desain rumah di pedesaan

Kalau kamu berasal dari desa kecil atau memang memiliki kakek nenek di kampung tentunya merasakan suasana pedesaan.  Jika tidak, mungkin kamu pernah menginap di perkampungan atau resort bernuansa alam yang pastinya tidak jauh berbeda dengan atmosfer di kampung. Rumah minimalis sederhana di desa tentunya bisa menjadi rumah idaman yang keren, mungkin anda sekalian tertarik untuk memiliki rumah yang sama. 

Rumah di desa memiliki karakteristik tanah yang lebar lebar.  Karena masih jarang rumah, bukan rahasia kalau jarak rumah dengan tetangga biasanya berjauhan.  JIka kita merencanakan rumah yang simple atau desain rumah minimalis di kampung, harus diselaraskan dengan kondisi di desa.  Misal suasana rimbun, sejuk sawah, dan semacam suasana segar asri yang tidak didapatkan di kota.

Ukuran rumah menjadi salah satu faktor yang sangat dipertimbangkan saat akan membangun rumah di area seperti ini, desain rumah minimalis 3 kamar merupakan model yang sepertinya banyak cocok.  Kenapa ukuran ini menjadi populer? karena meskipun si empunya rumah tinggal sendirian adalah karena pemanfaatan ruangnya pun bisa dilakukan dengan baik. Misalkan satu kamar untuk tempat tidur, kamar tamu, dan satu lainnya lagi mungkin bisa dipergunakan sebagai tempat penyimpanan.

Model umum pada gambar desain rumah 3 kamar sederhana adalah dengan menempatkan ketiga ruang tidur, dan ruang umum rumah tinggal lainnya sampai tempat parkir mobil berada pada satu kesatuan lantai.  Jika dilihat dari bagian atas, rumah ini menggunakan atap pelana dengan kontruksi ketinggian yang berbeda membentuk segitiga yang membuat fasad bangunan akan lebih modern. Genteng yang digunakan cukup sederhana dari genteng biasa tanah liat, selain harganya yang relatif lebih murah juga ringan dengan daya tekan sangat kuat bisa menyerap panas dan tahan lama. 

Rumah lebih menonjolkan tampilan depan yang modern plus model atap yang terkesan ciamik, sebab jenis atap pelana lebih mudah beradaptasi dengan banyak konsep arsitektur rumah. Seperti yang kami katakan sebelumnya bahwa model atap pelana dapat diaplikasikan dalam banyak kondisi dan berbagai konsep arsitektur.  Memasang jendela besar pada sekeliling bisa menyulap rumah desa sederhana dengan tampilan yang biasa saja menjadi rumah yang terlihat kekinian

Bagi sebagian orang mungkin penataan ruang dalam memenuhi kebutuhan tiga kamar dalam hunian masih sulit.  Penerapan teknik ini diharapkan setiap ruangan yang ada dalam rumah juga akan terasa lebih lega.