Fire Alarm merupakan alat dengan sistem pendeteksi kebakaran yang biasanya dipasang di tempat umum seperti kantor, mall, sekolah dan lain-lain.

Pemasangan Fire Alarm sangat dianjurkan untuk mengetahui secara dini saat kebakaran hendak terjadi di suatu gedung.

Fire Alarm System sendiri memiliki beberapa komponen penting, seperti Control Panel, Voice/Alarm System, Detector, dan banyak lagi.

Jenis-Jenis Fire Alarm

Berikut beberapa jenis Detector pada Fire Alarm System yang perlu Anda ketahui sebelum memutuskan untuk melakukan instalasi Fire Alarm.

Rate Of Rise (ROR) Heat Detector

Salah satu jenis Detector yang paling banyak digunakan adalah ROR Heat Detector yang berfungsi mendeteksi panas.

Selain ekonomis, area deteksi alat ini mampu mencapai 50 meter persegi dengan ketinggian plafon 4 meter.

Heat Detector yang satu ini bekerja berdasarkan kenaikan temperatur. Jika temperatur mencapai angka 55-63 derajat celcius, alarm kebakaran akan aktif.

Fix Temperature

Sama seperti ROR, Fix Temperature juga merupakan Heat Detector. Namun, kerja keduanya sedikit berbeda.

Fix Temperature lebih cocok dipasang di ruangan yang memang sudah agak panas seperti ruang genset, basement, dan sebagainya.

Hal ini karena Fix Temperature tidak sesensitif ROR, sehingga tidak akan menimbulkan false alarm jika ditempatkan di ruangan yang memang agak panas.

Smoke Detector

Jenis Detector terakhir yang perlu Anda ketahui adalah Smoke Detector yang fungsinya untuk mendeteksi asap yang masuk ke dalamnya.

Saat terjadi kebakaran, partikel-partikel asap akan semakin bertambah dan memenuhi ruangan.

Apabila kepadatan asap (smoke density) sudah melewati batas, Smoke Detector akan membunyikan alarm kebakaran.

Itu dia 3 jenis Detector pada Fire Alarm yang paling sering digunakan yang bisa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan ruangan yang akan dipasangi alat tersebut.

Untuk pemasangan Fire Alarm sendiri biasanya dibutuhkan kabel, detector, alarm bell, indicating lamp dan manual call point.

Walau begitu, pemasangan secara mandiri tidak dianjurkan untuk menghindari kesalahan pada sistem.

Oleh karena itu, jika Anda ingin melakukan pasang Fire Alarm, saya sangat menyarankan Anda untuk berkonsultasi dengan ahlinya.