Mendapatkan pekerjaan di bidang IT adalah proses yang panjang. Salah satunya adalah Anda perlu memiliki rencana wawancara yang baik jika ingin mendapatkan pekerjaan di bidang ini. Siapa yang tidak ingin bekerja di perusahaan teknologi? Hal ini terutama berlaku untuk anak muda.
Bukan hanya pekerjaan yang bergengsi, tetapi bayarannya juga cukup bagus. Jika Anda mencari lowongan pekerjaan IT, pastikan Anda mengikuti tips di bawah ini saat Anda akan melakukan wawancara.

1. Lakukan riset terlebih dahulu
Jika Anda ingin bekerja di perusahaan besar, cari tahu sebanyak mungkin tentang perusahaan teknologi tersebut terlebih dahulu. Anda perlu mengetahui dasar-dasar tentang perusahaan tempat Anda ingin bekerja, seperti apa visi dan misinya. Ketika Anda tahu banyak tentang perusahaan, akan lebih mudah untuk melakukan mewawancara dengan mereka nantinya.
Jika Anda memilih lowongan pekerjaan di bidang IT di perusahaan tersebut, pastikan Anda mengetahui apa saja yang dibutuhkan oleh lowongan tersebut. Karena Anda akan mengetahui seberapa baik Anda memahami pekerjaan yang dipilih selama wawancara.

2. Melakukan Latihan
Sebelum wawancara berlangsung, diharuskan untuk mempelajarinya dengan mengadakan sesi tanya jawab. Anda dapat meminta keluarga atau teman untuk membantu Anda mempelajari cara menjawab pertanyaan yang baik. Pastikan Anda telah melihat beberapa contoh pertanyaan wawancara untuk pekerjaan TI.
Dengan melihat contoh pertanyaan wawancara ini, Anda tidak akan terlalu terkejut saat ditanya. Pastikan bahwa setiap kali Anda menjawab pertanyaan, Anda melakukannya dengan semangat dan antusias.

3. Mempersiapkan Pertanyaan
Beberapa pewawancara akan memberi Anda kesempatan untuk mengajukan pertanyaan kembali. Pastikan Anda memiliki pertanyaan yang ingin Anda ajukan. Dengan mengajukan pertanyaan, Anda dapat menunjukkan bahwa Anda benar-benar tertarik dengan pekerjaan yang Anda inginkan.
Anda bisa menanyakan hal-hal yang sederhana, seperti peraturan perusahaan. Tanyakan bagaimana gaji atau bonusnya, tetapi pertama-tama cari tahu apakah perusahaan cukup terbuka tentang topik yang sensitif.

Pastikan Anda merasa cukup percaya diri untuk melakukan ini selama wawancara, terutama jika pekerjaan yang Anda lamar adalah di bidang teknologi. Sebelum wawancara, Anda harus belajar sebanyak mungkin tentang perubahan terbaru dalam teknologi. Hal ini sangat penting jika Anda ingin bekerja di bidang IT.
Anda juga dapat memasukkan CV Anda di Nextgen jika Anda sedang mencari pekerjaan di bidang IT. Situs ini memiliki sejumlah pekerjaan TI, seperti programmer, manajer, analis sistem, dan pengembang perangkat lunak. Situs ini juga memiliki kursus pemrograman online di mana Anda dapat mengerjakan proyek aplikasi dan pengembangan program untuk mendapatkan pengalaman langsung. Khususnya bagi Anda programmer yang perlu mendapatkan banyak pengalaman dan menjadi lebih baik dalam apa yang Anda lakukan.