyaan seperti ini pasti ada di benak Anda. Karena kita sering melihat atau bahkan menganalisa beberapa blog yang mampu menempati peringkat pertama pada halaman Google yang memiliki skor authority domain tinggi.

Pernyataan ini juga dipertegas oleh beberapa ahli SEO bahwa skor Domain Authority memang bisa dijadikan tolak ukur kualitas sebuah blog. Sekaligus cukup representatif jika ingin mengukur pencapaian strategi SEO Anda, sehingga Anda dapat bersaing untuk bisa menduduki peringkat pertama di halaman pencarian Google.

Domain Authority/ DA

Istilah domain Authority atau sering disingkat DA tentu sudah tidak asing lagi di telinga para blogger yang telah memonetisasi blognya. Sementara DA adalah ukuran yang menunjukkan tingkat kepercayaan di situs web. Semakin tinggi skor DA yang didapat maka semakin baik kualitas website tersebut.

Hal itu disebabakan karena banyaknya brand atau agensi ketika ingin mengundang kolaborasi dengan blogger, dan menggunakan DA sebagai referensi. Tak heran jika para blogger yang menjadikan blog sebagai profesi baik full time maupun part time berlomba-lomba untuk membangun kredibilitas blognya. dari sini pertanyaan baru akan muncul.

Apa Itu Domain Authority?

Pada artikel ini, saya akan menjelaskan tentang cara meningkatkan skor DA dengan cara mudah dan hanya dengan 1 cara. Tentu saja, dengan menggunakan cara ini saya dapatkan langsung dari ahlinya. Oleh karena itu, dengan menggunakan cara ini, mungkin DA tidak akan menjadi dilema lagi bagi blogger. Namun sebelum itu anda harus dapat memahami definisi istilah ini.

Domain Authority adalah skor peringkat mesin pencari yang dikembangkan oleh Moz yang dapat memprediksi seberapa baik sebuah situs web yang akan mendapat peringkat di halaman hasil mesin pencari (SERP).

Sementara skala skor DA berkisar dari 1 hingga 100, dengan semakin tinggi skor DA untuk situs web atau blog, maka semakin baik pula peringkat yang Anda dapatkan di SERP.  Jadi, untuk memeriksa skor DA Anda sendiri, Anda dapat menggunakan bantuan moz.com untuk versi gratis atau berbayar.

Namun, ada baiknya sebelum proses pemeriksaan alat pemeriksa authority domain, Anda harus tahu bagaimana Moz menentukan skor DA Anda? Apa faktor yang mempengaruhi berdasarkan kriteria MoZ? Hal ini penting untuk diketahui terlebih dahulu, agar Anda dapat meminimalisir kekecewaan jika ternyata hasil skor DA tidak sesuai dengan yang diinginkan.

Apakah Faktor yang Dapat Mempengaruhi Peningkatan Domain Authority?

Jelas, ada sejumlah faktor yang memberi pengaruh signifikan dalam penentuan skor kualitas suatu DA. Berikut faktornya.

Faktor yang Dapat Mempengaruhi Peningkatan Skor DA

Sebelum memikirkan lebih jauh tentang skor situs web Authority Domain apa yang ideal untuk berburu pekerjaan atau pandangan klien. Sebaiknya, pahami dulu faktor apa saja yang dapat mempengaruhi evaluasi moz dalam meningkatkan Authority domain, diantaranya:

Konten Berkualitas

Hal ini dapat disebut konten berkualitas jika konten tersebut informatif dan memiliki solusi. Selain itu, konten yang disajikan sangat mendalam, menarik, unik, dan akan selalu menjadi artikel yang menarik. Sementara jenis konten ini bisa menjadi gaya untuk meningkatkan Authority domain.

Jumlah Backlink Berkualitas

Backlink merupakan gabungan dari kata back dan link yang dapat diartikan sebagai link masuk atau lebih populer disebut link masuk (link masuk ke posting blog). Tautan balik bisa menjadi penting karena hal ini memiliki peran dalam meningkatkan peringkat situs kita.

Semakin banyak jumlah backlicks berkualitas yang mengarah ke blog Anda, maka semakin baik pula kualitas SEO, peningkatan pageRank, dan peningkatan jumlah pengunjung.

