Kenaikan kasus COVID-19 variasi Omicron memacu kekuatiran di tengah-tengah warga. Masalahnya virus Corona variasi ini dijumpai bisa lebih cepat menyebar dibanding variasi sebelumnya. Walau demikian, ada cara-cara yang dapat Anda kerjakan untuk kurangi resiko penyebarannya.

Panduan Hadapi Kenaikan kasus omicron

Variasi Omicron sebagai salah satunya tipe variasi COVID-19 yang penting dicurigai (variasit of concern) karena tingkat penyebarannya yang tinggi dan beresiko mengakibatkan infeksi berulang-ulang dibanding dengan variasi yang lain, seperti variasi Delta.

Tetapi, riset awalnya memperlihatkan jika efikasi vaksin COVID-19 jumlah komplet lumayan baik dalam memberi pelindungan pada kasus COVID-19 variasi Omicron. Maka dari itu, lengkapi vaksinasi menjadi satu diantara cara penting untuk hadapi kenaikan kasus Omicron.

Panduan Hadapi Kenaikan Variasi Omicron
Selainnya jalani vaksinasi, ada banyak cara penangkalan yang lain bisa Anda kerjakan untuk hadapi kenaikan variasi Omicron, yakni:

1. Selalu gunakan masker saat di luar rumah
Di tengah-tengah kenaikan variasi Omicron, siapa saja selalu harus menggunakan masker saat di luar rumah. Ini karena menggunakan masker secara benar bisa membuat perlindungan diri dari resiko terjangkit penyakit sekalian menyebarkan penyakit pada orang lain. Disamping itu, ubahlah masker apabila sudah kotor atau hancur dengan masker yang baru.

2. Jauhi melancong jauh
Jika tidak ada kepentingan menekan, Anda benar-benar dianjurkan untuk mengendalikan diri tidak melancong ke negara atau wilayah dengan transmisi penyebaran kasus Omicron yang tinggi. Seharusnya gunakan waktu senggang di dalam rumah dengan keluarga untuk sama-sama jaga dan kurangi resiko penyebaran variasi Omicron.

3. Olahraga dengan teratur
Teratur olahraga atau beraktivitas fisik sepanjang minimum 30 menit tiap hari bisa tingkatkan ketahanan badan, hingga Anda juga dapat kuat menantang paparan virus Corona.

Tidak itu saja, memenuhi jam tidur, hentikan rutinitas merokok, dan batasi mengonsumsi minuman mengandung alkohol ikut menolong dalam jaga kekebalan badan.

4. Penuhi konsumsi nutrisi imbang
Penuhi konsumsi nutrisi imbang tentu saja dibutuhkan supaya badan masih tetap bugar dan terbebas dari bermacam penyakit, terhitung COVID-19. Makna dari konsumsi nutrisi imbang ialah konsumsi minuman dan makanan yang memiliki kandungan bermacam gizi dengan jumlah yang sama sesuai keperluan.

Maka saat Anda konsumsi nasi sebagai makanan dasar, janganlah lupa untuk menambah lauk pauk berbentuk sumber protein hewani atau nabati, seperti daging ayam atau tempe. Disamping itu, tambah juga bermacam tipe sayur dan buah-buahan untuk penuhi keperluan mineral dan vitamin.

5. Konsumsi buah tinggi vitamin C
Vitamin C dijumpai mempunyai peranan penting dalam perkuat ketahanan badan. Untuk mendapat manfaatnya, Anda dapat konsumsi buah-buahan dengan vitamin C tinggi, seperti jeruk, mangga, pepaya, dan kiwi.

Disamping itu, jambu biji dikenal juga untuk sumber vitamin C yang bagus, bahkan juga kandungan vitamin C-nya semakin tinggi dibanding buah yang lain. Anda bisa konsumsi jambu biji langsung sesudah dibikin bersih atau dibuat jadi juice. Anda juga bisa konsumsi juice jambu biji paket yang lebih ringkas dan higienis.

Ditambahkan lagi, Tubuh Kesehatan Dunia (WHO) dan KEMENKES menyarankan untuk konsumsi buah tiap hari, minimal 150 g atau sama dengan 2-3 jatah buah setiap hari.

Langkah Aman Melakukan aktivitas di Luar Rumah dan Sekolah
Selainnya jaga ketahanan badan, supaya kegiatan di luar rumah masih tetap aman, Anda pun perlu selalu jalankan prosedur kesehatan, dimulai dari menggunakan masker secara benar, rajin membersihkan tangan dengan sabun dan air mengucur, sampai jaga jarak sama orang lain minimum 1 mtr..

Untuk beberapa orangtua, ingat telah diterapkan penerapan aktivitas evaluasi bertemu muka, ada banyak panduan yang penting diaplikasikan supaya anak terbebas dari penyebaran COVID-19 sepanjang belajar dalam sekolah, salah satunya:
Penuhi vaksinasi COVID-19 untuk anak umur enam tahun ke atas jika sudah penuhi persyaratan penyuntikan vaksin
Pastikan anak pada keadaan sehat dan tidak mempunyai tanda-tanda umum COVID-19, seperti demam, batuk, dan pilek
Menyuguhkan makan pagi memiliki nutrisi untuk anak saat sebelum dia pergi ke sekolah
Mempersiapkan perbekalan makanan dari rumah dan alat makan individu dan air minum sama sesuai keperluan
Mempersiapkan masker cadangan dan cairan pencuci tangan (hand sanitizer) untuk anak
Mempersiapkan peralatan individu anak, baik alat catat atau peralatan beribadah

Sesudah anak sampai di dalam rumah, lakukan anak untuk langsung mandi dan menukar baju saat sebelum berhubungan dengan keluarga di dalam rumah. Orangtua juga disarankan untuk lakukan disinfeksi pada beberapa barang yang dibawa anak ke sekolah, seperti tas, jaket, atau sepatu.

Selainnya patuhi prosedur kesehatan, langkah hadapi kenaikan kasus Omicron yang tidak kalah penting ialah meningkatkan dan menjaga ketahanan badan lewat beberapa langkah yang sudah disebut sebelumnya. Dengan demikian, penyebaran COVID-19 variasi Omicron juga bisa dicegah.

 

 

kunjungi juga visit pare