Ikan hias koi merupakan salah satu jenis ikan hias yang menjadi simbol khusus cinta dan persahabatan bagi masyarakat Jepang. Ada juga yang beranggapan bahwa ikan koi adalah ikan hias yang dapat membawa keberuntungan dan rejeki. Namun pada umumnya ikan hias koi dapat berperan sebagai ikan hias yang dapat menambah keindahan eksterior rumah.

Ikan koi ini merupakan jenis ikan hias yang sangat menarik karena memiliki warna tubuh yang cukup bagus dan tampilan yang jernih. Usaha budidaya ikan ini sangat mudah karena perawatannya yang sederhana dan mudah. 

 

Modal kerja untuk memulai bisnis ini juga tidak mahal, dengan modal yang cukup sesuai budget Anda, Anda sudah bisa memulai bisnis ini. Karena memang Harga Koi untuk saat ini masih terbilang cukup stabil dan ada beberapa jenis yang masih terbilang mahal,untuk beberapa jenis tertentu

Apakah kamu tahu? bahwa sebenarnya ikan koi masih kerabat dekat ikan mas atau gurame. Maka tak heran jika di negeri matahari terbit ikan KOI disebut gurame sulam emas.

 

Di satu sisi ikan koi ini memiliki warna yang cantik dan jenis yang cukup banyak, harga jual ikan koi ini juga relatif lebih mahal dan tidak kalah dengan jenis ikan hias lainnya seperti ikan louhan atau arwana banyak orang. ada yang sukses berbisnis di bidang ikan koi dan ada juga yang merasa rugi.

 

Kerugian ini disebabkan oleh beberapa faktor, dan yang sering menjadi masalah dalam budidaya koi adalah kurangnya pengetahuan tentang ikan koi itu sendiri, baik dari segi pemilihan indukan maupun saat ikan koi sakit. Nah, untuk meminimalisir kejadian seperti itu, alangkah baiknya jika Anda, terutama orang awam, menyempatkan diri sejenak untuk melihat tulisan yang akan admin uraikan di bawah ini.

Alasan bisnis untuk Koi

Alasan pertama berbisnis dengan ikan koi bisa dilihat dari sisi ekonomi atau juga dari sisi pendapatan. Jenis ikan koi yang mana merupakan salah satu ikan hias yang memiliki harga yang sangat mahal selama ini. Untuk ikan koi dengan corak yang cantik akan dibandrol dengan harga selangit, bahkan ada ikan koi yang dibandrol dengan harga sekitar 20 juta rupiah.

Alasan kedua mengapa perdagangan ikan koi ada adalah dari faktor pasar. Ya, faktor kedua ini cukup menentukan untuk sebuah bisnis di bidang ikan koi, dan cukup mengesankan dan sangat bagus dalam jangka panjang, terutama di Indonesia sendiri, saat ini masih banyak peminat ikan koi yang permintaannya tidak pernah berkurang. Seperti yang telah dijelaskan di atas, ada salah satu daerah di wilayah Jawa Timur yang dikenal sebagai sentra bisnis dan budidaya ikan koi, yaitu di Kabupaten Kediri yang tidak hanya menjual di dalam negeri, namun bahkan hingga merambah pasar global.

Pada saat yang sama, bisnis ikan koi berkembang pesat dan kualitas produksi yang dihasilkan tidak hanya untuk pasar global, tetapi juga untuk pasar ikan koi lokal, juga terus menunjukkan kemajuan positif dari waktu ke waktu.

Selain itu, para peminat ikan koi ini terus berburu dari tahun ke tahun, mencari jenis ikan koi dengan variasi corak yang cukup banyak untuk melengkapi koleksi koi mereka. Banyak juga orang yang tergolong awam yang sangat menyukai ikan koi ini, dan dalam hal apapun hanya digunakan untuk penghias kolam di taman rumah atau bisa juga digunakan untuk penghias kolam di dalam rumah. juga di tempat-tempat umum.

