Salah satu manfaat kesehatan jambu biji yang paling terkenal adalah sebagai penyembuh alami untuk demam berdarah.  Tapi tahukah Anda, masih banyak manfaat lain yang bisa didapat. 

Manfaat jambu biji bisa didapatkan tidak hanya dari buahnya saja tetapi juga dari daunnya.  Daun jambu biji dipercaya dapat meredakan diare dan mengurangi kram menstruasi. 

Berikut penjelasan lebih lanjut mengenai manfaat jambu biji dan kandungan nutrisinya bagi tubuh. 

Kandungan vitamin C pada buah jambu biji bahkan lebih tinggi dari kandungan vitamin C pada jeruk.  Murni, kandungan ini dapat memenuhi hingga 206% kebutuhan vitamin C harian tubuh. 

Sementara itu, setiap 55 gram daging jambu biji dapat memenuhi hingga 7 persen kebutuhan vitamin B9 harian tubuh.  Kandungan lain dari jambu biji adalah vitamin E, vitamin K, vitamin B5, vitamin B3, hingga vitamin B6.

 

Manfaat jambu biji untuk kesehatan 

Berikut manfaat jambu biji untuk kesehatan yang bisa Anda dapatkan: 

1. Membantu menyembuhkan demam berdarah 

 SHAPE  \* MERGEFORMAT

Manfaat jambu biji untuk demam berdarah berasal dari kandungan tanin dan vitamin C-nya.

Manfaat jambu biji yang paling populer adalah sebagai buah untuk melawan demam berdarah.  Keunggulan ini terlihat bukan tanpa alasan, karena kandungan tanin, flavonoidDan vitamin C yang ditemukan dalam jambu biji membantu meningkatkan trombosit dalam tubuh. 

Selain itu, mengkonsumsi jambu biji saat demam berdarah dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mengurangi risiko penyebaran virus dengue di dalam tubuh. 

2. Menurunkan berat badan 

Jambu biji merupakan buah yang banyak mengandung air dan rendah kalori.  Oleh karena itu, banyak orang yang percaya bahwa manfaat jambu biji untuk menurunkan berat badan bukanlah khayalan. 

Tidak hanya rendah kalori, jambu biji kaya akan serat, yang membuat Anda merasa lebih cepat kenyang, menjadikannya ideal sebagai camilan sehat. 

3. Hindari nyeri haid 

Nyeri haid pada wanita seringkali mengganggu aktivitas sehari-hari.  Penggunaan daun jambu biji terbukti dapat membantu meredakan nyeri saat haid. 

Manfaat jambu biji merah untuk mengatasi kram menstruasi telah ditemukan dalam penelitian ini.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa hingga 6 miligram ekstrak daun jambu biji per hari mengurangi nyeri haid lebih banyak daripada pereda nyeri. 

4. Menurunkan tekanan darah 

Jambu biji juga mengandung antioksidan dan dipercaya dapat menurunkan risiko tekanan darah tinggi dengan cara melebarkan pembuluh darah.  Sebuah penelitian menemukan bahwa jambu biji dapat menurunkan tekanan darah pada tikus hipertensi. 

Sama seperti jus jambu biji yang bermanfaat dalam menyembuhkan kanker, kemampuan jambu biji merah untuk melawan tekanan darah tinggi masih perlu penelitian lebih lanjut.

 

5. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh 

Vitamin C yang terdapat pada jambu biji baik untuk menjaga sistem kekebalan tubuh.  Jambu biji tidak hanya merupakan sumber serat tetapi juga sumber vitamin C. 

Selain itu, manfaat jus jambu biji untuk menjaga daya tahan tubuh tidak hanya dari kandungan vitamin C-nya tetapi juga dari kandungan antimikrobanya yang melindungi dari infeksi bakteri dan virus.

 

6. Mengatasi diare 

 SHAPE  \* MERGEFORMAT

Daun jambu biji bisa menyembuhkan diare

Manfaat jambu biji yang paling populer adalah untuk mengatasi diare.  Namun, manfaat jambu biji merah untuk menyembuhkan diare terdapat pada daunnya. 

 

7. Menjaga kesehatan kulit 

Ingin tampil cantik dan awet muda?  Anda bisa mempertimbangkan untuk makan jambu biji.  Manfaat jambu biji merah untuk kecantikan adalah melindungi kulit dengan kandungan vitamin dan antioksidannya yang mencegah penuaan dini dan kerutan. 

Anda juga bisa membantu menghilangkan jerawat dengan menggunakan daun jambu biji yang memiliki senyawa anti inflamasi dan antimikroba. 

Namun, diperlukan penelitian lebih lanjut untuk melihat lebih banyak tentang manfaat jambu biji pada kulit.

 

Sumber : info sehat alami