Siapa yang tak tergiur dengan bisnis dengan potensi omset yang capai angka ratusan juta rupiah? Ada cukup banyak pilihan bisnis dengan omset seperti yang disebutkan di atas. Salah satunya adalah bisnis jual bibit ikan murah, tepatnya bibit ikan air tawar.

Lantas, apa yang perlu kita siapkan untuk memulai bisnis jual benih ikan dengan produk yang berkualitas? Tak banyak hal yang perlu disiapkan. Hanya beberapa saja yang wajib kita jadikan sebagai modal awal atau modal dasar untuk merintis bisnis pendederan ikan air tawar. Berikut kami bagikan informasinya untuk Anda.

Jual Bibit Ikan Air Tawar yang Mudah dan Miliki Nilai Jual Tinggi

Salah satu hal penting yang wajib menjadi perhatian ketika kita akan mulai merintis bisnis jual bibit ikan murah adalah pengetahuan seputar jenis ikan air tawar yang akan dijual. Jenis ikan air tawar di Indonesia begitu banyak. Namun tak semua jenis ikan air tawar ini digemari oleh masyarakat kita. Hanya ada sebagian kecil saja yang dikonsumsi karena diklaim memiliki rasa yang enak dan gurih. 

Tak semua jenis ikan air tawar yang hidup di perairan Nusantara juga memiliki nilai jual yang tinggi. Hanya ada beberapa saja yang mempunyai nilai jual tinggi dan berpotensi hasilkan omset ratusan juta rupiah. Lantas, jenis ikan air tawar apa sajakah yang dimaksud? Berikut daftarnya. 

Jual Bibit Ikan Lele 

Jenis ikan air tawar yang satu ini memang sangat populer. Bahkan menjadi jenis ikan air tawar yang paling diminati oleh masyarakat kita. Selain harga jual bibit ikan lele sangat murah, rasa ikan yang memiliki kumis ini juga terkenal gurih. Dagingnya juga banyak dan empuk. Duri yang tertanam pada tubuh ikan lele ini juga tak banyak; aman untuk dikonsumsi oleh semua kalangan usia, bahkan anak-anak. Kandungan nutrisi pada ikan lele sangat lengkap sehingga sangat baik untuk perkembangan otak dan pertumbuhan anak. 

Anda masyarakat jogja yang berminat untuk mencoba bisnis jual bibit ikan murah seperti bibit ikan lele ini, pastikan anda membeli bibit di suplier bibit dan benih ikan lele yang tepat dan kredibel. Tujuannya adalah agar benih atau bibit ikan lele yang sudah anda beli tetap berkualitas. 

Jual Bibit Ikan Nila

Salah satu keunggulan dari jual bibit ikan nila adalah pertumbuhannya yang sangat cepat. Dengan keunggulan ini, ikan nila dewasa dapat dipanen hingga beberapa kali dalam setahun. Alhasil, kuantitas ikan nila dewasa yang dapat dijual pun besar dan potensi omset yang didapat juga besar. 

Keunggulan dari jual bibit ikan murah, terutama bibit ikan nila ini adalah perawatannya yang mudah alias tak perlu ada perawatan khusus untuk hasilkan ikan nila dewasa yang berkualitas. Anda, para pemula yang ingin menekuni bisnis jual bibit ikan nila pun dapat mencobanya tanpa harus cemas akan gagal. 

Mungkin ada beberapa hal yang wajib anda perhatikan ketika akan mulai merintis bisnis jual bibit ikan nila. Misalnya saja kualitas air pada kolam pendederan, jenis kolam pendederan, pakan untuk bibit ikan nila, suhu air, dan lain sebagainya. 

Jual Ikan Gurame

Varian ikan air tawar yang satu ini biasa hidup di perairan rawa-rawa. Ikan gurami ini juga dapat hidup di di sungai dan kolam buatan seperti kolam-kolam budidaya. Nah, soal perawatan dan pemeliharaan, ikan gurami ini masuk dalam kategori jenis ikan air tawar yang sangat mudah dibudidayakan, sangat cocok buat kalian yang minat bisnis jual bibit ikan gurame berkualitas. 

Kemudian dari segi keunggulan non-teknis, ikan gurami menawarkan banyak keunggulan lainnya. Sebut saja dari aspek kandungan nutrisinya yang superlengkap sehingga sangat baik untuk kesehatan. Ada juga dari aspek nila jual yang tinggi plus jumlah peminatnya yang tak sedikit. 

Jual Ikan Nila

Begitu juga dengan ikan nila. Bisa dibilang jenis ikan air tawar yang satu ini adalah nomor dua terpopuler setelah ikan lele. Meski dagingnya tak setebal ikan lele, rasa gurih dan tekstur empuk daging ikan nila ini menjadikan ikan nila ini begitu disukai oleh masyarakat. Apalagi jika diolah dengan olahan resep khas Nusantara; sudah pasti akan siap menggoyang lidah anda semua.

Melihat banyaknya masyarakat yang menyukai ikan nila, rasa-rasanya anda akan cepat mendapat untung dengan melalui bisnis jual bibit ikan murah, tepatnya bibit ikan nila. 

Untuk memulai bisnis jual bibit ikan nila ini, ada baiknya anda jalin kerjasama  dengan dinas terkait setempat plus supplier bibit dan benih ikan air tawar terdekat. Hal ini sangat penting agar selain anda akan mendapat pengetahuan dasar bagaimana cara mengembangkan bisnis jual bibit ikan murah secara benar dan menguntungkan, anda juga dapat bermitra dengan supplier bibit/ benih ikan air tawar tersebut.