Apabila Anda sering menelusuri berita pendidikan nasional terkini, pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah pendidikan non formal. Ya, istilah pendidikan non formal memang sering dibahas dalam berita pendidikan nasional terkini karena merupakan salah satu aspek penting dalam dunia pendidikan secara keseluruhan.

 

Berita Pendidikan Nasional Terkini mengenai Pendidikan Non Formal

Pendidikan non formal mengacu pada pendidikan yang terjadi di luar sistem sekolah formal. Dalam berita pendidikan nasional terkini, pendidikan non formal sering disebut juga sebagai community education, lifelong education atau second-chance education. Ini mengacu pada berbagai inisiatif pendidikan di masyarakat, mulai dari pembelajaran berbasis rumah hingga skema pengembangan keterampilan khusus. Secara garis besar, pendidikan non formal biasanya mencakup kursus terakreditasi yang dijalankan oleh lembaga pemerintah, swasta, atau lembaga sosial masyarakat.

Karena pendidikan non formal itu beragam, unsur ini memiliki banyak aspek yang sama dengan unsur pendidikan lainnya, khususnya belajar sepanjang hayat (lifelong education). Untuk tujuan pedoman ini, elemen ini berfokus pada pendidikan non-formal untuk anak-anak dan remaja di luar sistem sekolah reguler.

Meskipun pendidikan non formal sering dianggap sebagai pilihan terbaik kedua setelah pendidikan formal, perlu dicatat bahwa pendidikan nonformal dapat memberikan pedidikan berkualitas lebih tinggi atau setara dengan yang tersedia di sekolah formal. Dalam konteks ini, pendidikan non-formal dapat menjadi persiapan, pelengkap atau alternatif yang sangat baik untuk sekolah formal bagi semua orang.

 

1. Karakteristik Pendidikan Non Formal

·         Menawarkan pembelajaran yang fleksibel sesuai dengan kemampuan siswa

·         Tidak perlu mengikuti jadwal dan silabus

·         Meningkatkan keterampilan praktis dan teknis

·         Melayani semua kelompok umur

·         Siswa dapat memilih dari pembelajaran penuh waktu atau paruh waktu

 

2. Keuntungan Pendidikan Non Formal

·         Fleksibilitas dengan usia, waktu dan minat pribadi

·         Fokus pada kemampuan praktis dan teknis

·         Biaya dan sertifikat mungkin atau mungkin tidak diperlukan

·         Mempromosikan kemampuan individu

·         Meningkatkan perhatian dan partisipasi siswa karena lebih terlibat dengan literasi tertentu

 

Akhir Kata

Demikianlah tadi penjelasan lengkap mengenai pendidikan non formal. Bagi Anda yang tertarik untuk mendapatkan berita pendidikan nasional terkini lainnya yang tak kalah menarik, Anda bisa dengan mudah mengaksesnya di situs terbaik seperti https://www.depoedu.com/. Dengan mengakses situs ini, Anda bisa mendapatkan ragam informasi dan berita pendidikan nasional terkini yang lengkap dan akurat hanya melalui satu situs saja.