Sebelum anda memutuskan untuk menggunakan filter air, maka alangkah baiknya harus mengetahui secara lengkap apa itu filter air,filter air nanotec,manfaat, dan cara kerjanya.

Pengertian Filter Air

Filter air ialah satu piranti yang berfungsi untuk menghilangkan dan menyaring semua kontaminasi yang ada pada air, seperti air yang yang keruh, berbau, mengandung mangan, besi, kapur, dan sebagainya.

Filter air bisa digunakan untuk banyak keperluan seperti menyaring air minum, irigasi, kolam, atau aquarium.  

Manfaat Filter Air 

Jika air dirumah anda semua kotor atau berbau, ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menjadikan air layak digunakan. Salah satunya dengan menggunakan filter air ini.

Dengan adanya alat ini, air menjadi terhindar dari zat-zat yang berbahaya.

Kemudian daripada itu, berikut ini manfaat yang kita dapatkan jika menggunakan air yang yang terjaga kebersihannya:

1.Konsumsi air minum menjadi lebih sehat

Jika tanpa menggunakan filter air, kita bisa menjadikan air agar bisa di konsumsi dengan cara merebusnya. Namun, perlu di ketahui bahwa merebus air tidak menghilangkan zat yang terkontaminasi di dalam air. kalau hal ini terus-terusan dibiarkan, maka nantinya akan berbahaya juga bagi tubuh.

Nah, penggunaan filter air ini bisa meminimalisir berbagai resiko yang terjadi, seperti tekanan darah tinggi, kram perut, diare, mual, dan sebagainya.

2.Membuat alat dapur menjadi bebas karat dan kotor

Penggunaan filter air ini akan sangat bermanfaat untuk kebersihan peralatan dapur. karena karat pada peralatan dapur sendiri di sebabkan oleh endapan zat yang tidak sehat lalu menempel terus di peralatan tersebut.

Oleh karenanya, kita butuh air yang benar-benar bersih untuk membersihkan peralatan dapur kita yaitu dengan menggunakan filter air.

3.Terhindar dari penyakit kulit

Kalau air yang digunakan anda dirumah untuk mandi terkontaminasi atau kotor, bisa saja berbagai penyakit menyerang pada kulit kita. 

Hal ini bisa dihindari jika sobat memakai filter air. jangan lupa juga untuk rutin merawat dan membersihkan filter air agar tetap aman digunakan.

4.Ikan peliharaan tetap sehat

Dalam memelihara ikan, kita harus selalu menggunakan air yang benar-benar bersih. hal ini supaya ikan yang ada di dalamnya juga sehat.

Filter air ini juga dapat digunakan untuk anda yang memelihara ikan di aquarium maupun kolam.

5.Membuat tanaman sehat

Jika anda menginginkan tanaman yang anda tanam sehat dan mekar, anda harus memastikan air yang digunakan sudah aman dari zat berbahaya atau belum.

Anda bisa menggunakan filter air ketika menyiram tanaman supaya air aman untuk digunakan.

Cara Kerja Filter Air

Umumnya, bahan media penyaringan filter air memanfaatkan campuran dengan sistem berlapis, misalnya media zeolite, pasir silika, karbon aktif, manganese green sand, media pasir aktif, dan lain sebagainya.

Jenis Media Filter Air

1.Cartridge Spun

Adalah media penyaring kotoran dan polutan yang biasanya tersedia dalam ukuran 1 hingga 20 mikron.

2.Pasir Silika

Biasanya digunakan untuk kandungan tanah, lumpur, sedimen, dan partikel kecil dalam air.

3.Manganese

Fungsinya adalah untuk membersihkan bagian atas air yang terkontaminasi minyak dan menghilangkan mangan pada air. 

Adapun cara kerjanya adalah dengan menggabungkan antara penyaring dan proses aerasi dan media pasir silika sebagai filternya.

Selain itu ditambah dengan karbon aktif dan mangan zeolit yang bisa menghasilkan air siap minum.

4.Ferrolite

Adalah olahan dari pasir silika yang berfungsi menghilangkan kandungan besi berkadar tinggi. Ditandai dengan air yang berbau menyengat dan berwarna kekuningan.

Media ini mempunyai keunggulan berbentuk butiran berpori sehingga mudah menyerap kandungan besi dan mangan.

Waktu pencuciannya juga relatif singkat yaitu bisa mencapai 10-30 meter kubik per jam.

5.Zeolite

Digunakan untuk menghilangkan zat  kapur, yang bersifat ringan, dan juga untuk meningkatkan oksigen.

Teknologi filter air dan cara kerjanya

1.Teknologi destilasi

Teknologi destilasi dapat menghilangkan senyawa yang terdapat pada air agar lebih jernih. Karena teknik pengolahan air ini efektif menghilangkan zat kontaminan, senyawa organik, dan berbagai macam jenis virus.

