Selama menjalani bisnis rental mobil di Jakarta selatan seringkali kami menemui Perilaku bar bar para driver di jalanan yang menyebabkan arus lalu lintas bak hutan belantara. Ini bisa jadi disebabkan oleh kurangnya pengetahuan dalam berlalu lintas yang baik. Selain itu, etika dan minimnya informasi perihal perangkat dafault mobil membuat orang banyak salah kaprah dalam penggunaan nya.

stepdantrentcar.com rental mobil jakarta selatan

Satu diantara kesalahan umum yang sering dilakukan pengemudi adalah menyalakan lampu hazard bukan pada tempatnya. Berikut ini hal yang harus anda ketahui tentang pemanfaatan lampu hazard pada setiap mobil.

Hazard Lamp (lampu genting) Atau yang populer dengan sebutan lampu hazard ialah lampu yang hidup bertepatan saat tombol segitiga merah dipencet. Peranan intinya ialah sebagai sinyal bagi pengendara lain bahwa telah terjadi kondisi bahaya yang dirasakan oleh sopir.

Tetapi pada kenyataannya, banyak diketemukan penyimpangan pemanfaatan lampu hazard oleh supir. Ini selanjutnya tengah diusahakan oleh SATLANTAS POLRI  untuk mengkampanyekan penggunaan lampu tersebut secara baik dan sesuai tempatnya.

Kesalahan umum penggunaan Lampu Hazard

Memakai waktu hujan.

Ini cuman akan memusingkan sopir yang berposisi di belakang, sebab waktu lampu hazard dinyalakan, lampu sein sama sekali kehilangan fungsi sebagai tanda berberlok. Jika hujan tiba, seharusnya Sopir cukup waspada dan jangan menyalakan lampu hazard.

Kesalahan ini paling banyak dilakukan oleh pengendara mobil di Indonesia, Bisa jadi inilah alasan mengapa kelap kelip lampu kuning pada mobil menyala bersamaan saat hujan deras mengguyur.

Saat Melintasi Terowongan.

Misalkan mobil anda akan melintasi terowongan, Sebagi pengemudi yang baik anda tak perlu menyalakan hazard. Nyala atau tidak hazard pada mobil anda tidak akan memberikan dampak pada pengendara lain di belakang, Yang ada, cuman bikin pusing para supir mobil yang kebetulan berposisi di belakang mobil anda. Sebagai saran, Cukup menghidupkan lampu senja atau lampu khusus, sebab lampu merah ada di belakang mobil telah berpijar yang berarti memberikan sinyal jika ada mobil di muka.

Pada keadaan berkabut.

Satu lagi yang paling sering salah kaprah adalah saat melintasi jalan berkabut, Padahal lampu hazard sama sekali tidak disarankan dihidupkan Ketika sedang dalam kondis jalan berkabut, bila anda risau dengan keselamatan perjalanan sebaiknya berhenti dan menepi sampai kabut hilang. Kalaupun harus terus melaju cukup menghidupkan lampu kabut (fog lamp) yang warna kuning atau lampu khusus.

Dengan mengenali beberapa hal yang kami uraikan diatas, semoga membantu memberikan informasi perihal penggunaan lampu hazard untuk pengguna jalan agar lebih smart dalam mengemudikan kendaraan.