Seiring berkembangnya zaman di sisi lain kebutuhan masyarakat juga meningkat. Fungsi asuransi konvensional sebagai jawaban atas salah satu kebutuhan masyarakat tersebut. Asuransi muncul sebagai proteksi atas resiko-resiko atas dampak akibat sebuah musibah yang dialami masyarakat. pihak asuransi akan memberikan bantuan berupa uang pertanggungan dengan syarat, kesepakatan, dan perjanjian yang telah dilakukan. Pada artikel ini penulis akan membahas fungsi asuransi konvensional secara gamblang, yuk dibaca baik-baik.

Fungsi asuransi konvensional sebagai jawaban atas kebutuhan masyarakat

1.       Proteksi dengan pilihan sesuai kebutuhan

Fungsi asuransi konvesional yang pertama dan paling utama adalah memberikan proteksi atas kerugian dari dampak suatu musibah. Namun asuransi memiliki banyak jenis sesuai kebutuhan yang diinginkan. Jika memilih jenis asuransi kesehatan maka tertanggung akan memiliki proteksi biaya perawatana apabila terjadi gangguan kesehatan, jika memilih asuransi kendaraan maka tertanggung akan mendapatkan proteksi uang pertanggungan ketika terjadi kerusakan terhapap kendaraan tersebut, jika memilih asuransi jiwa maka tertanggung akan mendapatkan dana santunan yang bisa digunakan untuk biaya kematian atau juga bisa diberikan kepada ahli waris tertanggung.

2.       Menejemen uang

Memiliki asuransi dapat membantu memenejemn uang yang biasa dikelurkan untuk dialihkan ke dana premi asuransi. Dengan begitu ketika terjadi resiko dampak akibat dari sebuah masalah maka pihak asuranis bisa memberikan bantuan uang pertanggungan.

Baca juga: Mustakim

Kekurangan asuransi konvensional

1.       Memiliki sistem dana hangus

Ketika sudah terlanjur mendaftarkan diri ke asuransi maka setiap waktu tertentu diwajibkan untuk membayar premis. Dan apabila tidak membayarkan samapai waktu tertentu maka dana asuransi akan hangus.

2.       Terdapat unsur riba

Unsur riba ditemukan dalam asuransi konvensional pada penyimpanan uang yang terdapat bungah. Dalam ajaran islam bungah merupakan bentuk riba dan hukumnya haram.

3.       Terdapat unsur gharar

Unsur gharar ditemukan dalam asuransi konvensional pada transaksi yang menjual belikan hal yang tidak terlihat/tidak pasti.

Munculnya asuransi konvensional sebagai jawaban atas kebutuhan masyarakat. dengan adanya asuransi kita tidak perlu lagi menakuti resiko suatu musibah yang akan datang, tinggal apakah kita mau memiliki asuransi atau tidak. Sekian artikel tentang fungsi asuransi konvensional, semoga bermanfaat.