Tetapi kekurangannya adalah proses ini bisa menghilangkan kandungan oksigen pada air. Selain itu, proses ini juga tidak menyaring beberapa senyawa kimia seperti benzena dan pestisida.

2.Teknologi ionisasi

Biasanya pada molekul air terdapat ion-ion entah itu positif atau negatif. Ion pada air ini kerap mengalami pertukaran. Pertukaran ini disebut deionisasi atau softening.

Dalam cara kerja filter air softening, air yang mengalir biasanya memuat beberapa senyawa salah satunya kaporit yang dapat menyebabkan kerak. Proses softening ini dapat menghilangkan semua senyawa dan menghilangkan kerak yang ada.

3.Teknologi karbonasi

Pada teknologi ini biasanya terdapat pori-pori yang berfungsi untuk menetralkan rasa, bau, dan warna. Teknologi ini juga bisa menghilangkan senyawa, bakteri dan gas.

Kekurangannya adalah harga karbon yang relatif mahal. Kemudian pada situasi tertentu, karbon bisa memicu pertumbuhan mikroorganisme.

4.Teknologi membran

Teknologi yang satu ini banyak digemari karena konsumsi daya nya yang rendah. 

Cara kerja teknologi membran adalah memisahkan antara berat molekul air dengan partikel yang ada di dalamnya.

Rekomendasi Produk Filter Air Terbaik

1.Eugen GM 3

Eugen memiliki 3 jenis penyaringan yang bertahap. Filter pertama akan menyaring partikel-partikel yang besar seperti batu, pasir, dan kotoran  lainnya.

Filter yang kedua akan menyaring kembali hasil dari filter pertama.

Lalu filter yang ketiga bertugas untuk menghilangkan bau tak sedap dan warna keruh pada air yang hampir tak terlihat.

2.Nanotec Elim Filter

Produk yang satu ini sangat cocok anda gunakan untuk memfilter air sumur untuk kebutuhan sehari-hari. 

Dibekali dengan 3 jenis penyaringan, menjadikan filter air nanotec produk yang bagus untuk kebutuhan air anda.

Hal ini karena air sumur biasanya terdapat lapisan minyak, dan lapisan-lapisan dari filter air ini mampu menghempas semuanya.

3.Zernii

Brand ini hadir dengan metode penyaringan dari keran. dapat dipasang pada keran yang berukuran ½ atau ¼ inci. Selain itu juga mudah dibersihkan.

Produk ini bisa digunakan untuk air sumur dan PDAM. Anda bisa menggunakannya pada kamar mandi atau dapur.

4.Filter Plus

Alat ini cocok untuk anda yang memiliki masalah pada air yang mengandung kapur. Filter air satu ini dilengkapi dengan 1 buah filter plus premium dan kapas wool.

Didalamnya juga dilengkapi dengan fitur penghilang bau dan keruh pada air. Tidak hanya bisa dipasang di kran, filter air ini juga bisa dipasang di akuarium.

5.Armada AR 203K

Ini adalah produk pilihan untuk anda yang membutuhkan penyaring air aquarium. Desainnya simpel dan minimalis, tidak memakan banyak tempat.

Fungsi utama dari filter air ini adalah menyaring kotoran dan memastikan air tidak meluap dari aquarium. Produk ini cocok diaplikasikan pada aquarium berukuran 40-60 cm.

6.OEM Washing Machine Water Filter

Produk yang satu ini sudah dibekali dengan teknologi PP 5 micron yang dapat menyaring molekul hingga 5 micron. Penyaring air ini cocok di aplikasikan pada mesin cuci.

7.Yamano WP-3900

Yamano WP-3900 ini menggunakan daya 60 watt untuk pengoperasiannya. Produk ini dibekali ceramic shaft yang dibungkus dengan resin berkelas, sehingga tahan lama selama masa penggunaan berlanjut.

Filter air ini cocok untuk digunakan pada aquarium atau kolam ikan. Tidak hanya untuk air tawar, tetapi bisa juga untuk air laut.

8.Konka Water Filter Purifier

Filter air ini, memiliki 9 lapisan penyaringan sekaligus. Penggunaannya tidak memerlukan daya listrik sehingga lebih hemat. Keunggulan lainnya adalah, filter air ini mampu menyimpan air mineral untuk konsumsi keluarga.

Itulah beberapa penjelasan dari kami. Semoga bermanfaat untuk anda yang ingin mengetahui lebih detail tentang filter air. Mohon maaf bila terdapat banyak kekurangan dari kami dalam menyampaikan informasi. Sekian, terima kasih.