gejala kanker hatiGejala kanker hati perlu sekali untuk kita pahami, mengingat penyakit ini berada di posisi ke enam jenis kanker yang paling banyak menyerang. Dengan potensi kematian yang tinggi, tentu penting untuk memastikan kemunculan tanda tanda kanker hati sejak dini. Sebagaimana juga telah dijelaskan sebelumnya dalam deherba.com.

Kenapa Kanker Liver Ini Mematikan?

Kanker liver atau kanker hati berada dalam 5 besar kanker paling mematikan di dunia. Ada alasan mendasar mengapa kanker hati demikian mematikan. Salah satunya karena kompleksnya fungsi hati.

Sehingga ketika fungsi hati gagal berjalan, maka sejumlah efek samping akan terjadi dalam tubuh. Dan ini yang menyebabkan kematian. Seketika hati gagal fungsi, maka pasien akan mengalami masalah penumpukandalam tubuh karena filter dan fungsi pembuangan terganggu.

Pasien juga mengalami gangguan metabolisme, pembentukan dan penyimpanan energi. Hati juga akan berperan pada imunitas, fungsi sirkulasi dan fungsi hormonal. Ini yang akan menyebabkan kondisi pasien kanker hati menjadi lemah lebih cepat dari pasien kanker lain.

Kenali Gejala Kanker Hati

Kebanyakan kasus kanker hati diawali oleh sejumlah kerusakan seperti infeksi, penurunan fungsi dan peradangan hati. Jadi biasanya pasien akan merasakan efek kerusakan ini jauh sebelum kanker terbentuk. Hanya saja kebanyakan orang tidak sepenuhnya menyadari munculnya gejala yang mengarah pada kanker hati.

Mereka yang tengah mengalami gangguan hati biasanya akan mengeluhkan efek kembung dan nyeri terus menerus di perut kanan. Kadang muncul keluhan mual, gatal gatal, kehilangan nafsu makan, tubuh seolah sering masuk angin dan kadang muncul keluhan jaundisme atau kuning.

Sedang pada gejala kanker hati, berikut sejumlah gejala yang perlu diwaspadai.

Pembengkakan perut

Sebagaimana pada kasus gangguan hati lain, gejala kanker hati ditandai dengan pembengkakan pada perut. Perut tampak buncit, tetap terasa padat, tidak bisa dicubit. Karena bila bisa dicubit artinya itu adalah buncit karena lemak. Kadang terlihat jelas bentuk perut tidak simetris, menonjol ke arah kanan.

Muncul kram perut

Bila juga ditemukan keluhan seperti kram perut yang kerap datang pergi. Atau rasa tekanan yang kuat dan menyakitkan di perut kanan sebaiknya Anda juga menaruh curiga. Bisa jadi ini adalah tanda perkembangan peradangan akibat invasi kanker di hati.

Jaundisme berat

Setiap keluhan pada hati selalu disertai dengan gejala kuning. Termasuk pada kanker hati. Ini akibat tubuh gagal membuang cairan bilirubin dengan optimal karena kerusakan dari hati. Namun pada kasus kanker hati, jaundisme akan terlihat lebih jelas.

Terbentuk edema

Akibat dari kanker hati, maka fungsi ginjal akan turut terganggu. Akibatnya fungsi sirkulasi darah dalam tubuh terganggu. Cairan akan banyak tertahan di kaki, perut dan tangan. Hingga edema yang serius pada area ini. Edema bukan bengkak biasa, karena akan membekas ketika ditekan.

Perdarahan

Ciri-ciri kanker hati lain adalah mudahnya pembuluh darah pecah, sehingga pasien bisa sewaktu-waktu mengalami mimisan dan perdarahan lokal. Tubuh sering lebam tanpa alasan dengan ukuran lebam cukup besar.

Feses dan urin pucat

Karena bilirubin tidak dapat disalurkan menuju pembuangan, maka urin dan feses tidak mengandung bilirubin sehingga terlihat pucat. Akan tetapi dalam beberapa waktu pasien bisa dengan mudah menemukan darah pada urin dan feses karena efek mudahnya pasien mengalami pecah pembuluh darah.

Lelah dan penurunan berat badan

Tingginya kadar toksin dan menurunnya metabolisme tubuh membuat pasien mengalami efek toksin yang serius dan masalah mal nutrisi. Menimbulkan gejala kanker hati seperti tampak lemah, pucat dan selalu merasa tubuh tidak cukup sehat dan bugar.