Ibadah haji merupakan rukun islam yang kelima dan menjadi cita-cita oleh setiap umat muslim. Namun, sayangnya calon jamaah haji harus menunggu antrean dalam waktu yang lama untuk dapat menunaikan ibadah haji. Bagi Anda yang naik haji tanpa menunggu terlalu lama, haji plus adalah solusinya, pasalnya, antrean haji plus tidak terlalu lama seperti halnya antrean haji reguler.

Haji plus adalah program pemberangkatan jamaah haji yang dilakukan oleh pihak swasta atau disebut juga Penyelenggara Ibadah Haji Khusus (PIHK). Meskipun begitu, seluruh aktivitas layanan haji plus tetap dalam pengawasan Kementerian Agama Republik Indonesia.

 

Perbedaan Haji Plus dan Haji Reguler

Lalu, apa saja perbedaan antara haji plus dan haji reguler? Berikut diantaranya.

 

Masa tunggu

Hal pertama kenapa haji plus adalah solusi bagi Anda yang ingin naik haji dengan cepat adalah perbedaan masa tunggu. Masa tunggu haji reguler adalah 10 hingga 30 tahun. Sedangkan masa tunggu antrean haji plus hanya sekitar 5 hingga 7 tahun saja. Jadi haji plus dapat menjadi pilihan jika Anda ingin segera menunaikan ibadah haji.

 

Penyelenggara

Telah disinggung sebelumnya bahwa penyelenggara haji reguler adalah pemerintah RI, sedangkan penyelenggara haji plus adalah pihak swasta. Namun tidak perlu khawatir, meskipun penyelenggaranya adalah pihak swasta, perusahaan travel haji tersebut sudah memiliki izin resmi dari Kementerian Agama sehingga tetap mengikuti peraturan pemerintah.

 

Biaya

Karena waktu keberangkatan yang lebih cepat, program haji plus tentu memerlukan biaya yang lebih besar. Pada program haji reguler biaya yang diperlukan adalah sekitar 40 juta, sedangkan jika Anda memilih program haji plus maka harus menyiapkan biaya sekitar 150 hingga 160 juta.

 

Fasilitas dan jarak hotel

Jarak hotel pada program reguler biasanya agak jauh dari Masjidil Haram. Pada program haji plus, Anda akan mendapatkan fasilitas di hotel bintang 5 dan jarak dengan Masjidil Haram tidak terlalu jauh.

 

Jangka waktu ibadah

Pada program ibadah haji reguler akan memerlukan waktu selama 40 hari. Namun jika Anda memilih program haji plus hanya akan memakan waktu maksimal 26 hari untuk kelompok Arbain di Masjid Nabawi.

 

Itulah beberapa informasi yang perlu Anda ketahui mengenai program haji plus beserta perbedaannya dengan haji reguler. Selain antrean haji plus yang lebih singkat, Anda juga bisa mendapatkan fasilitas lebih baik saat wukuf di Padang Arafah, yaitu fasilitas Kasur yang nyaman pada tenda. Jika Anda tertarik untuk berangkat haji dengan program haji plus, percayakan transaksi pembayaran hanya di https://sembilankita.com/.