Kedelai dikenal sebagai salah satu sumber protein nabati terbaik. Oleh karena itu, beragam macam olahannya jamak dikonsumsi masyarakat Indonesia. Sebut saja, tahu, tempe, susu kedelai, kecap, dan lain sebagainya Tips Agar Wajah Selalu Glowing.

Selain dikonsumsi sebagai pemasok protein, kedelai terhitung kerap dimanfaatkan untuk perawatan kulit wajah. Lantas, bagaimana respon medis soal kegunaan masker kedelai untuk kulit wajah?

Mengenal Kandungan Gizi dalam Kedelai
Kedelai mempunyai kandungan protein, karbohidrat, dan lemak baik. Selain itu, bahan nabati ini terhitung kaya beragam vitamin, mineral, dan senyawa Isoflavon yang diduga berfaedah untuk kesehatan jantung.

Mengutip berasal dari Healthline, tersebut ini adalah kadar gizi dalam 100 gram kedelai rebus:

-16,6 gram protein
-9,9 gram karbohidrat
-3 gram gula
-173 kalori
-63 prosen air.
-6 gram serat
-9 gram lemak.

Kandungan lemak dalam kedelai punya rincian sebagai berikut:

-1,3 gram lemak jenuh
-1,98 gram lemak tak jemu tunggal
-5,06 gram lemak tak jemu ganda
-0,6 gram omega-3
-4,47 gram omega-6.

Mengungkap kegunaan Kedelai untuk Kulit Wajah
Memang kedelai sanggup berfaedah baik bagi kulit. Sekarang terhitung banyak dikembangkan ekstrak kedelai (glycine soja) sebagai bahan dalam produk perawatan wajah
Lalu, apa saja kegunaan kedelai untuk kulit wajah? Berikut lebih dari satu di antaranya:

 

1. Dapat Mengurangi Peradangan

Paparan cahaya matahari sanggup menyebabkan peradangan atau kemerahan terhadap kulit. Tentu saja hal tersebut sanggup mengganggu kenyamanan dan menurunkan rasa percaya diri.

Masker ekstrak kedelai sanggup menjadi solusi menangani rasa sakit akibat peradangan. Hal ini berkat salah satu kandungannya, yang diketahui berwujud antiradang.

 

2. Memperbaiki Tekstur Kulit

Kandungan kedelai sanggup menghasilkan kolagen yang sanggup menopang memperbaiki tekstur kulit wajah.

Penggunaan masker kedelai terhitung sanggup memelihara elastisitas kulit. Alhasil, kulit akan kelihatan lebih halus, menyusut kerutannya, dan mengecil pori-porinya.

 

3. Membuat Kulit Tampak Lebih Cerah

Kedelai kaya akan senyawa antioksidan, layaknya isoflavon. Senyawa tersebut sanggup memberikan efek mencerahkan dan memelihara kulit berasal dari ancaman radikal bebas.

Selain itu, kedelai terhitung sanggup menahan produksi melanin berlebih. Dengan demikian, produk nabati ini sanggup menahan munculnya noda atau flek hitam yang mengganggu di wajah.

 

4. Menunda Penuaan Dini

Seiring bertambahnya usia, tubuh manusia akan kehilangan hormon untuk mempertahankan elastisitas kulit, yakni estrogen. Nah, kedelai sanggup menjadi solusi atas masalah tersebut.

Kedelai mempunyai kandungan fitoestrogen yang langkah kerjanya sama bersama zat estrogen dalam tubuh manusia. Karena itu, manfaatkan masker kedelai sanggup menahan tanda-tanda penuaan, layaknya keriput, pergantian warna kulit, munculnya garis-garis halus, dan lain sebagainya.

Tips Pakai Masker Kedelai untuk Wajah
Menurut dr. Arina, perlu teknik pengolahan spesifik untuk memperoleh ekstrak kedelai yang kaya akan manfaat.

“Untuk DIY (do it yourself) masker sendiri mungkin sanggup juga. Tapi lama untuk memperoleh manfaatnya,” tutur dr. Arina.

Untuk pemanfaatan masker sendiri, Anda sanggup manfaatkan kedelai kering yang udah dihaluskan dan dicampur air.

Aplikasikan terhadap muka dan diamkan selama 15 sampai 20 menit. Setelah itu, bilas bersama air bersih.

Mulailah bersama kadar kedelai yang lebih sedikit, guna menahan mungkin efek samping merugikan. Jika ingin lebih aman, konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter sebelum akan manfaatkan masker kedelai.