Gelombang merupakan suatu getaran yang menjalar dan membuat satu gerak tersendiri seperti sinus, kotak, dan pegas.

Ada type gelombang yang cuman bisa menjalar lewat tempat tersendiri seperti gelombang suara yang menjalar lewat udara maka dari itu bisa didengarkan oleh makhluk hidup. Hal semacam itu bisa dinyatakan di luar angkasa di mana suara tidak bisa didengarkan lantaran tidak tersedianya udara jadi tempat untuk merambatnya gelombang suara.

Oleh lantaran itu untuk lakukan komunikasi di luar angkasa astronot gunakan type gelombang yang tidak perlu tempat untuk dapat menjalar adalah gelombang radio.

– Gelombang Operator

Gelombang Operator sebagai satu gelombang yang perlu tempat untuk dapat menjalar. Contoh-contohnya merupakan gelombang suara yang mengucur lewat udara maka dari itu bisa didengarkan oleh makhluk hidup. Hal semacam itu bisa dinyatakan di luar angkasa di mana suara tidak bisa didengarkan lantaran tidak tersedianya udara jadi tempat untuk merambatnya gelombang.

– Gelombang Elektromagnetik

Gelombang Elektromagnetik ini cukup ekslusif lantaran tidak perlu tempat untuk dapat menjalar. Seperti diterangkan di atas kalau area angkasa merupakan satu tempat dengan tidak tersedianya udara / hampa udara. Hal semacam itu bikin astronot tidak dapat bercakap kedua-duanya lantaran suara tidak dapat menjalar.

Karenanya teknik astronot untuk lakukan komunikasi kedua-duanya merupakan gunakan type gelombang elektromagnetik ini adalah gelombang radio. Dengan gelombang radio karenanya astronot masih bisa lakukan komunikasi kedua-duanya di mana gelombang radio tidak perlu tempat udara untuk dapat menjalar.

Menurut arah getar dan rambatannya gelombang ini dipisah jadi dua adalah gelombang transversal dan gelombang longitudinal. Kunjungi Kelas Elektronika