Sebuah negara pulau yang unik memiliki berbagai budaya yang menarik, dan budaya popnya, salah satu budaya modern Jepang, semakin populer di seluruh dunia akhir-akhir ini. Budaya pop termasuk manga , anime , Permainan , idola perempuan dan sebagainya seperti yang Anda lihat.

Lalu, pernahkah Anda mendengar tentang Otaku atau Budaya Otaku? Jumlah orang Otaku yang tinggal di luar negeri tetapi masuk ke budaya pop Jepang juga meningkat pesat. Di sini, saya memperkenalkan siapa Otaku itu, apa itu Budaya Otaku dan apa yang mereka sukai.

Budaya Otaku adalah salah satu budaya pop Jepang yang paling terkenal di seluruh dunia serta Budaya Kawaii, dan Otaku adalah orang-orang yang terobsesi dengan beberapa budaya pop seperti manga dan anime. Jika Anda seorang Otaku yang menyukai anime Jepang, Anda bisa disebut sebagai “Otaku Anime”.

Akihabara, kota yang akhir-akhir ini ramai dikunjungi turis asing, dipandang sebagai kiblat Otaku. Ada banyak toko budaya pop yang menjual berbagai barang Otaku mulai dari manga dan novel ringan hingga figur model karakter dan barang eksklusif lainnya di Akihabara. Selain Akihabara, Nakano mendapat sorotan sebagai Kota Otaku di Tokyo dalam beberapa tahun terakhir.

Apa itu Otaku?

Otaku atau kata Otaku lahir di Jepang sekitar setengah abad yang lalu, dan sejak saat itu mereka memiliki semacam makna negatif seperti ini: Otaku itu culun tapi nerd dan lumpuh. Mereka sangat akrab atau tergila-gila dengan sesuatu yang berhubungan dengan komputer, Permainan, perangkat listrik lainnya, rel, dll. Mereka juga diidentikkan dengan pakaian khas mereka: memakai kacamata, sepatu norak, kemeja kotak-kotak ditempel, ransel dan karakter dan idola gadis barang dengan tangan mereka.

Namun, kesan Otaku berubah akhir-akhir ini karena budaya Otaku semakin dipopulerkan oleh penyebaran manga Jepang, anime, idola (terutama girl group) dan Permainan ke semua orang. Artinya, orang mengatakan Otaku hanya karena mereka sedikit lebih kecanduan budaya itu daripada orang lain.

Secara internasional, jumlah Otaku semakin meningkat karena konten-konten tersebut disampaikan dari Jepang dalam berbagai bahasa. Bahkan pemerintah Jepang telah memfokuskan promosi budaya pop sebagai kebijakan “Jepang Keren” sejak 2010.

Sekarang, mari kita lihat Otaku seperti apa yang ada di Jepang!

1. Cabang Otaku

Pertama-tama, manga adalah budaya pop Jepang yang terkenal di seluruh dunia, dan mungkin jumlah Manga Otaku adalah yang paling banyak dari semua jenis orang Otaku. Ada berbagai genre manga: Action, Adventure, Comedy, Slice of Life, Fantasy, Romance, dan sebagainya. Beberapa orang membaca manga dengan buku komik dan yang lainnya menikmati dengan majalah Manga mingguan seperti Shonen Weekly Jump.

2. Otaku Anime

Anime adalah budaya pop besar lainnya yang dibanggakan Jepang, dan mungkin tidak ada orang Jepang yang tidak memiliki anime favorit. Beberapa penggemar anime menyukai Anime tertentu, yang disebut Anime Otaku. Mereka memiliki banyak pengetahuan tentang anime tersebut dan mengumpulkan item terkait selain menonton anime dengan rajin. Bahasa gaul Jepang yang terkenal “Moe” digunakan untuk mengekspresikan perasaan kasih sayang yang kuat terhadap karakter wanita dalam sebuah anime.

3. Otaku Idola

Anda tidak dapat berbicara tentang Otaku di Jepang tanpa idola wanita yang merupakan penyanyi pop girl group termasuk AKB48, Nogizaka46 dan Morning Musume. Penggemar berat mereka dapat dianggap sebagai Idol Otaku. Mereka memiliki hasrat untuk membeli CD dan DVD mereka dan sering pergi ke konser dan acara yang mereka selenggarakan. Salah satu idola paling populer di Jepang AKB48 dan Nogizaka46, misalnya, menawarkan kesempatan kepada penggemar mereka untuk berjabat tangan dengan idola favorit mereka di acara tersebut.

4. Otaku Permainan

Pecinta Permainan disebut Permainan Otaku, Permainanr, dll. Permainan tidak hanya dimainkan di Jepang tetapi di seluruh dunia. Namun, banyak Permainan legendaris lahir di Jepang: Pokémon, Dragon Quest Series, dan Final Fantasy Series. Permainan semakin populer akhir-akhir ini, terutama Permainan pertempuran multipemain seperti PlayerUnknown’s Battlegrounds (PUBG). Selain itu, jumlah pemain e-sports (olahraga elektronik) semakin meningkat dan semakin populer dalam beberapa tahun terakhir.

Baca Juga: bacakomikid