Manfaat Buah Jeruk Limau Untuk Kesehatan – Jeruk limau merupakan jenis jeruk lime (citrus) yang artinya jeruk yang mempunyai rasa asam. Buah satu ini umunya sangat mudah dijumpai di negara kita yaitu Indonesia.

Buah limau sekilas mirip dengan jeruk purut jika dilihat dari bentuk kulit luarnya, hanya saja ukuran jeruk limau lebih kecil. Namun dari segi kegunaan dan manfaat sama saja.

Pemanfaatan buah asam satu ini kerap kali digunakan dalam bumbu masakahn, penyedap makanan dan menghilangkan aroma amis pada ikan dan daging. Di samping itu buah satu ini juga sangat baik dalam menghilangkan noda minyak saat mencuci piring dan gelas.

Rasa asam pada buah limau juga bisa dibuatkan minuman segar saat panas terik loh. Selain dapat melepas dahaga berikut beberapa manfaat dari mengkonsumsi buah limau untuk kesehatan tubuh.

Manfaat jeruk limau untuk kesehatan

1. Meredakan batuk.

Buah satu ini bisa dapat kamu gunakan untuk meredakan batuk dan sakit tenggorokan loh. Cara membuatnya cukup peras buah limau kemudian campurkan dengan air hangat dan potongan jahe.

Lalu gunakan untuk berkumur sembari mendangak ke atas, laukan beberapa kali kegiatan tersebut. Dan jika ada sisa air jeruk di gelas dapat kamu minum.

2. Menurunkan demam.

Jika kamu sedang mengalami demam dan panas tubuh naik? Cobalah untuk mengkonsumsi perasan jeruk limau dan potongan jahe lalu dicampur dengan air hangat.

Ramuan ini akan membantu untuk memberikan efek yang baik untuk meredakan panas dan juga demam yang di alami.

3. Mencegah peradangan.

Manfaat berikutnya dari jeruk limau ialah dapat mencegah beberapa peradangan didalam tubuh.

Beberapa peradangan seperti panas dalam, sakit tenggorokan, demam dan sakit perut bisa diobati dengan mengkonsumsi perasan jeruk satu ini.

4. Meningkatkan daya tahan tubuh.

Buah jeruk adalah salah satu dari beberapa buah-buahan yang kaya akan kandungan vitamin C dan antioksidan.

Nah, salah satu peranan vitamin C dan antioksidan ialah dapat menjaga daya tahan tubuh kamu menjadi lebih kuat, sehingga tidak dengan mudah terserang beberapa penyakit harian.

5. Menangkal paparan radikal bebas.

Berkat adanya kandungan antioksidan yang terkandung pada buah, hal ini tentunya dapat berguna untuk tubuh dalam menangkal efek dari paparan radikal bebas yang berasal dari lingkungan sekitar.

Kamu bisa mendapatkan khasiat satu ini apabila mengkonsumsinya secara teratur dan rutin.

Baca juga : Bentuk buah jeruk finger lime atau caviar lime

6. Mempercepat penyembuhan sariawan dan luka.

Adanya vitamin C yang tinggi pada buah limau membuatnya dapat mempercepat pembentukan kolagen dalam tubuh, yaitu salah satu protein yang berguna dalam memperbaiki sel-sel yang rusak.

Dan secara tidak langsung dengan mengkonsumsi buah satu ini dapat mempercepat penyembuhan luka sariawan dan luka pada kulit.

7. Menjaga kesehatan jantung.

Manfaat berikutnya dari mengkonsumsi buah limau ialah dapat menjaga kesehatan jantung untuk para penikmatnya.

Hal ini dikarenakan kandungan antioksidan, dan beberapa mineral lainya yang dapat memperbaiki kinerja organ jantung menjadi lebih stabil, serta mengurangi kadar kolesterlol dalam darah.

Nah itulah beberapa manfaat dari buah limau untuk kesehatan. Kamu bisa mengkonsumsi buah satu ini secara teratur agar mendapatkan hasil secara maksimal.

Namun perlu kamu ingat, bahwa jangan terlalu berlebihan dalam mengkonsumsinya. Hal ini dikarenakan tubuh akan mendapatkan mineral dan vitamin secara berlebihan, dan justru bisa menimbulkan efek samping bagi kesehatan.

Ref : healty99.com