Manggis adalah buah kecil berwarna ungu dari Asia Tenggara. Manggis memiliki kulit luar yang keras dan daging yang manis, putih, serta berair. Orang mengatakan bahwa rasanya seperti campuran leci, persik, stroberi, dan nanas.

Buah ini umumnya tumbuh di Asia. Di negara-negara ini, orang mengkonsumsinya dengan di olah menjadi jus buah manggis.

Manggis segar sulit ditemukan di Amerika Serikat karena dua alasan.

Pertama, pohon manggis membutuhkan iklim tropis sepenuhnya dan banyak waktu untuk tumbuh. Peternakan kecil di Hawaii dan Puerto Rico, dimulai pada 90-an, baru sekarang mulai berbuah.

Kedua, manggis segar dapat membawa  hama atau serangga yang dapat mengancam ekosistem. Artinya, importir manggis harus mensterilkan buahnya sebelum masuk ke dalam negeri. Hal tersebut terkadang mempengaruhi kualitas, rasa, atau umur simpan.

Manfaat manggis

Manggis memiliki banyak manfaat. Hal ini karena manggis mengandung berbagai senyawa dan zat yang baik untuk kesehatan manusia.

Khasiat buah manggis antara lain :

Bergizi tinggi

Menurut departemen pertanian di amerika serikat , semua buah memberikan nutrisi yang penting untuk kesehatan yang baik. Hal ini juga membuat HNI HPAI membuat produk herbal yang berbahan dasar manggis yaitu Kopi 7 Elemen Hpai

Satu cangkir manggis kalengan yang dikeringkan memiliki kandungan;

·         143 kkal

·         35.1g karbohidrat

·         3,53g serat makanan

·         23.5mg kalsium

·         94.1mg potasium

·         5.68mg vitamin C

Sebagian besar buah-buahan, termasuk manggis, memiliki kandungan lemak, natrium, dan kalori yang rendah, membantu orang mempertahankan berat badan yang ideal. Manggis juga rendah akan kandungan kolesterol sehingga aman di konsumsi oleh penderita kolesterol.

Buah manggis juga merupakan sumber nutrisi yang baik, seperti:

·         potasium, mineral yang dibutuhkan untuk membantu memelihara tekanan darah

·         serat makanan, yang membantu memelihara Kesehatan pencernaan

·         vitamin C, yang membantu dalam proses penyembuhkan luka

Mengandung antioksidan

Antioksidan memiliki kemampuan untuk melawan radikal. Radikal bebas dapat menyebabkan masalah kesehatan termasuk: penyakit jantung, kanker dan katark. Studi menunjukkan bahwa manggis mengandung antioksidan. Satu studi yang dilakukan pada tahun 2015 menganjurkan 30 orang meminum minuman berbahan dasar manggis setiap hari selama 30 hari. 

Pada akhir 30 hari, kelompok manggis memiliki 15%banyak antioksidan dalam aliran darah mereka daripada kelompok lain.

Antiinflamasi

Peradangan adalah bagian normal dari sistem kekebalan tubuh. Ini adalah cara tubuh mengeluarkan zat asing, seperti bakteri, virus, atau bahan kimia.

Terkadang, peradangan terjadi secara tidak perlu. Hal tersebut dapat memicu masalah kesehatan seperti:

·         kanker

·         penyakit jantung

·         diabetes

·         radang sendi

·         depresi

·         alzheimer

Dalam studi tahun 2015 yang diuraikan di atas, para ilmuwan menemukan bahwa manggis juga dapat bertindak sebagai anti-inflamasi. Mereka menyimpulkan ini dengan mengukur protein C-reaktif, zat yang menandakan tingkat peradangan. Selama 30 hari penelitian, kadar protein ini pada kelompok manggis berkurang sebanyak 46%.

manggis berperan sebagai:

metratrim, senyawa yang juga mengandung Sphaeranthus indicus dan dapat membantu orang yang mengalami obesitas atau kelebihan berat badan

gel dengan 4% manggis dapat membantu mengatasi gigi goyang dan pendarahan pada orang dengan penyakit gusi serius.