Ajakan untuk memakai produk lokal telah ada lama. Tetapi efeknya baru berasa sekian tahun terakhir. Khususnya saat wabah serang sampai ke beragam bidang ekonomi. Walau banyak usaha yang berhenti, kehadiran merek lokal malah semakin disukai. Merek lokal yang tetap banyak muncul dikatakan sebagai momen kebangunan perekonomian Indonesia. Karena keberadaan brandlokal bukan hanya menunjukkan nasionalisme, tapi juga berperanan penting dalam mengembalikan ekonomi warga.

Buat menolong akselerasi merek lokal di Indonesia, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Inovatif (Kemenparekraf) melangsungkan “Moment Animo Kreativitas Indonesia 2021”. Aktivitas ini sebagai program peningkatan ekonomi inovatif lewat kenaikan kemampuan dan pameran ke beberapa aktor ekonomi inovatif, khususnya pada subsektor kulineran, kriya, fesyen, musik, filem, animasi, program, dan permainan, yang hendak diadakan di 16 wilayah di Indonesia.

Balikpapan dipilih sebagai kota paling akhir yang tutup rangkaian aktivitas ini. AKI Balikpapan dikerjakan di tanggal 27-30 November 2021 di Hotel Grand Jatra dan Plaza Balikpapan. Selainnya di Balikpapan, Kawakibi Digital Branding dipercayai oleh Kemenparekraf menjadi tutor di Surabaya dan Lampung.

Beberapa peserta dituntun langsung oleh super tutor yang eksper di bagiannya. Satu diantaranya Prasetyo Adi yang memiliki account IG @prasetyo_adii, yang disebut merek activist sekalian founder Kawakibi Digital Branding. Dalam peluang itu dianya banyak menerangkan mengenai digital promotion. Menurut dia, hal paling penting saat sebelum lakukan digital promotion ialah membuat branddengan sebagus mungkin.

“Kami memahami jika banyak UKM yang belum paham dan mengerti mengenai digital promotion. Maka dari itu, kami memberi keterangan yang mendalam lewat frame-work branding tahap supaya peserta memahami bagaimana membuat merek, lakukan digital promotion sampai memperoleh keuntungan lewat customer setia,” tutur Adi, Jumat (3/12/2021).

 

Kawakibi Digital Branding yang berada di Sidoarjo, Jawa Timur ini, menolong merek lokal dan UKM secara penuh agar memiliki daya secara ekonomi. Beberapa praktisi UMKM dan merek lokal bisa juga manfaatkan diskusi gratis yang disiapkan oleh Kawakibi Digital Branding. “Untuk lakukan promo digital tidak asal promo, tapi dengan penyiapan yang masak dan terancang,” ungkapkan Adi.

Sesudah coba sarana diskusi gratis, Anda bisa pilih beragam service yang dijajakan, seperti design simbol professional, design packaging, design dan management Instagram dan pembikinan web.

Sumber: BeritaSatu.com