terapi bekam

Terapi bekam adalah salah satu pilihan pengobatan alternatif yang terkenal dari Timur Tengah yang sudah dipraktekkan sejak dulu. Dimana untuk jenis terapi yang satu ini sering dipakai untuk membantu dalam meredakan rasa sakit pada bagian tertentu di tubuh. Terapi bekam saat ini sedang populer di Indonesia sehingga ada banyak jasa pijat panggilan di kota-kota besar seperti Medan yang memberikan layanan jasa pijat panggilan Medan khusus bekam dan masih banyak dipilih oleh orang-orang sampai saat ini.

Terapi bekam sendiri dilakukan dengan cara unik yakni memakai cangkir khusus yang bisa menghasilkan tekanan super sehingga bisa menarik kulit tubuh serta mengeluarkan racun hingga darah kotor. Cangkir ini biasanya ditempelkan pada bagian tubuh tertentu, misalnya seperti punggung, bokong, kaki hingga perut di titik-titik tertentu yang terindikasi terdapat racun.

Bagaimana Proses Terapi Bekam Dilakukan

Sebelum bekam dilakukan, biasanya terapis akan memberikan bahan yang bisa dengan mudah terbakar misalnya seperti kerta khusus, alkohol serta racikan herbal ke dalam cangkir untuk kemudian dibakar. Saat api mati, cangkir nantinya akan ditempelkan pada sekitar permukaan kulit. Ketika udara di dalam cangkir mulai mendingin, nantinya udara dingin tersebut bisa menarik kulit serta otot sehingga pembuluh darah bisa melebar serta kulit menjadi memerah.

Namun sekarang ini sudah mulai tersedia alat bekam yang lebih modern yakni menggunakan pompa karet. Metode ini terbagi menjadi dua jenis yakni terapi bekam bersih dan juga terapi bekam basah. Untuk bekam kering, cangkir nantinya ditempelkan dalam kurun waktu 3 sampai 5 menit.

Sedangkan untuk terapi bekam basah, setelah cangkir didiamkan 3 sampai 5 menit. Seorang terapis akan membuat sayatan kecil di kulit bekas bekam guna mengeluarkan darah. Nah selanjutnya cangkir akan diletakkan kembali pada tempat semula dalam kurun waktu beberapa menit.

Manfaat Terapi Bekam Untuk Kesehatan Tubuh

Ada banyak sekali manfaat yang bisa anda dapatkan dengan melakukan terapi bekam. Dimana manfaat bekam dikenal sebagai salah satu metode khusus pengobatan alternatif untuk berbagai macam penyakit. Manfaat bekam tersebut bisa membantu melancarkan darah, meningkatkan imunitas tubuh, merangsang kinerja dari saraf serta membuat tubuh menajdi lebih rileks.

Walaupun begitu, mekanisme dari terapi bekam ini bisa mengobati berbagai macam penyakit yang belum bisa dijelaskan secara lebih detail. Oleh sebab itu, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut agar bisa mendeteksi efektivitas serta keamanan dari terapi bekam yang anda lakukan.

Peringatan Serta Efek Samping Bekam

Terapi dari bekam sebenarnya sangat aman untuk digunakan terhadap kondisi penyakit tertentu. Namun setelah melakukan terapi bekam, beberapa orang akan mengalami beberapa gejala ringan seperti mual, kelelahan, luka bakar serta otot yang tegang.

Namun tenang saja, karena biasanya efek samping tersebut hanya terjadi selama bekam dilakukan. Namun setelah bekam selesai dilakukan efek samping yang dirasakan akan hilang. Untuk masalah bekas memar merah di kulit, bisa hilang sendiri dalam kurun waktu 10 hari.

Nah itulah informasi seputar terapi bekam, semoga informasi yang telah kami tuliskan diatas dapat membantu anda yang tertarik untuk melakukan terapi bekam namun masih bingung atau ragu terhadap apa saja manfaat serta resiko melakukan terapi bekam. Yang terpenting adalah anda harus memilih terapis yang sudah berkompeten dalam melakukan terapi bekam.