Pembangunan infrastruktur di Indonesia saat ini sedang dilakukan dalam skala besar dan di banyak daerah. Pembangunan ini tentu membutuhkan bantuan dana untuk pembiayaan dan investasi. PT SMI adalah salah satu lembaga pembiayaan pembangunan Indonesia. Berikut adalah 3 macam lembaga pembiayaan di Indonesia yang perlu anda ketahui. 

3 Macam Lembaga Pembiayaan Pembangunan yang Ada di Indonesia

  1. Perusahaan Pembiayaan

Indonesia sedang melakukan banyak proyek pembangunan infrastruktur di berbagai daerah. Pembangunan proyek infrastruktur ini tentu akan membutuhkan asupan dana yang tidak sedikit. Tak hanya dari sumber dana APBN dan APBD, namun dana juga bisa dari pinjaman swasta, seperti Perusahaan Pembiayaan yang sudah banyak ada di Indonesia. 

Perusahaan Pembiayaan ini adalah sebuah badan usaha yang khusus didirikan untuk melakukan kegiatan seperti Sewa Guna Usaha, Pembiayaan Konsumen, Anjak Piutang, hingga kegiatan usaha Kartu Kredit. Berbagai macam jenis pembiayaan ini akan bisa disesuaikan denga kebutuhan masing masing bisnis modal customer. 

Sebagai salah satu lembaga pembiayaan pembangunan Indonesia, PT SMI (Sarana Multi Infrastruktur) berperan dalam melancarkan banyak proyek infrastruktur. Kelancaran proyek pembangunan ini akan membantu dalam meningkatkan ekonomi dalam negeri. Baik ekonomi masyarakatnya hingga ekonomi negara pada umumnya. 

  1. Perusahaan Pembiayaan Modal Ventura

Jenis perusahaan pembiayaan yang selanjutnya adalah Perusahaan Modal Ventura. Jenis perusahaan pembiayaan ini adalah berupa badan usaha yang akan melakukan usaha pembiayaan modal ke suatu perusahaan yang membutuhkan.  Bantuan pembiayaan atau investee Company ini akan dilakukan dalam jangka waktu tertentu yang sudah disepakati. 

Bantuan pembiayaan yang dilakukan oleh salah satu lembaga pembiayaan pembangunan Indonesia ini bisa dalam bentuk penyertaan saham, penyertaan pembelian obligasi konversi, hingga pembiayaan modal yang berdasarkan pembagian hasil usaha. Perusahaan Modal Ventura juga banyak membantu dalam perkembangan proyek di Indonesia. 

  1. Perusahaan Pembiayaan Khusus Infrastruktur

Jenis lembaga pembiayaan yang selanjutnya adalah Perusahaan Pembiayaan Infrastruktur. Perusahaan pembiayaan jenis ini akan mengkhususkan diri pada bantuan pembiayaan pembangunan Infrastruktur yang banyak dijalankan di Indonesia. Sehingga proyek pembangunan Infrastruktur di banyak lokasi di Indonesia akan lebih lancar tanpa hambatan. 

Sebagai salah satu lembaga pembiayaan pembangunan Indonesia, PT SMI (Sarana Multi Infrastruktur) juga banyak mengambil peran dalam pembiayaan berbagai proyek Infrastruktur. Proyek yang dilakukan di hampir semua daerah di Indonesia ini menjadi salah satu faktor agar membantu ekonomi masyarakat Indonesia lebih meningkat, dan banyak aspek lainnya. 

Itulah beberapa hal tentang PT SMI yang harus anda ketahui. Adanya layanan perbankan ini tidaklah bertujuan untuk bersaing dengan lembaga keuangan lainnya, namun sebagai alternatif sumber pendanaan.