Memulai usaha sampingan ikan koi hias.

 Jika Anda tertarik untuk membudidayakan ikan koi, bandingkan dulu keuntungan dari beternak koi atau pilih budidaya ikan koi. Sekadar catatan, bisnis di bidang budidaya ikan hias ini akan menghasilkan potensi keuntungan yang menjanjikan dan juga memiliki prospek yang lebih besar. Karena lebih mementingkan kualitas, jenis ikan koi hias ini juga dibandrol dengan harga yang cukup mahal dan biasanya bisa mencapai ratusan ribu per ekor, tergantung jenis dan ukuran yang Anda pilih. Sedangkan harga ikan konsumsi per kilo. Dengan perbandingan seperti itu, maka harga jual ikan hias jauh lebih mahal daripada ikan konsumsi.

 

Konsumen yang sudah menyukai jenis ikan hias ini rela membayar lebih mahal, murni untuk menyalurkan kesenangannya. Karena tidak mengejar kuantitas, budidaya ikan hias ini tidak membutuhkan tempat komersial yang besar. Anda juga tidak harus bekerja keras untuk membangun kolam ikan yang besar, cara memelihara ikan hias koi ini juga hampir sama dengan memelihara ikan konsumsi bahkan relatif lebih sederhana dan cenderung efisien.

 

Hal ini juga berlaku untuk pemeliharaan ikan koi. Jenis ikan koi apa yang bisa Anda pelihara di kolam semen atau kolam tanah? Bagaimanapun, untuk membuat kolam ikan koi ini, buatlah kolam dengan panjang sekitar 2 meter dan lebar 3 meter, yang cukup untuk berenang ikan koi.

 

Agar tidak menghambat pertumbuhan dan tidak merusak warna punggung ikan koi, sebaiknya kedalaman kolam hanya 50-100 sentimeter. Untuk mencegah ikan koi melompat, jarak dari air ke tepi kolam minimal 30 sentimeter. Jangan lupa untuk membuat saluran air di bawah kolam dan mengalirkan air bersih dari atas dengan pipa.

 

Desain pembuatan kolam koi tentunya sangat erat kaitannya dengan distribusi air. Selain memperhatikan estetika pada kolam, Anda juga harus memperhatikan perencanaan mengenai distribusi air bersih pada kolam. Pengelolaan air merupakan hal yang sangat penting. Distribusi air yang baik harus dapat mengalirkan air bersih ke seluruh tambak. Selain itu, pastikan bahwa pipa penghubung dengan sistem filter juga dipikirkan dengan baik. Desain kolam yang baik membuat penggunaan pompa air lebih efektif.

 

Air yang sesuai sangat dibutuhkan untuk menjaga pertumbuhan ikan koi. Keasaman (pH) berkisar antara 6 sampai 8. Sirkulasi air menggunakan pompa yang mampu mengalirkan air sebanyak 25 liter per menit. Untuk penyaringan air, ia menggunakan tahapan penyaringan yang berbeda.

Kedalaman Kolam Ikan Koi

Sebagian orang mungkin berpikir bahwa untuk menikmati keindahan ikan Koi, mereka mengira bisa membuat kolam Koi yang dangkal, yaitu antara 30cm dan 50cm, sehingga ikan Koi bisa terlihat dengan sangat mudah, pendapat seperti itu sebenarnya sah-sah saja, tapi Jenis kolam dengan kedalaman yang dangkal, akan membuat ikan koi tidak dapat tumbuh dengan optimal.

Jika ikan koi ukuran jumbo dipelihara di kolam dengan kedalaman yang dangkal, maka tubuh ikan koi secara bertahap akan menekuk sehingga unsur keindahan pada tubuh ikan koi berkurang.

Solusinya adalah dengan membuat kolam Koi dengan kedalaman yang cukup, namun disini sekali lagi kondisi air harus selalu bersih dan juga terlihat jernih sehingga walaupun kolam Koi sangat dalam, kita hanya bisa melihatnya dari kejauhan.