Doa Nabi Sulaiman untuk Menjinakkan Hewan dan Jin

Seperti sebuah kisah yang ada didalam Al-Quran Nabi Sulaiman ini adalah seorang nabi yang memiliki kekayaan dan juga sebuah kekuasaan. Saking kayanya nabi sulaiman ini beliau memiliki istana yang megah yang bagunannya di lapisi dengan emas dan juga permata.

Bukan Cuma itu saja oleh Allah SWT Nabi Sulaiman juga diberi sebuah anugera supaya bisa bicara dengan jin dan juga di binatang yang ada di bumi. Sehingga nabi sulaiman ini bisa mengerti dan berkomunikasi dengan keduanya.

Pengikut dari nabi sulaiman ini bukan hanya manusia tapi jin dan juga hewan ada yang menjadi pengikutnya. Jadi tidak heran lagi jika pada semasa beliau hidup Nabi Sulaiman ini punya julukan “Raja Segala Makhluk”

 

Doa nabi sulaiman dan amalannya yang selalu beliau lakukan

  • Supaya diberi kekayaan dan juga kejayaan

Nabi sulaiman ini cukup terenal karena sosoknya yang kaya raya dan juga dermwan pada saat ini. Semua yang beliau miliki ini tidak beliau nikmati sendirian, tapi beliau membagikannya kepada semua mahluk yang sedang membutuhkan. Kekayaan yang beliau dapatkan tentunya tidak lepas dari doa dirinya kepada Allah SWT, beliau selalu berdoa untuk diberikan karua dan juga kekayaan yang melimpah. Beliau selalu memanjatkan dia ini kepada Allah SWT supaya bisa di berikan kelancaran dalam rejeki: “Qāla rabbigfir lī wa hab lī mulkal lā yambagī li`aḥadim mim ba’dī, innaka antal-wahhāb”

Artinya: Ya Tuhanku, ampunilah aku dan anugerahkanlah kepadaku kerajaan yang tidak dimiliki oleh seorang jua pun sesudahku, sesungguhnya Engkaulah Yang Maha Pemberi. (Qs. Shad: 35)

  • Mensyukuri nikmat Allah

Walaupun beliau ini sudah jadi orang yang kaya tetapi beliau selalu bersyukur dengan segala nikmat yang telah diberikan oleh Allah kepadanya. Nabi sulaiman ini menyadari jika semua nikmat yang dia miliki ini asalnya dari kasih sayang yang telah di berikan oleh Allah kepadanya, jadi jika kita sebagai manusia tidak bisa bersyukur kepada Allah dari nikmat dan juga berkat dalam hidup ini maka kita akan jadi manusia yang sombong. Ini doa yang biasa beliau baca: “Wa laqad ātainā dāwụda wa sulaimāna ‘ilmā, wa qālal-ḥamdu lillāhillażī faḍḍalanā ‘alā kaṡīrim min ‘ibādihil-mu`minīn”

Artinya: Dan sesungguhnya Kami telah memberi ilmu kepada Daud dan Sulaiman; dan keduanya mengucapkan: “Segala puji bagi Allah yang melebihkan kami dari kebanyakan hamba-hambanya yang beriman”. (Qs. An Naml: 15)

  • Doa untuk menjinakkan hewan serta jin

Nabi sulaiman ini punya beberapa keistimewaan jika kita bandingkan dengan nabi yang lain, salah satunya adalah kemampuan beliau untuk bicara dengan hewan serta jin. Maka dari itu nabi sulaiman ini memiliki pasukan yang isinya adalah jin dan juga hewan. Untuk bisa menjinakan jin dan juga hewan ini nabi sulaiman selalu berdoa  kepada Allah SWT supaya bisa di berikan kemudahan dan jalan. Ini dia doa yang biasa nabi sulaiman baca saat dia akan menjinakan hewan dan juga jin “Innahụ min sulaimāna wa innahụ bismillāhir-raḥmānir-raḥīm” Artinya: Sesungguhnya surat itu, dari SuIaiman dan sesungguhnya (isi)nya: “Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang. (Qs. An Naml: 30 ). Satu lagi ada “Allā ta’lụ ‘alayya wa`tụnī muslimīn” Artinya: Bahwa janganlah kamu sekalian berlaku sombong terhadapku dan datanglah kepadaku sebagai orang-orang yang berserah diri. (Qs. An Naml: 31)