Umur Domain Authority

Sebuah domain layak untuk dinilai tinggi oleh google dalam hal usia domain itu sendiri. Semakin lama domain yang dikelola secara aktif dan konsisten oleh penggunanya, maka semakin besar kemungkinan domain tersebut akan memengaruhi peringkatnya dalam hasil penelusuran.

Optimasi SEO pada Halaman

Saat ini, banyak cara untuk melakukan SEO on page optimization, salah satunya yaitu berbicara tentang penggunaan kata kunci, external link dan internal link, Alt image. Sementara ulasan pada artikel ini akan membahas tentang cara cepat meningkatkan authority domain situs web Anda.

Optimasi SEO off-Halaman

SEO Off Page adalah teknik SEO yang lebih baik dalam pembuatan tautan, tautan balik, dan pemasaran media sosial. Dari beberapa poin penting di atas, hanya ada beberapa faktor yang dapat membantu dalam meningkatkan DA dari sebuah website atau blog pribadi.

Sementara dalam waktu 30 hari, kelas gratis Blogger authority domain Facebook, ternyata masih banyak faktor lain yang bisa diterapkan agar DA dapat meningkat dalam waktu sebulan.

Bagaimana Cara Meningkatkan Keberhasilan Domain Authority?

Ada beberapa cara untuk meningkatkan potensi keberhasilan sebuah Authority domain. Dan berikut kami bagikan informasinya untuk anda.

Cara Meningkatkan Keberhasilan DA

Hanya ada satu cara untuk meningkatkan Authority Domain. Namun cara yang satu ini memiliki keterikatan dalam beberapa cara yang akan saya bagikan. Jadi, Anda harus memahami secara detail tentang hal yang sudah saya jelaskan. Sementara langkah-langkah unutuk meningkatkan domain, harus dipraktekkan secara berurutan jika ingin DA Anda meningkat.

Memeriksa Kesehatan Situs Web atau Blog Pribadi

Cara pertama untuk meningkatkan Authority domain adalah dengan mengetahui kesehatan website atau blog pribadi Anda. Kesehatan yang dimaksud di sini tidak ada hubungannya dengan ilmu kedokteran. Tapi menekankan apakah tampilan website atau blog pribadi sudah 100% oke? Apakah template yang Anda gunakan untuk website atau blog termasuk dalam kategori template SEO friendly dan responsive?

Pahami Cara Kerja Google Analytics

Syarat mengikuti kelas Blogger Authority domain selama 30 hari adalah blogger harus sudah menautkan website dan blog masing-masing ke Google Analytics. Google Analytic atau sering disebut dengan GA oleh beberapa blogger termasuk alat yang ampuh untuk menampilkan laporan semua trafik website atau blog, mulai dari mesin pencari, iklan, langsung, hingga media sosial.

Dengan memahami cara kerja google analytics, Anda akan mengetahui siapa audiens setia blog, berapa usia mereka, apa minat mereka, di mana mereka membaca blog, tema apa yang paling disukai pembaca, dan lain sebagainya.

Sehingga hal ini akan memudahkan anda dalam menulis konten blog yang berkualitas dan konten yang mendapatkan trafik blog dengan cepat. Jika trafik blog (Authority halaman) memiliki nilai yang bagus, tentu hal ini tidak akan menutup kemungkinan Authority domain Anda untuk semakin meningkat.

Pelajari Cara Kerja Google Search Console

Apa kesamaan google analytics dan konsul pencarian google? Kesamaan dari kedua hal sama-sama menyediakan fitur untuk meningkatkan lalu lintas. Sedikit perbedaan diantara keduanya adalah google search console atau yang disebut GSC yang memiliki keunggulan yaitu dapat menganalisa kata kunci yang banyak dicari orang.

Sementara untuk meningkatkan Domain Authority, tidak hanya menggunakan cara itu saja.  Anda juga dapat mengetahui postingan mana yang dapat mendongkrak posisi pertama mesin pencari. Cara lainnya adalah dengan membuat artikel kita diindeks oleh Google. Trik jitu lainnya adalah dengan memasukkan peta situs di blog, menghapus konten, apakah blog kita dapat dilihat dengan sempurna di Google, berapa banyak kunjungan ke blog google kita, dan masih banyak lagi fitur lain yang memiliki fungsi dengan baik.